3 Hal yang Wajib Dilakukan di Solo, Pengalaman Baru Pasti Seru

Kamis, 01 Juli 2021 12:00 Penulis: Wuri Anggarini
3 Hal yang Wajib Dilakukan di Solo, Pengalaman Baru Pasti Seru
(c) Shutterstock

Kapanlagi Plus - Dekat dengan Yogyakarta, Kota Solo sering jadi sekadar persinggahan sementara. Wisata kuliner atau sambil lewat membeli oleh-oleh saja. Namun ada yang baru lho di Solo, pengalaman yang dijamin pasti serunya.

Pengalaman Baru Internetan Super Kencang

(c) Indosat Ooredoo(c) Indosat Ooredoo

Tepat tanggal 22 Juni 2021 Indosat Ooredoo meluncurkan layanan 5G komersial pertama di Solo. Solo adalah lokasi perdana kehadiran jaringan 5G dari Indosat Ooredoo yang akan merasakan akses internet broadband seluler yang lebih cepat.

Peluncuran layanan 5G komersial tersebut merupakan bentuk dukungan Indosat Ooredoo untuk masyarakat Solo guna mengakselerasi pemulihan ekonomi dan memberdayakan anak muda, UMKM, dan visi smart city di kota tersebut.

Dalam acara tersebut, Presiden Direktur dan CEO Indosat Ooredoo, Ahmad Al-Neama, turut menyatakan rasa syukur dan bangganya dapat meluncurkan layanan 5G komersial pertama di Solo.

“Saya sangat bersyukur dan bangga dapat meluncurkan layanan 5G komersial pertama Indosat Ooredoo di Solo untuk menunjukkan kekuatan transformatif 5G kepada anak muda, komunitas digital, dan bisnis di kota yang menakjubkan ini. Kami percaya teknologi ini akan membantu mengakselerasi transformasi digital masyarakat Indonesia dan mendorong inovasi bisnis di semua industri. Hari ini menandai awal perjalanan kami dalam mendorong revolusi 5G di seluruh negeri, memajukan bangsa menuju masa depan yang mendukung 5G."

Melalui layanan 5G ini, Indosat Ooredoo ingin menumbuhkan semangat #BangkitBersama5G di Solo dan #HighFiveUntukIndonesia. Sehingga dapat mewujudkan misi Indosat Ooredoo untuk mendorong kehidupan masyarakat yang lebih baik melalui kekuatan teknologi.

Bikin Konten di Kota Pintar Pasti Beda Rasanya

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Jaringan internet 5G menjanjikan kecepatan yang dapat membuat internet smartphone setara dengan Wi-Fi. Di Solo dengan kekayaan budaya dan wisata kulinernya, pasti bakal lebih seru dan lebih banyak ide konten yang bermanfaat bisa dibuat di kota itu.

Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Johnny G. Plate, mengatakan "Saya percaya 5G akan mendorong produktivitas dan pertumbuhan ekonomi nasional, berkat teknologinya yang unggul. Meskipun 4G masih menjadi tulang punggung transformasi digital di Indonesia, kami berharap komersialisasi 5G tahap awal ini dapat berkontribusi mewujudkan visi nasional menjadi digital powerhouse di kawasan. Mari bersama kita pastikan kehadiran layanan 5G ini akan membawa beragam manfaat bagi bangsa dan berdampak signifikan terhadap pemulihan ekonomi.”

Kemitraan Indosat Ooredoo dengan Pemerintah Kota Surakarta bertujuan untuk mendorong respon yang kolaboratif dalam mengakselerasi pemulihan ekonomi melalui pemberdayaan UMKM dan memberikan kesempatan bagi anak muda untuk mengasah seluruh potensi rakyat Solo. Maka dari itu, dengan traveling ke Solo, kamu juga bisa membantu menginformasikan apa saja yang menarik di Solo, membantu masyarakat diluar Solo lebih mengenal potensi dan kekayaan budaya kota ini.

Belanja Rasa Solo Hampers Untuk Keluarga

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Untuk memberdayakan UMKM di Solo, Indosat Ooredoo telah mulai menjual Rasa Solo Hampers di aplikasi myIM3, lho! Tidak lupa sepuluh ribu UMKM Solo akan dilatih Indosat Ooredoo untuk go digital serta menyediakan layanan UCan untuk menawarkan menawarkan pinjaman mikro kepada para pelaku UMKM ini demi membantu pendanaan pertumbuhan bisnis rakyat Solo.

Tidak lupa di ranah pendidikan talenta digital, Indosat Ooredoo akan memfasilitasi pelatihan dan pembinaan content creator bagi dua ribu anak muda dan komunitas gerakan muda di Kota Solo. Perusahaan juga akan memfasilitasi pelatihan Augmented Reality (AR) bagi 500 developer muda asal Solo!

Untuk memberdayakan Solo sebagai smart city berikutnya, perusahaan juga akan membangun sistem informasi pintar terpadu sebagai sumber informasi resmi dan real-time dari Pemerintahan Kota kepada warganya hingga di tingkat Rukun Tetangga. Semua informasi terpadu ini akan dikirimkan dari pusat informasi pintar berbasis teknologi cloud yang dioperasikan oleh Pemerintah Kota Surakarta.

Untuk yang ingin traveling ke kota lain selain Solo, jangan berkecil hati dulu. Setelah peluncuran 5G tahap awal di Solo, Indosat Ooredoo berencana untuk memperluas layanan 5G komersial ke kota-kota besar lainnya di Indonesia, termasuk Jakarta, Surabaya, dan Makassar, di mana terdapat permintaan konsumen yang tinggi akan layanan data.

Nah, yang mana tujuan travelingmu selanjutnya?

(kpl/aik)

Reporter:

Iwan Tantomi



MORE STORIES




REKOMENDASI