5 Cara Mengatasi Telinga Berdengung, Ketahui Juga Penyebabnya

Jum'at, 28 Agustus 2020 17:33 Penulis: Puput Saputro
5 Cara Mengatasi Telinga Berdengung, Ketahui Juga Penyebabnya
Ilustrasi (credit: flickr)


Kapanlagi Plus - Telinga jadi salah satu panca indera yang fungsinya sangat vital. Dengan telinga seseorang bisa menangkap gelombang bunyi dan mengidentifikasi suara. Telinga juga termasuk organ yang sensitif sering mengalami gangguan. Salah satu gangguan yang paling umum adalah telinga berdengung. Meskipun sering dialami banyak orang, nyatanya tak banyak yang tahu cara mengatasi telinga berdengung.

Telinga berdengung bisa terjadi secara tiba-tiba. Meski tidak berdampak pada kesehatan, telinga berdengung rasanya sangat tidaklah nyaman. Saat mengalaminya pendengaran kita akan jadi terganggu. Oleh karena itu telinga berdengung sebaiknya diatasi sesegera mungkin. Walaupun, pada umumnya telinga berdengung bisa pulih dengan sendirinya setelah beberapa waktu.

Lantas, bagaimanakah cara mengatasi telinga berdengung yang tepat?

 

 

1. Ketahui Penyebab Telinga Berdengung

Di masyarakat, telinga berdengung kerap dikaitkan dengan mitos tertentu. Padahal, telinga berdenging merupakan salah satu kondisi yang bisa dijelaskan secara medis. Dalam dunia medis, telinga berdengung juga kerap disebut dengan tinnitus.

Sebelum mengetahui cara mengatasi telinga berdengung, penting untuk juga mengerti apa saja penyebabnya. Dengan mengetahui penyebab tinnitus, maka akan lebih mudah untuk dilakukan langkah mencegah dan mengatasi telinga berdengung.

Dilansir dari tinnitus.org.uk, telinga berdengung atau tinnitus bisa disebabkan oleh adanya perubahan kondisi tubuh, baik secara fisik maupun mental. Dengan kata lain, penyebab tinnitus tidak melulu terkait dengan kondisi telinga. Tinnitus bukanlah sebuah penyakit, tapi bisa jadi gejala dari suatu kondisi kesehatan.

Masih dilansir dari tinnitus.org.uk, berikut beberapa kondisi yang dipercaya bisa menyebabkan telinga berdengung:

1) Hilangnya pendengaran biasanya karena pertambahan usia.

2) Mendengar suara terlalu keras atau bising dalam waktu yang lama dan cukup sering.

3) Stres dan serangan kecemasan (anxiety).

4) Terjadinya Infeksi di telinga.

5) Kotoran yang menumpuk di telinga.

6) Adanya Gangguan pendengaran, sering kali disertai vertigo.

7) Penyebab lainnya, seperti cedera kepala, anemia, reaksi terhadap obat-obatan tertentu, dan sebagainya.

2. Hindari Suara Bising

Salah satu cara mengatasi telinga berdengung adalah dengan menghindari suara bising. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, suara yang terlalu keras dan berisik bisa mengakibatkan telinga berdengung. Jadi, saat mengalami telinga berdengung sebisa mungkin menepilah untuk mencari tempat yang relatif sepi dan sunyi. Atau, kalian juga bisa menggunakan alat peredam suara bising, semacam headphone. 

3. Melakukan Meditasi

Selain suara bising, stres dan gangguan kecemasan atau anxiety juga jadi salah satu penyebab telinga berdengung. Oleh karena itu, salah satu cara ampuh untuk mengatasi dan mencegah telinga berdengung adalah dengan mengusir stres. Agar tidak stres, kita harus bisa menenangkan pikiran dan juga hati. Hal tersebut bisa dilakukan melalui meditasi atau yoga.

Telinga yang berdengung terlalu sering dapat memengaruhi konsentrasi. Meditasi dan gerakan yoga akan kembali meningkatkan fokus dan menenangkan pikiran. Sebab, sebagaimana yang kita tahu, yoga merupakan gabungan antara olahraga dan meditasi. Sehingga tidak hanya menyehatkan, yoga juga dapat menenangkan.

4. Memutar Lagu-Lagu Menenangkan

Kebiasaan mendengarkan musik dengan earphone juga bisa memicu telinga berdengung. Apalagi, jika musik diperdengarkan dengan volume suara yang kencang. Namun ternyata, mendengarkan musik dengan earphone juga bisa jadi terapi cara mengatasi telinga berdengung. Asalkan, musik-musik yang diperdengarkan adalah musik yang menenangkan.

Dilansir dari tinnitus.org.uk, musik yang menenangkan akan membantu dalam melepas lelah dan stres. Dengan begitu, pikiran akan lebih tenang dan terhindar dari tinnitus atau telinga berdengung. Selain itu, mendengarkan musik menenangkan juga akan mengalihkan perhatian kita dari suara dengungan di telinga. Namun, tentu kalian harus memperhatikan volume suara musik yang diputar, jangan sampai terlalu kencang.

5. Mandi Berendam

Di samping memutar lagu-lagu menangkan, mandi berendam juga cukup efektif untuk mengusir stres penyebab telinga berdengung. Terlebih, jika mandi berendam dilakukan dengan air hangat dan ditambah taburan garam. Agar lebih rileks, kalian juga bisa menambahkan minyak esensial atau aroma terapi. Melakukan hal ini secara rutin dipercaya bisa meminimalisir telinga berdengung akibat stres.

6. Membersihkan Telinga secara Rutin

Kotoran yang menumpuk jadi salah satu penyebab telinga berdengung yang kerap diabaikan. Maka, membersihkan telinga secara rutin bisa jadi salah satu cara mengatasi telinga berdengung yang efektif. Namun, membersihkan telinga tentu harus dilakukan secara benar dan hati-hati.

Jangan sekalipun mengorek kuping dengan cotton bud, jari, atau benda lainnya karena sangat berisiko. Sebaliknya, kalian bisa menggunakan cara alami yang lebih aman. Salah satunya dengan menetes minyak zaitun sekali atau dua kali seminggu untuk mencegah penumpukan kotoran.


Itulah di antaranya beberapa penyebab dan cara mengatasi telinga yang berdengung. Jika cara-cara di atas tidak berhasil dan telinga masih terus berdengung, tidak ada salahnya untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI