18 Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan, Cegah Penuaan Dini - Pelangsing Alami

Penulis: Dhia Amira

Diperbarui: Diterbitkan:

18 Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan, Cegah Penuaan Dini - Pelangsing Alami
Manfaat teh hijau bagi kesehatan (credit: Pixabay)

Kapanlagi.com - Teh hijau menjadi salah satu teh yang memiliki banyak sekali kandungan baik untuk tubuh. Itulah mengapa manfaat teh hijau tidak hanya dapat memberikan kesehatan saja, tetapi juga kecantikan wajah. Tidak heran bila teh satu ini begitu populer dan banyak dikonsumsi sebagai salah satu minuman kesehatan.

Teh hijau sendiri merupakan salah satu jenis teh yang dibuat dari daun tanaman teh, dan dipetik serta mengalami proses pemanasan untuk mencegah oksidasi. Selain itu teh hijau juga sangat populer menjadi sebuah teh yang dapat menurunkan berat badan.

Rutin mengonsumsi teh hijau dipercaya dapat memberikan berbagai macam kesehatan untuk tubuh. Kira-kira apa saja ya manfaat teh hijau bila dikonsumsi secara rutin? Dilansir dari berbagai sumber, yuk langsung saja dicek KLovers.

 

 

 

1. Menyehatkan Jantung

Manfaat teh hijau yang pertama yaitu dapat memberikan kesehatan pada jantung. Yup! Bukan hal yang asing lagi bila teh hijau dapat memberikan kesehatan pada jantung. Hal ini karena teh hijau memiliki banyak kandungan, terutama kandungan antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung sehingga dapat menjaga kesehatan pembuluh darah.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Preventive Cardiology menyatakan juga bahwa, mengonsumsi teh terutama teh hijau sebanyak tiga kali atau lebih dalam seminggu, dapat secara signifikan meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Pencegah Diabetes

Selain memberikan kesehatan pada jantung, teh hijau juga dapat menjadi minuman kesehatan untuk mencegah diabetes loh KLovers. Hal tersebut karena teh hijau mampu meningkatkan kinerja insulin serta mengurangi kadar gula darah pada penderita diabetes. Kemudian sebuah penelitian di Jepang juga menunjukkan bahwa, mereka yang rajin minum teh hijau memiliki risiko 42% lebih rendah untuk terkena diabetes.

Minuman teh hijau ini juga sangat baik dikonsumsi bagi kalian yang memiliki riwayat penyakit diabetes tipe 2. Sebelum mengonsumsi teh hijau, ada baiknya untuk kalian berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter untuk takaran yang tepat.

3. Menurunkan Kolesterol

Manfaat teh hijau yang selanjutnya yaitu dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Kolesterol memang sangat penting untuk tubuh, namun itu merupakan kadar kolesterol baik ya KLovers. Dan kolesterol baik ini akan berubah menjadi jahat bila kadarnya berlebihan di dalam tubuh.

Ini akan sangat berbahaya, hingga dapat menimbulkan penyakit lain seperti jantung dan juga stroke. Untuk menghindari hal seperti itu, kalian bisa kok menggunakan manfaat teh hijau sebagai obat alami.

Hal ini karena teh hijau memiliki kandungan polifenol yang dapat menghalangi kolesterol yang diserap usus sekaligus menyingkirkannya. Selain itu kandungan antioksidan dalam teh hijau juga efektif mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah. Tidak heran jika mengonsumsi teh hijau dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan menaikkan kadar kolesterol baik.

4. Menurunkan Risiko Kanker

Kanker memang menjadi salah satu penyakit yang sangat berbahaya untuk tubuh. Itulah mengapa mengatasi risiko kanker pada tubuh adalah hal utama untuk hidup yang sehat. Dan dengan mendapatkan hidup sehat tersebut kalian bisa kok mengonsumsi teh hijau secara rutin.

Kandungan antioksidan yang dimiliki oleh teh hijau memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Salah satunya adalah menurunkan risiko kanker. Penyakit kanker sering kali timbul karena kerusakan oksidatif yang menimbulkan kanker payudara, kanker usus, hingga kanker prostat. Dan mengonsumsi teh hijau yang kaya akan antioksidan sangat baik untuk menangkal risiko penyakit tersebut.

5. Meredakan Stres

Setiap orang pasti merasakan yang namanya stres karena berbagai alasan. Stres mampu menyerang siapapun, dalam keadaan dan kondisi sekeliling. Bila tidak ditangani dengan baik maka stres bisa di menjadi masalah yang serius loh KLovers. Bahkan stres juga bisa memicu timbulnya berbagai macam penyakit kronis.

Bila kalian merasa lelah dan stres, maka kalian bisa kok mengatasi hal tersebut dengan konsumsi teh hijau. Teh hijau yang berasal dari tumbuhan spesies camellia sinensis ini memiliki kandungan theanin yang memberikan efek menenangkan.

Untuk membantu meredakan stres, kalian bisa seduh teh hijau pada suhu 70-75 derajat Celcius yang merupakan suhu paling direkomendasikan. Tambahkan juga madu atau lemon yang membuat penyerapan cathecin makin optimal.

6. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Nyatanya teh hijau juga mampu meningkatkan metabolisme di dalam tubuh loh KLovers. Banyak penelitian yang telah dilakukan terhadap teh hijau. Dan hasilnya menyatakan bahwa, teh hijau dapat meningkatkan metabolisme sampai 4% dalam tubuh.

Hal ini disebabkan oleh tingginya konsentrasi katekin polifenol, yang merupakan antioksida pada teh hijau. Dengan adanya senyawa tersebut, intensitas oksidasi lemak dan termogenesis pun meningkat. Karena hal tersebut merupakan proses dimana banyaknya kalori yang mampu dibakar di dalam tubuh seseorang ketika mengonsumsi teh hijau. Dan inilah alasan mengapa teh hijau jadi minuman yang dapat meningkatkan metabolisme dengan baik.

7. Memberi Kesehatan Mata

Siapa bilang teh hijau hanya bisa memberikan kesehatan pada organ dalam saja, nyatanya teh hijau juga mampu memberikan kesehatan pada mata loh KLovers. Gangguan kesehatan mata memang sering kali disebabkan oleh glukoma.

Teh hijau mengandung kaya antioksidan yang dapat memberi perlindungan terhadap gangguan penglihatan. Selain itu teh hijau mengandung kafein dan tanin yang dapat membantu mengecilkan pembuluh darah di sekitar mata, menyembuhkan pembengkakan pada mata, dan menghilangkan lingkaran hitam di sekitar mata.

8. Memberikan Kualitas Tidur

Kalian sulit untuk tidur? Bahkan mengalami insomnia? Maka hal tersebut dapat kalian atasi dengan menggunakan manfaat teh hijau loh KLovers. Kurangnya tidur memang bisa memicu berbagai macam penyakit seperti, serangan jantung, gangguan pencernaan, hingga berat badan tidak ideal.

Kandungan catechin pada teh hijau bisa membantu membuat tidur lebih lelap sehingga tubuh bisa beristirahat dengan optimal. Jadi bila kalian susah untuk tidur, maka kalian bisa mengonsumsi teh hijau hangat saat malam hari sebelum tidur.

9. Meningkatkan Fungsi Otak

Ternyata bahan aktif dalam teh hijau yakni kafein berguna untuk mendukung fungsi otak loh KLovers. Sebabnya saat kafein masuk ke dalam otak, maka kafein akan memblokir neurotransmitter penghambat yang disebut dengan Adenosine.

Dengan cara ini, terjadi penembakan neuron dan konsentrasi neurotransmitter seperti dopamine dan norepinefrin. Hasilnya, fungsi otak akan meningkat. Kalian bisa kok menggunakan manfaat teh hijau dengan meminumnya di pagi hari untuk meningkatkan produktivitas harian kalian.

10. Melangsingkan Tubuh

Memiliki tubuh yang ideal memang menjadi dambaan setiap orang, dan nyatanya menggunakan manfaat teh hijau mampu mengatasi tubuh yang langsing loh KLovers. Hal itu karena teh memiliki manfaat untuk membakar lemak dan meningkatkan metabolisme tubuh. Selain itu dalam sebuah penelitian juga terbukti bahwa orang-orang yang mengonsumsi teh hijau, terutama 15-30 menit sebelum berolahraga akan terbantu dalam membakar lemak 15 hingga 17 persen lebih banyak.

Kemudian mengonsumsi teh hijau merupakan salah satu cara untuk meningkatkan dan memperlancar metabolisme tubuh secara alami. Dengan adanya metabolisme tubuh yang cukup tinggi, maka lemak tubuh dapat terbakar dengan lebih cepat. Jadi bila kalian ingin memiliki tubuh yang sehat, kalian bisa menggunakan teh hijau sebagai minuman diet alami.

11. Menghilangkan Lemak Abdominal

Selain dapat melangsingkan tubuh secara alami, manfaat teh hijau juga mampu menghilangkan lemak abdominal loh KLovers. Lemak abdominal adalah jenis lemak yang bersarang di bawah kulit dan memiliki sifat yang berbahaya. Sebab lemak ini terkait dengan munculnya peradangan dalam tubuh, resistensi insulin, dan penyakit jantung.

Dan beberapa penelitian menemukan bahwa rutin minum teh hijau berguna untuk membakar lemak ini secara signifikan. Selain itu dengan mengonsumsi teh hijau, maka tubuh akan terhindar dari risiko kesehatan resistensi insulin, dan penyakit jantung.

12. Mencegah Penuaan Dini

Memiliki wajah yang awet muda memang menjadi dambaan setiap orang, salah satunya yaitu wanita. Memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, membuat teh hijau dapat menghilangkan dan mencegah penuaan dini.

Selain itu kandungan polifenol yang terdapat dalam teh hijau juga berperan penting dalam mencegah radikal bebas yang dapat berbahaya bagi tubuh. Bukan tanpa alasan mengapa radikal bebas ini berbahaya, karena radikal bebas dapat berpotensi untuk menciptakan kerusakan pada sel kulit, dan membuat kulit menjadi lebih cepat mengalami penuaan.

Kalian bisa menggunakan teh hijau secara rutin untuk perawatan alami pencegah penuaan dini. Kalian bisa mengonsumsinya setiap hari sebelum tidur atau pagi hari. Kalian juga bisa membuat masker untuk wajah menggunakan teh hijau dan juga madu.

13. Menghilangkan Lingkaran Hitam Pada Mata

Bukan hanya mampu menghilangkan penuaan dini saja, nyatanya teh hijau juga mampu menghilangkan lingkar hitam pada mata loh KLovers. Lingkar mata yang hitam memang sangat mengganggu penampilan. Namun tak perlu khawatir, karena kalian bisa mengatasi hal tersebut dengan menggunakan teh hijau.

Hal ini karena di dalam teh hijau terdapat kandungan berupa zat tanin dan antioksidan yang dapat mengatasi masalah kantung mata tersebut. Selain itu kandungan tanin juga dapat membantu mengecilkan pembuluh darah di sekitar mata, dan menyembuhkan pembengkakan pada mata.

14. Mengobati Jerawat

Bukan hal yang asing lagi bila teh hijau dapat menjadi salah satu cara untuk mengobati jerawat yang meradang, hingga menghilangkan bekas jerawat dengan sangat baik. Hal tersebut karena teh hijau kaya akan zat anti inflamasi, antiseptik, dan juga anti bakteri, sehingga dapat membantu mengempeskan jerawat dan mencegah peradangan.

Dengan rajin mengonsumsi teh hijau juga membantu mengurangi produksi minyak berlebihan pada wajah yang bisa menyebabkan jerawat berlebih. Kalian bisa tuangkan teh hijau pada cetakan es batu, lalu bekukan di lemari pendingin. Jika sudah terbentuk menjadi es, oleskan pada wajah setiap hari secara merata lalu diamkan hingga kering.

15. Mengatasi Rambut Rontok

Manfaat teh hijau yang selanjutnya yaitu dapat mengatasi rambut yang rontok. Yup! memiliki rambut rontok memang sangat mengganggu, bukan hanya dapat mengganggu penampilan, namun juga mampu membuat rambut menjadi tipis. Bahkan lebih parahnya lagi akan menimbulkan kebotakan.

Bila sudah seperti ini maka kalian bisa kok menggunakan teh hijau sebagai salah satu cara mengatasi hal tersebut. Pasalnya, seorang ilmuwan Korea dari National University College of Medicine menemukan adanya epigallocatechin-3 gallat yang bisa meningkatkan kekuatan dan kesuburan rambut. Beberapa serum dan sampo rambut juga sering kali memanfaatkan panthenol yang ada di teh hijau untuk perawatan rambut rontok.

16. Membuat Kulit Glowing

Siapa yang tidak ingin memiliki kulit glowing bak selebriti Korea. Tidak perlu perawatan mahal, nyatanya kalian bisa kok menggunakan manfaat teh hijau untuk mendapatkan kulit glowing yang sehat secara alami.

Hal ini karena kandungan antioksidan, anti bakteri, dan juga polifenol pada teh hijau sangat baik bagi kulit. Selain itu teh hijau juga mampu mengecilkan pori-pori yang bisa menimbulkan muka berminyak, jerawat, hingga komedo. Tidak hanya itu saja teh hijau juga bisa menjadi salah satu bahan untuk eksfoliasi yang memiliki manfaat mengencangkan kulit dan membuatnya lebih bersinar.

17. Melindungi Kulit dari Paparan Sinar UVA/UVB

Paparan sinar UVA/UVB dapat mengakibatkan penuaan dini, flek hitam hingga, kerutan. Untuk itu penting banget melindungi kulit dengan menggunakan sunscreen agar kulit terhindar dari paparan langsung sinar UVA/UVB.

Namun selain menggunakan sunscreen, kalian juga bisa kok memanfaatkan teh hijau untuk melindungi kulit dari paparan sinar UVA/UVB. Kalian bisa mengonsumsinya sebagai minuman, atau menjadikannya masker wajah sebelum beraktivitas agar mendapatkan hasil yang maksimal.

18. Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Dan manfaat teh hijau yang terakhir yaitu dapat menjaga kesehatan gigi dan juga mulut kalian. Memiliki gigi dan mulut yang sehat memang sangat baik, tidak hanya membuat bagian mulut serta gigi sehat, kalian juga akan terhindar dari bau mulut yang bisa menurunkan rasa percaya diri.

Dengan menggunakan teh hijau, nyatanya kalian bisa kok mendapatkan mulut dan gigi yang sehat. Kandungan katekin dalam teh hijau nyatanya mampu memberi manfaat untuk mendukung kesehatan mulut dan gigi. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa, zat ini akan membunuh bakteri streptococcus mutans dalam mulut yang menyebabkan pembentukan plak dan menurunkan risiko gigi berlubang.

Itulah 18 manfaat teh hijau bagi kesehatan tubuh kalian bila dikonsumsi secara rutin. Bukan hanya menjadi bahan minuman atau makanan saja, nyatanya teh hijau memiliki sejuta kandungan yang baik bagi kesehatan serta kecantikan tubuh secara alami.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending