7 Makanan Ini Cocok Dikonsumsi Saat Diare Menyerang - Bantu Redakan Gejalanya

Rabu, 01 Juli 2020 11:33 Penulis: Nurul Wahida
7 Makanan Ini Cocok Dikonsumsi Saat Diare Menyerang - Bantu Redakan Gejalanya
Ilustrasi (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Diare memang menjadi salah satu masalah kesehatan yang menyerang bagian sistem pencernaan. Hampir setiap orang tentunya pernah mengalami gangguan kesehatan ini yang biasanya disebabkan oleh makanan tertentu. Sejumlah makanan dinilai cocok untuk dikonsumsi saat diare menyerang, bahkan dapat digunakan sebagai pereda diare selain menggunakan obat.

Diare merupakan gangguan kesehatan yang menyerang sistem pencernaan manusia hingga membuat pengidapnya sering buang air besar. Biasanya mereka yang terserang diare fases akan terlihat lebih encer dan cair.

Umumnya penyebab diare adalah karena faktor makanan yang tak sehat dan terkontaminasi bakteri tertentu. Namun ada pula penyebab lain yang bisa menjadi faktor munculnya masalah kesehatan ini diantaranya efek samping obat-obatan, penyakit tertentu, dapat juga akibat radang pada saluran pencernaan.

Dalam kasus ringan diare biasanya dialami dengan waktu yang singkat. Namun apabila diare muncul dalam waktu berkepanjangan, hal tersebut memang perlu diwaspadai dan mendapat penanganan medis. Terlepas dari diare ringan ataupun tidak, masalah kesehatan pencernaan ini memang terasa sangat mengganggu. Mulai dari nyeri perut, sakit kepala, kehilangan nafsu makan, hingga membuat penderita mengalami dehidrasi.

Sejumlah makanan tertentu bahkan dianjurkan untuk dihindari agar tak membuat kondisi diare semakin buruk. Namun ada pula sederet makanan yang cocok untuk dikonsumsi kala diare menyerang tubuh.

Lalu apa saja makanan yang cocok untuk dikonsumsi saat diare menyerang?

Adapun makanan yang cocok untuk dikonsumsi saat diare menyerang terangkum dalam beberapa poin di bawah ini. makanan ini juga bisa meredakan diare saat menyerang sistem pencernaan. Berikut makanan yang cocok untuk dikonsumsi selama diare menyerang bersumber dari liputan6.com, healthline.com, hellosehat.com.

 

1. Oatmeal

Oatmeal menjadi salah satu makanan yang cocok untuk dikonsumsi saat diare menyerang tubuh. bahkan oatmeal diketahui bisa membantu meredakan gejala diare. Sebab kandungan serat dalam oatmeal bisa memadatkan fases. Dimana seperti diketahui bahwa saat diare menyerang fases terlihat lebih encer.

Sehingga konsumsi oatmeal yang dikombinasikan dengan buah seperti pisang sangat cocok untuk kalian apabila diare tengah menyerang. Namun untuk diare pada anak di bawah umur akan lebih baik agar berkonsultasi dengan dokter. Hal tersebut dilakukan untuk mendapatkan penanganan tepat.

2. Kentang Rebus

Makanan yang cocok untuk dikonsumsi saat diare menyerang selanjutnya dapat menggunakan kentang rebus sebagai sajian yang tepat. Sebab kentang rebus tergolong makanan dengan kandungan karbohidrat yang bisa membantu meredakan diare. Selain itu kandungan senyawa lainnya dalam kentang rebus bisa menyehatkan kondisi pencernaan termasuk cocok untuk penderita diare.

3. Buah Pisang

Buah pisang yang khas dengan warna kuning dan lembutnya ini dapat menjadi sajian cocok saat diare menyerang tubuh. kandungan nutrisi dalam pisang dapat juga bermanfaat untuk meredakan diare dan meringankan gejalanya.

Selain itu pisang juga bisa memadatkan fases encer saat diare menyerang hingga mampu menambah energi tubuh. Seperti diketahui saat diare tentunya banyak cairan terbuang dan energi menjadi berkurang. Sehingga konsumsi pisang diyakini aman dan cocok membantu meringankan diare pada tubuh.

4. Makanan Berkuah

Saat diare menyerang umumnya cairan pada tubuh cenderung banyak terkuras. Sehingga tubuh akan mengalami kondisi dehidrasi yang terasa ketika diare. Tentunya konsumsi makanan yang mengandung banyak cairan diperlukan untuk mengganti cairan tersebut.

Salah satunya dapat diperoleh dari makanan berkuah seperti kuah kaldu daging, kaldu ikan, kaldu tulang yang bisa membantu cairan tubuh serta meredakan diare. Namun perlu diingat untuk tidak menambahkan sambal dalam kuah tersebut yang menjadi makanan dihindari saat diare.

5. Nasi Putih

Makanan pokok ini selain dapat mengenyangkan juga sangat cocok untuk dikonsumsi saat diare menyerang tubuh. Sebab kandungan nutrisi termasuk karbohidrat dalam nasi putih diyakini bisa membantu meringankan gejala diare pada tubuh. Selain itu nasi putih juga dapat dibuat sebagai bubur agar lebih mudah untuk dicerna.

6. Yogurt

Makanan selanjutnya yang cocok untuk dikonsumsi saat diare menyerang adalah yogurt. Dimana yogurt menjadi salah satu jenis makanan dengan kandungan prebiotik dengan kandungan bakteri baik untuk tubuh.

Sehingga yogurt terbilang aman untuk penderita diare bahkan dapat membantu meringankan gejalanya. Sebab dalam bakteri dalam yogurt bisa mengganti sejumlah bakteri yang hilang selama masalah kesehatan menyerang tubuh.

7. Makanan Hambar

Makanan hambar termasuk dalam hal ini roti tawar juga dapat menjadi sajian pas untuk dikonsumsi saat diare menyerang. Sebab makanan ini miliki nutrisi yang diyakini bisa meringankan gejala diare. Membuat roti tawar dengan dipanggang sebentar bisa jadi alternatif tepat agar rasanya lebih nikmat.

Nah itulah 7 makanan yang cocok dikonsumsi saat diare menyerang tubuh. Selain makanan tersebut perlu diingat juga sejumlah makanan lainnya yang tidak dianjurkan dikonsumsi kala diare menyerang. Diantaranya seperti makanan pedas, susu, alkohol, kopi, makanan berminyak serta makanan yang dapat menyebabkan gas berlebih atau kembung.

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI