5 Model Masker Kain Unik, Bisa Lindungi dari Virus Corona Covid-19 dan Tunjang Penampilan

Rabu, 22 April 2020 14:22 Penulis: Puput Saputro
5 Model Masker Kain Unik, Bisa Lindungi dari Virus Corona Covid-19 dan Tunjang Penampilan
Ilustrasi (credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Dalam masa pandemi virus corona covid-19 seperti saat ini, masker seperti menjadi bagian dari pakaian sehari-hari. Padahal, penggunaan lebih dikhususkan untuk langkah pencegahan penularan virus corona covid-19. Namun, selain untuk alasan kesehatan sekarang ini juga bermunculan model masker kain yang unik dan menarik. Sehingga, bisa menunjang penampilan.

Pemakaian masker kain memang lebih dianjurkan, sebab keberadaan masker medis atau masker bedah memang sudah mulai langka. Oleh karena itu, masker bedah lebih dikhususkan untuk para petugas medis. Sementara, masyarakat yang bukan petugas medis dan bukan penderita covid-19, lebih disarankan memakai masker kain.

Saat ini, ada banyak model masker kain di pasaran. Model masker kain itu beragam, unik, dan menarik. Tidak hanya dari bentuk atau model melainkan juga dari segi corak gambar dan warna. Berikut kapanlagi.com mencoba merangkumkan beberapa model masker kain yang ada di pasaran saat ini.

 

1. Masker Kain Motif

Model masker kain unik pertama yang dipakai banyak orang saat ini adalah masker motif. Sebenarnya jenis atau model dari masker kain kebanyakan. Hanya saja, bagian kain yang digunakan untuk menutup mulut dan hidung berupa kain dengan corak motif atau gambar yang menarik.

Saat ini banyak motif yang digunakan untuk model masker ini, mulai dari batik hingga karakter film kartun. Menariknya, masker motif atau gambar ini bisa kalian pakai dengan disesuaikan warna dan motif pakaian yang sedang kalian pakai.

Selain itu, masker motif dengan gambar lucu seperti karakter kartun juga akan sangat cocok dipakai oleh anak-anak. Dengan memakai masker model ini, anak-anak mungkin akan lebih bersemangat dan merasa nyaman saat memakai masker.

2. Masker Kain Model Scuba

Masker kain model scuba ini seolah sedang menjadi tren saat ini. Pasalnya, masker ini mempunyai model yang cukup keren. Selain itu, masker ini juga bisa menutup hampir separuh wajah bagian bawah. Masker scuba dibuat dengan kain yang dijahit dengan pola masker, tanpa tambahan tali pengait seperti kebanyakan jenis masker lainnya. Sebagai pengganti tali, bagian samping kain dilubangi untuk pengait telinga.

Masker scuba yang bisa menutup wajah bagian bawah ini akan sangat cocok jika dipakai saat berkendara motor. Sebab, kainnya yang elastis akan menutup wajah kita secara maksimal, sehingga polusi udara tidak akan terhirup lagi.

3. Masker Katun Earloop

Sesuai dengan namanya, masker kain model ini terbuat dari kain katun polos. Kain yang digunakan biasanya adalah sebanyak dua lapis. Selain agar lebih maksimal dalam menyaring udara, dua lapis kain digunakan agar masker bisa lebih mengikuti kontur wajah pemakainya.

4. Masker Kain dengan Model Lipatan

Model masker kain berikutnya adalah masker kain dengan lipatan depan. Model masker ini ditandai dengan adanya lipatan yang bergelombang dibagian depan kain yang menutup mulut dan hidung. Model masker ini sama persis dengan penampilan masker medis yang bergelombang di bagian depannya.

Biasanya, lipatan tersebut bisa terdiri atas 3 - 5 lipatan. Selain untuk estetika, lipatan pada model masker ini juga berfungsi sebagai lapisan-lapisan masker. Sehingga, tidak perlu membutuhkan beberapa lembar kain untuk membuat masker jenis ini.

5. Masker Hijab

Masker hijab sesuai dengan namanya, model ini memang didesain untuk digunakan oleh perempuan berhijab. Meski begitu, masker ini juga bisa digunakan bagi siapa saja. Bahkan, bagi laki-laki sekalipun. Sebab, pada dasarnya tidak ada yang membedakan jenis masker hijab dengan masker lain seperti masker dengan lipatan atau masker motif.

Hal yang membedakan masker hijab masker hijab dengan masker jenis lainnya terletak pada tali pengaitnya. Masker hijab dibuat dengan tali pengait yang panjang menjuntai. Sebab dengan begitu, pengguna masker ini, khususnya perempuan berhijab akan lebih mudah memakainya. Tidak perlu repot-repot mengaitkan pada telinga, melainkan tinggal mengikatkan di bagian belakang.

Nah itulah beberapa jenis model masker kain yang sedang banyak dipakai di pasaran. Kalian bisa memilih salah satu model atau beberapa jika ingin menggunakannya secara bergantian. Sebab, salah satu aturan penggunaan masker kain adalah tidak boleh dipakai secara terus-menerus dan harus rajin-rajin dicuci.

Sebaiknya jangan memilih masker kain hanya berdasarkan pada modelnya saja. Pastikan bahan masker kain lembut namun tetap bisa menyaring udara dengan baik. Di samping itu, sebaiknya juga pilih masker kain yang mempunyai beberapa lapisan, atau masker kain yang menyediakan tempat khusus untuk tisu. Yang terpenting, tidak hanya memakai kain, pastikan untuk senantiasa menerapkan pola hidup sehat.

(kpl/psp/gen)

Reporter:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI