IDCamp Virtual Summit 2021 Digelar, Indosat Berkomitmen Lahirkan Programmer Hebat di Tanah Air

Rabu, 07 Juli 2021 17:35 Penulis: Jeffrey Winanda
IDCamp Virtual Summit 2021 Digelar, Indosat Berkomitmen Lahirkan Programmer Hebat di Tanah Air
(c) Indosat Ooredoo

Kapanlagi Plus - Memasuki tahun 2021, kebutuhan umat manusia di dunia mulai beralih ke sistem komputerisasi bahkan digitalisasi. Terlebih saat pandemi seperti sekarang yang membuat semua aktivitas dilakukan serba online.

Mulai dari sekolah, kuliah, kerja, hingga belanja aneka kebutuhan dilakukan dengan bantuan perangkat lunak. Jika di tahun ini saja kebutuhan akan sistem digital sudah sedemikian banyak, kebayang kan bagaimana kebutuhan manusia akan dunia digital pada beberapa tahun ke depan?

Untuk menjawab pertanyaan ini, Indosat Ooredoo berkomitmen dalam mencetak para programmer dan developer andal lewat program bernama Indosat Ooreedoo Camp atau IDCamp. Program ini adalah rangkaian kursus dan beasiswa yang diberikan kepada calon IT, engineer, programmer, dan developer potensial agar bisa menjadi seorang yang mampu mengembangkan industri digital Indonesia bahkan dunia.

IDCamp sendiri sudah berlangsung sejak tahun 2019 dan total lebih dari 64 ribu peserta telah ikutan program keren ini. Pada 7 Mei lalu, Indosat Ooredoo sukses menggelar IDCamp Virtual Summit 2021 dengan serangkaian acara yang keren. Dihadiri oleh banyak tokoh keren seperti Director & Chief Operating Officer Indosat Ooredoo hingga Menparekraf Sandiaga Uno, ada apa saja sih di IDCamp Virtual Summit 2021?

Graduation Class of 2020

(c) Indosat Ooredoo(c) Indosat Ooredoo

IDCamp Virtual Summit 2021 dibuka dengan prosesi kelulusan dari IDCamp 2020. Dilangsungkan sejak tahun lalu, IDCamp 2020 telah berhasil menelurkan programmer tersertifikasi yang siap terjun di industri digital.

(c) Indosat Ooredoo(c) Indosat Ooredoo

Menariknya, ada 10 lulusan terbaik dari IDCamp 2020 yang turut hadir secara online di prosesi graduation ini. Nggak tanggung-tanggung, Director & Chief Operating Officer Indosat Ooredoo Vikram Sinha memimpin langsung prosesi graduation ini.

Launching Ceremony IDCamp 2021

(c) Indosat Ooredoo(c) Indosat Ooredoo

Prosesi kelulusan yang dilangsungkan bukan berarti mengakhiri program IDCamp yang digagas oleh Indosat Ooredoo. Pada event ini pula diadakan launching ceremony dari IDCamp 2021 yang dipimpin oleh Director & Chief Operating Officer Indosat Ooredoo Vikram Sinha, Director & Chief Strategy and Innovation Officer Indosat Ooredoo Arief Musta'in, serta , Director & Chief Human Resources Officer Indosat Ooredoo Irsyad Sahroni.

Nggak ketinggalan, SVP-Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Steve Saerang turut membeberkan hal yang mendasari hadirnya IDCamp hingga memasuki tahun ketiga. Menurutnya, Indonesia membutuhkan penemu solusi dari permasalahan industri digital.

“kebutuhan masyarakat serta pasar menuntut pelaku di industri digital kreatif harus menjadi seorang problem solver yang mampu memberikan impact kepada masyarakat. Untuk itulah IDCamp ini hadir dalam memfasilitasi calon programmed dan developer hebat dari seluruh Indonesia,” papar Steve Saerang.

Untuk mewujudkan misi tersebut, Steve Saerang juga menjelaskan sesuatu yang baru di IDCamp 2021. Beberapa penambahan fasilitas ini berupa metode pembelajaran, kelas developer, virtual roadshow, virtual summit, program sertifikasi untuk guru, hingga bootcamp untuk penyandang disabilitas. Keren banget kan!

Talkshow Bareng Speakers Keren

(c) Indosat Ooredoo(c) Indosat Ooredoo

IDCamp Virtual Summit 2021 ditutup dengan sesi bincang-bincang mengenai industri digital kreatif yang dihadiri oleh pembicara kece. Terhitung mulai dari CEO 8Villages Sanny Gaddafi, Chief Technology Officer DANA Indonesia Norman Sasono, CEO Dicoding Indonesia Narenda Wicaksono, serta perwakilan dari Indoesat Ooredoo yaitu Director & Chief Human Resources Officer Indosat Ooredoo Irsyad Sahroni dan SVP-Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Steve Saerang.

Mulai dari tips menjadi seorang developer hingga diskusi tentang perkembangan industri digital dibahas dalam sesi kali ini. CEO Dicoding Indonesia Narenda Wicaksono menerangkan jika kesempatan menjadi seorang digital developer di Tanah Air terbuka lebar.

“akses menjadi seorang developer dan programmer ini sanget besar. Kuncinya ada 3 hal yang perlu diperhatikan, yaitu motivasi, kesabaran, serta rasa ingin tahu yang tinggi,” ungkap Narenda.

Kiat menjadi programmer andal juga disampaikan oleh perwakilan dari Indosat Ooredoo yaitu Steve Saerang dan Irsyad Sahroni. Masing-masing dari mereka menyampaikan jika seorang programmer dan pelaku industri digital harus memiliki intuisi dalam memecahkan masalah yang dihadapi.

“pengembangan ide dimulai dari bagaimana kita menyelesaikan sebuah masalah. Ketika kita berhasil menjadi problem solver yang baik, maka kemampuan development dari program yang dijalankan akan maksimal pula,” jelas Steve Saerang.

Irsyad Sahroni pun juga sependapat jika developer dan programmer perlu berpikir secara visioner. “yang paling penting adalah kamu bisa menciptakan sebuah solusi bahkan ketika orang lain belum menyadari hal itu sebagai masalah,” imbuh Irsyad Sahroni.

Melalui IDCamp, Indosat Ooredoo berkomitmen untuk mencetak programmer di Indonesia yang dalam satu tahunnya sangat dibutuhkan lebih dari 600 ribu pekerja. Melalui program yang telah dijalankan sejak 2019 ini, telah ada lebih dari 64 ribu programmer muda potensial yang turut ambil bagian di IDCamp dengan rincian telah tersertifikasinya 13 ribu programmer.

Apakah kamu salah satu developer muda yang siap bergabung dengan IDCamp? Buruan daftarkan diri di situs idcamp.indosatooredoo.com. Pendaftaran beasiswa bisa dilakukan mulai 7 Mei - 21 Juli 2021. Kalau sudah berhasil terdaftar, kamu bisa langsung memulai pelatihan tingkat dasar dan pemula secara online sampai dengan 28 Juli 2021. Khusus pelatihan online tingkat menengah hingga profesional akan digelar pada 4 Agustus 2021 - 11 Mei 2022.

Jangan lupa stay tune terus buat update informasi terbaru lewat Instagram @idcamp, Facebook IDCamp Indosat Ooredoo dan Twitter @idcamp_indosat.

(kpl/jef)

Reporter:

Jeffrey Winanda



MORE STORIES




REKOMENDASI