50 Kata-Kata Psikologi yang Menyentuh Hati dan Memotivasi

Minggu, 10 Januari 2021 11:33 Penulis: Dhia Amira
50 Kata-Kata Psikologi yang Menyentuh Hati dan Memotivasi
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Psikologi adalah suatu kondisi kejiwaan mengenai perilaku dan habits manusia. Tidak hanya menjadi sebuah ilmu saja, bahkan banyak sekali kata-kata psikologi yang dapat menyentuh hati dan memotivasi kalian. Kata-kata motivasi ini bahkan menjadi salah satu yang bisa membuat seseorang termotivasi dengan baik dalam sebuah permasalahan yang mereka alami.

Psikologi menjadi salah satu ilmu baru yang sangat diminati oleh berbagai kalangan. Karena semakin kompleksnya kehidupan, dan menjadikan ilmu psikologi sangat penting dalam menjawab setiap permasalahan yang dialami oleh manusia. Bahkan saat ini banyak sekali dokter psikologi yang membantu orang-orang dalam permasalahan mereka.

Saat ini memang kesehatan mental sangat penting untuk dijaga, serta membutuhkan ilmu psikologi dalam manajemen pola pikir dan perilaku manusia di kehidupan sehari-hari. Sudah banyak sekali para tokoh yang yang mengeluarkan teori-teori seputar psikologi. Dan ini dijadikan sebagai landasan dalam menentukan perilaku manusia sesuai diagnosis.

Bagi kalian yang membutuhkan kata-kata psikologi untuk memotivasi hidup. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini 50 kata-kata psikologi yang bisa memotivasi kalian. Yuk langsung saja dicek KLovers.

 

 

1. Kata-kata Psikologi Para Tokoh

Kata-kata psikologi yang pertama yaitu datang dari para tokoh dan pakar yang ahli dalam psikologi. Dan berikut ini beberapa kata-kata psikologi dari para tokoh dan pakar ilmu psikologi.

  1. Kehidupan yang baik adalah sebuah proses, bukan suatu keadaan yang ada dengan sendirinya. Kehidupan itu sendiri adalah arah, bukan tujuan. - Carl Rogers
  2. Jika Anda tidak pernah mengeluarkan potensi Anda sesungguhnya, Anda akan tidak bahagia seumur hidup Anda. - Abraham H. Maslow
  3. Jika satu-satunya alat yang Anda miliki hanyalah palu, Anda cenderung akan melihat setiap permasalahan sebagai paku. - Abraham H. Maslow
  4. Kreativitas membutuhkan keberanian untuk melepaskan kepastian. - Erich Fromm
  5. Aku telah mencapai sebuah kesimpulan yang menakutkan bahwa aku
  6. adalah unsur penentu di dalam kelas. - Haim Ginott
  7. Di masa lalu, pemimpin adalah bos. Namun kini, pemimpin harus menjadi partner bagi mereka yang dipimpin. Pemimpin tak lagi bisa memimpin hanya berdasarkan kekuasaan struktural belaka. - Erich Fromm
  8. Seseorang bisa bergerak mundur dan nyaman, atau maju terus dan bertumbuh. - Abraham H. Maslow
  9. Perasaan pantas dapat tumbuh subur pada situasi di mana perbedaan individu dihargai, kesalahan ditolerir, komunikasi terbuka, aturan fleksibel. Jenis situasi ini hanya ditemukan pada keluarga yang bahagia. - Virginia Satir
  10. Bagaimana kita menjaga api batin kita hidup? Dua hal, minimal, diperlukan: kemampuan untuk menghargai positif dalam hidup kita dan komitmen untuk bertindak. Setiap hari, penting untuk bertanya dan menjawab pertanyaan-pertanyaan ini: "Apa yang baik dalam hidup saya?" Dan "Apa yang perlu dilakukan? - Nathaniel Branden
  11. Bersatu dengan orang lain adalah kebutuhan terdalam dari setiap manusia. - Erich Fromm
  12. Kepercayaan akan diri sendiri adalah rahasia utama untuk sukses. - Carl Rogers
  13. Orang egois tidak mampu mencintai orang lain, mereka juga tidak mampu mencintai diri mereka sendiri. - Erich Fromm
  14. Objektivitas yang disegani adalah gairah, untuk yang nyata dan untuk kebenaran. - Abraham H. Maslow
  15. Memasak adalah sama dengan bercinta. Kegembiraan hanya timbul pada suatu saat, dan sesudah itu hanya tinggal kenangan manis. - Lucien Arréat
  16. Orang yang selalu menuntut kesetaraan sangat dekat untuk menerima perbudakan. - Gustave le Bon

2. Kata-kata Psikologi Cinta

Kemudian kata-kata psikologi yang selanjutnya yaitu yang memiliki unsur cinta. Dan berikut ini beberapa kata-kata psikologi tentang cinta.

  1. Cinta yang tak dewasa: 'Aku mencintaimu karena aku membutuhkanmu'. Cinta yang dewasa: 'Aku membutuhkanmu karena aku mencintaimu'. - Erich Fromm
  2. Kalau mencintai orang lain membuat kita sakit, terus apa yang harus diperjuangkan lagi?
  3. Jangan sampai cinta yang kita miliki, memberikan kemunduran terhadap masa depan kita. Kamu harus bijak memilih antara masa depan dengan kehidupan percintaanmu.
  4. Cinta memang kompleks, ada yang berstatus tapi tidak saling mencintai, namun ada juga yang saling mencinta namun tak bisa bersama.
  5. Suatu hubungan percintaan yang sehat dibangun dengan rasa kepercayaan. Tanpa adanya rasa percaya, maka akan timbul kecurigaan yang menimbulkan konflik tak berkesudahan.
  6. Terkadang cinta itu datang di luar nalar, oleh karena itu orang yang sedang jatuh cinta tidak akan memiliki logika.
  7. Cinta merupakan suatu perasaan yang menjadi titipan, Oleh karena itu ini menjadi suatu tanggung jawab kita untuk mendidik dan mengendalikannya.
  8. Apakah kamu tahu bahwa cinta itu memang abstrak, semua orang bisa membicarakannya namun sedikit sekali yang benar-benar bisa melihatnya.
  9. Orang-orang yang sedang jatuh cinta, memiliki kondisi psikologis berwarna. Sampai terkadang mereka juga lupa bahwa cinta bisa memberikan keterpurukan.
  10. Saat kamu memutuskan untuk melabuhkan cintamu kepada seseorang, maka kamu juga harus membuka kemungkinan bahwa cinta tersebut akan berbalik menyakitimu.
  11. Pada dasarnya Cinta Harus Memiliki, akan ada banyak sekali kesakitan yang kamu terima apabila mencintai tanpa memiliki.
  12. Cinta adalah kekuatan yang mampu meleburkan penghalang yang memisahkan manusia dengan sesamanya. - Erich Fromm
  13. Semua cinta tidak sama. Cinta keluarga berbeda dengan cinta spiritual, cinta persahabatan, dan cinta romantis. Intensitas dan perasaan cinta mungkin berbeda, tetapi seharusnya selalu ada. - Erich Fromm
  14. Bukti paling nyata dari cinta adalah kepercayaan. - Joyce Brothers
  15. Cinta adalah suatu proses aktualisasi diri yang bisa membuat orang melahirkan tindakan-tindakan produktif dan kreatif. Dengan cinta, seseorang menyadari bahwa ia akan mendapatkan kebahagiaan bila mampu membahagiakan orang yang dicintainya. Timbulnya kebahagiaan itu pada gilirannya menghendaki tindakan-tindakan seperti perlindungan, perhatian, tanggung jawab, dan pengetahuan. - Abraham H. Maslow

3. Kata-kata Psikologi Kehidupan

Ilmu psikologi muncul terjadi karena adanya kehidupan yang dijalani oleh orang-orang. Dan berikut ini beberapa kata-kata psikologi tentang kehidupan yang memotivasi.

  1. Sekaya apapun kamu dan sebanyak apapun harta mu, yang namanya kondisi psikologis yang sehat tidak akan kamu dapatkan apabila kamu terus memiliki pola pikir yang negatif.
  2. Kesehatan mental dan psikologis sangat mahal harganya. Kamu bisa menikmati hidup dengan bahagia apabila sudah memiliki kondisi psikologis yang sehat.
  3. Banyak orang yang malu untuk menangis, padahal dengan menangis kamu bisa memperbaiki kondisi psikologis menjadi lebih baik.
  4. Terkadang walaupun kamu menjadi orang pintar, memiliki nama besar dan kedudukan tinggi. Akan tetapi kamu tetap anak kecil bagi orangtua mu. Sehingga Jangan pernah mendebat mereka yang pernah mengajari mu berbicara.
  5. Orang-orang terkadang sibuk untuk mencari tahu bagaimana cara untuk menyayangi orang sekitarnya. Padahal yang terpenting pertama adalah bagaimana cara menyayangi diri sendiri.
  6. Kehidupan punya caranya sendiri untuk menjawab setiap pertanyaan-pertanyaan sulit dari orang, tentang ke mana kita akan berakhir setelah ini.
  7. Setiap orang tentunya memiliki jalan kehidupan yang berbeda, bahkan untuk dua orang kembar sekalipun mereka masih memiliki kesuksesan yang berbeda pula.
  8. Kamu bisa mendapatkan inspirasi dari kehidupan orang sukses, namun pada akhirnya kamu sendirilah yang menentukan ke mana arah kehidupanmu berlangsung.
  9. Yang perlu kamu lakukan adalah hanya mencontoh semangat juang dan sisi positif dari orang-orang yang sukses, kemudian mengaplikasikannya dalam kehidupanmu sendiri.
  10. Walaupun terkadang rasa menyerah ingin muncul, Ingatlah bahwa kamu memiliki tanggung jawab dalam kehidupan yang harus diperjuangkan.
  11. Kehidupan memang menjadi sesuatu yang penuh misteri. Tentang bagaimana kita akan menjadi di Sosok di masa depan. Namun yang pasti itu semua akan ditentukan dari sekarang.

4. Kata-kata Psikologi Wanita

Dan kata-kata psikologi yang terakhir yaitu tentang wanita. Dan berikut ini beberapa kata-kata psikologi tentang wanita.

  1. Segala sesuatu yang berharga akan selalu tertutupi. Seorang wanita juga sebenarnya adalah aurat, ibarat mutiara yang berada di dalam cangkangnya yang tidak akan mudah untuk dibuka.
  2. Wanita akan berharga apabila dia mengerti nilai dari dirinya.
  3. Jadilah seperti berlian, berharga dan langka. Tidak seperti batu yang bisa ditemukan dimana-mana.
  4. Wanita diciptakan dari tulang rusuk pria untuk berada di sampingnya. Tidak diciptakan dari kepalanya untuk berada di atas. Atau dari kaki agar bisa diinjak. Tetapi dari bawah lengan untuk dilindungi.
  5. Terbesar dari wanita baik-baik adalah mencintai lelaki yang tidak baik. Tegaslah untuk menolak lelaki yang tidak baik itu
  6. Hati seorang wanita sebenarnya tidak serapuh kaca. Mereka kuat, dan tahu untuk menempatkan perasaan secara lebih efektif.
  7. Adapun kecantikan tertinggi dari seorang wanita adalah kualitas kepribadiannya. Bagaimana dia memanajemen pola pikir supaya tetap positif dan visioner.
  8. Perempuan adalah perhiasan yang harus dijaga. Selayaknya perhiasan, dia harus mengetahui bahwa dirinya adalah berharga dan tidak untuk sembarangan.
  9. Perempuan jenius adalah mereka yang selalu memiliki pola pikir bebas, kreatif dan inovatif serta mampu menjawab setiap tantangan.
  10. Perempuan diciptakan untuk menuntut, sementara lelaki tugasnya adalah menuntun.
Itulah 50 kata-kata psikologi yang memotivasi dalam kehidupan kalian. Tidak hanya kata-kata psikologi tentang kehidupan saja, namun kata-kata di atas juga ada tentang wanita dan cinta.

 

 

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI