4 Resep Kentang Mustofa Mudah, Renyah dan Cocok Jadi Lauk Sahur Praktis

Senin, 03 Mei 2021 19:22 Penulis: Anik Setiyaningrum
4 Resep Kentang Mustofa Mudah, Renyah dan Cocok Jadi Lauk Sahur Praktis
Ilustrasi (Credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Kentang merupakan salah satu jenis umbi yang bisa diolah dengan berbagai teknik, mulai dibakar, dikukus, hingga digoreng. Kentang biasanya diolah menjadi perkedel, sambal goreng, campuran sayur sup hingga camilan nikmat yang menggugah selera, salah satunya kentang mustofa. Selain menjadi camilan, kentang mustofa juga bisa kalian jadikan stok sahur praktis.

Karena terdapat kandungan karbohidrat, kentang menjadi bahan yang mengenyangkan. Selain mengandung karbohidrat, kentang juga mengandung vitamin, mineral, serat dan antioksidan yang baik untuk tubuh. Jadi, kentang bisa menjadi bahan makanan yang bagus untuk kalian jadikan berbagai olahan.

Dengan menyiapkan lauk sahur praktis dalam bentuk kentang mustofa, kalian akan menghemat waktu untuk memasak. Memasak kentang mustofa pun tergolong mudah. Kalian bisa memadukan dengan bahan lain seperti ebi, cabai, dan ikan teri. Selain untuk lauk sahur praktis, kentang mustofa bisa kalian sajikan dalam berbagai momen, seperti untuk bekal lauk berwisata, untuk buka puasa hingga sajian pelengkap saat lebaran. Bahkan kentang mustofa juga pas untuk anak rantau yang butuh makanan saat genting.

 

1. Kentang Mustofa Mudah

Jika sebelumnya kalian belum pernah memasak kentang mustofa, jangan khawatir. Berikut ini terdapat resep kentang mustofa mudah yang bisa kalian coba.

Bahan-bahan:

- 1 kg kentang (iris panjang, cuci, goreng sampai garing)

- 4 buah cabai merah gendut buang bijinya

- 8 buah cabai keriting

- 5 buah rawit merah

- 3 siung bawang putih

- 5 siung bawang merah

- 4 sdm gula pasir

- 2 sdm air asam jawa

- 1 sdt garam

- Sedikit minyak untuk menumis

Cara membuat:

1. Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak sampai harum dan mengental.

2. Setelah mengental masukkan kentang, aduk rata dengan api sangat kecil atau bisa matikan kompornya sambil aduk-aduk agar bumbu merata.

3. Pindahkan ke wadah sebarkan agar cepat dingin.

4. Setelah dingin masukkan ke toples kedap udara.

5. Sajikan.

 

2. Kentang Mustofa Pedas Manis

Berikut ini terdapat kreasi resep kentang mustofa pedas manis yang bisa kalian tiru untuk menyiapkan lauk sahur praktis di rumah.

Bahan-bahan:

- 2 buah kentang (ukuran jumbo)

- 5 buah cabai rawit merah besar/sesuai selera

- 7 buah cabai merah/cabe merah keriting

- 4 siung bawang putih

- 3 siung bawang merah

- 2 buah daun salam

- 1 sdm air asam jawa

- 2 sdm gula merah di iris

- Garam dan penyedap rasa secukupnya

Cara membuat:

1. Potong kentang seukuran korek api (bisa pakai alat parut).

2. Cuci kentang sampai bersih, kalau perlu 5-6 kali cuci sampai airnya jernih supaya tidak lengket saat digoreng.

3. Rendam +-10 menit sampai getahnya keluar semua, setelah itu cuci lagi lalu tiriskan.

4. Panaskan minyak lalu goreng kentang (pastikan saat menggoreng minyaknya sudah benar benar panas lalu masukan kentang dan kecilkan api sedikit supaya tidak gosong).

5. Haluskan cabai rawit, cabai merah dan bawang, tambahkan sedikit air.

6. Siapkan wajan dengan sedikit minyak lalu tumis bumbu halus tadi, lalu masukan daun salam, gula merah, air asam dan penyedap (cicipi sampai rasanya terasa pas).

7. Masak dengan api sedang, tumis sampai bumbu harum matang dan airnya surut.

8. Lalu masukan kentang ke dalam wajan aduk sampai rata kecilkan api.

9. Setelah bumbu rata matikan api lalu tetap aduk kentang supaya tidak lengket sampai wajan dingin.

10. Setelah kentang dingin masukan ke toples.

 

3. Kentang Mustofa Renyah

Bahan-bahan:

- 1 1/2 kg kentang ukuran sedang

- 3 lembar daun salam

- 3 biji asam jawa (larutkan dengan 3 sdm air hangat buang bijinya)

- 125 gr gula putih

- 1/2 sdt kaldu bubuk

- 1/2 sdt garam

Bumbu halus:

- 5-10 cabai merah

- 2 buah cabai rawit merah

- 5 siung bawang putih

- 2 siung bawang merah

- 1 sdt garam

Cara membuat:

1. Pertama-tama siapkan bahan utama kentang diiris sebesar korek api atau bisa pakai parutan serbaguna agar lebih cepat dan praktis. Jangan lupa kentang harus dalam keadaan terendam semua supaya tidak berubah warna dan rusak. Jika semua kentang sudah diparut, cuci bersih kentang hingga air rendaman bening alias tidak keruh lagi (bisa cuci sampai 5 kali supaya getah kentang benar-benar bersih dan hasil gorengan kentangnya renyah tahan lama).

2. Tiriskan setiap kita mau goreng saja dan jangan sekaligus supaya kentang tidak berubah warna. Siapkan minyak di wajan besar pastikan minyaknya banyak supaya kentang digoreng dalam keadaan terendam. Gunakan api besar dan terus diaduk sampai kentang terasa kaku saat diaduk. Lalu ubah api dengan api sedang dan terus diaduk hingga kentang berwarna kecoklatan. Ulangi hingga kentang habis, lalu tiriskan

3. Siapkan bumbu halusnya, bisa manual maupun menggunakan blender, siapkan wajan, tuangkan minyak sekitar 5 sdm tumis bumbu halus sampai harum, masukan juga daun salam

4. Lalu masukan gula pasir, garam, kaldu bubuk, aduk semua sampai tercampur rata, tumis hingga bumbu mendidih, lalu masukan 3 sdm air asam Jawa. Aduk kembali supaya merata, masak hingga mengental dan seperti karamel (tanda sudah menjadi karamel bentuk letupan didihannya besar besar tanda sudah tidak ada kandungan airnya)

5. Setelah bumbu menjadi karamel, kecilkan api kompor sambil diaduk-aduk, kemudian masukkan semua kentang yang sudah digoreng dan aduk cepat dan ratakan ke semua kentang. Setelah dingin, langsung masukkan ke wadah toples supaya tetap krispy.

 

4. Kentang Mustofa Balado

Bagi kalian yang suka rasa pedas untuk stok menu sahur praktis, silakan simak resep kentang mustofa balado berikut ini.

Bahan-bahan:

- 1/2 kg kentang

- 7 siung bawang putih

- 4 buah cabai merah

- 8 buah cabai rawit merah

- Minyak

- Jeruk nipis/air cuka (1 sendok teh)

- 1/2 sdt gula

- 1/2 sdt garam

- Kaldu jamur/ayam/sapi secukupnya sesuai selera

Cara membuat:

1. Kupas kentang bersih.

2. Serut dengan serutan kentang. Dimasukan ke dalam wadah isi air. Lalu cuci bersih sampai tidak ada buih dan air bening

3. Tiriskan kentang sampai kering.

4. Siapkan minyak goreng, dan panaskan hingga benar benar panas. Masukkan kentang dan ratakan di wajan. Jangan di aduk aduk atau bolak balik.

5. Jika bagian pinggir mulai kering, balik kentang ke sisi sebelahnya hingga kering. Lalu di pisahkan menggunakan garpu. Dan goreng hingga kuning atau tidak ada buih lagi

6. Haluskan bawang putih dan cabai. Tumis dengan minyak dan api sedang (cenderung kecil), setelah tanak masukan gula garam dan penyedap dan perasan air jeruk nipis. Aduk sebentar.

7. Masukan kentang ke dalam bumbu. Aduk rata.

8. Setelah tercampur matikan kompor. Dinginkan dan masukan ke wadah kedap udara ya.

 

5. Kentang Mustofa Daun Jeruk

Berikut ini terdapat resep kentang mustofa daun jeruk dengan aroma khas yang bisa kalian tiru untuk menu sahur praktis di rumah.

Bahan utama:

- 1 kg kentang

- 4 lembar daun jeruk

- 1 sdt air asam jawa

- 2 lembar daun salam

- 1 sdt kapur sirih

- 1 sdt gula pasir

- Garam secukupnya

- Penyedap secukupnya

- Minyak goreng secukupnya

Bahan bumbu halus:

1. 3 buah cabai merah, buang bijinya

2. 7 buah cabai rawit merah

3. 15 buah cabai merah

4. 4 siung bawang putih

Cara Membuat :

1. Siapkan wadah cukup besar, lalu isi dengan air secukupnya. Kemudian, berikan larutan kapur sirih ke dalamnya. Aduk sampai tercampur merata, lalu biarkan sebentar.

2. Selanjutnya, letakkan talenan di atas meja dan mulailah mengupas kulit kentang sampai bersih. Potong kentang menjadi berbentuk korek atau kamu juga bisa gunakan parutan khusus kentang. Jika sudah, rendam potongan kentang di air kapur sirih selama 30 menit.

3. Keluarkan kentang dan tiriskan hingga tuntas. Panaskan cukup banyak minyak di dalam wajan hingga mendidih, lalu goreng kentang sampai berwarna kuning kecokelatan. Jangan sampai gosong, ya!

4. Masukkan cabai merah, cabai rawit, cabai merah besar, dan bawang putih ke dalam food processor. Haluskan seluruh bahan tersebut sampai lembut. Sisihkan sejenak ke dalam wadah.

5. Siapkan kembali wajan di atas kompor dengan sedikit minyak. Panaskan sebentar, lalu tumis bumbu halus sampai merata. Tambahkan pula daun jeruk, daun salam, gula, garam, dan penyedap ke dalamnya.

6. Masak bumbunya sampai merata dan angkat saat matang. Setelah dingin, satukan bumbu dengan kentang goreng sampai terbaluri dengan rata. Nah, kentang mustofa sudah bisa kamu nikmati dengan nasi hangat, deh!

Nah, KLovers, itulah beberapa resep kentang mustofa yang bisa kalian coba untuk menyiapkan lauk sahur praktis selama bulan Ramadan ini.

 

(kpl/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI