57 Kata Kata Santri Bijak dan Menginspirasi, Penuh Makna Tentang Kehidupan

Selasa, 08 Desember 2020 12:26 Penulis: Nurul Wahida
57 Kata Kata Santri Bijak dan Menginspirasi, Penuh Makna Tentang Kehidupan
Kata kata santri (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Kehidupan pesantren terkadang memberi beragam pelajaran dan makna yang sangat menginspirasi. Sebab selain mendapatkan sebuah ilmu, dunia pesantren juga mengajarkan mengenai makna hidup mandiri, penuh toleransi dan kerja sama. Sejumlah kata-kata santri bijak bahkan bisa mendorong semangat dan motivasi kalian untuk tetap bangkit serta tidak putus asa.

Mendapatkan ilmu tak hanya dapat diperoleh melalui pendidikan sekolah seperti pada umumnya melainkan juga bisa didapat lewat dunia pesantren. Berkaitan dengan dunia pesantren biasanya para santri akan diberi bekal ilmu agama, ilmu umum, serta ilmu kehidupan yang begitu berkesan.

Sebab saat masuk pesantren seorang santri akan diajarkan mengenai kehidupan yang mandiri, bertanggung jawab, memanfaatkan waktu dengan baik serta menghargai satu sama lain. Tak heran apabila kata-kata santri bisa menjadi inspirasi untuk kalian dalam menjalani hidup dengan beragam pelajaran dan penuh makna.

Sejumlah kata-kata santri bijak mudah dijumpai melalui akun sosial media yang dapat menjadi dorongan semangat meraih tujuan. Meski bukan santri kalian juga bisa membaca dan mengunggah kata kata santri bijak yang bisa memberi motivasi untuk orang terdekat kalian.

Adapun kata-kata santri bijak tersebut terdapat dalam sejumlah poin di bawah ini. Berikut kata-kata santri bijak yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Kata Kata Santri Bijak

Seperti diketahui sebelumnya santri merupakan sebutan untuk seseorang yang tengah mengenyam pendidikan pesantren. Santri umumnya tinggal di pesantren dalam waktu tertentu untuk menyelesaikan masa pendidikannya dan hidup jauh dari keluarga agar lebih mandiri. Tak jarang kata-kata santri bisa memberi inspirasi dengan beragam persoalan mengenai pengalamannya saat di pesantren. Adapun kata-kata santri bijak tersebut sebagai berikut.

Kata kata santri bijak:

1. Teruslah berdoa dan memohon kepada Allah, karena doa yang kau panjatkan pasti akan membuahkan hasil yang memuaskan.

2. Belajarlah dari kehidupan. Berusaha untuk masa depan. Berdo'a kepada yang Maha menentukan.

3. Bahagia bukan milik dia yang hebat dalam segalanya, namun dia yang mampu temukan hal sederhana dalam hidupnya dan tetap bersyukur.

4. Segera laksanakan rencana keberhasilanmu di hari ini, jangan tunda lagi, jangan buang waktu, karena waktu tidak bisa menunggu.

5. Sujud Tidak Pernah, ibadah sangat malas, sholat absen melulu, pas lagi kena musibah bilangnya, aku lagi di uji nih. Siapa yang nguji? Sekolah kagak, mau ngikut ulangan?

6. Tidak perlu lagi ada yang mengajarkan kepada kami arti kebersamaan, sebab kata itu sudah tertanam dalam diri kami.

7. Kebersamaan tidak bisa diukur dengan banyak atau sedikitnya makanan, melainkan diukur dari banyaknya yang berebut makanan itu.

8. Tiga manusia tidak akan dilawan kecuali oleh orang yang hina, orang yang berilmu yang mengamalkan ilmunya, orang cerdas cendikia dan imam yang adil.

9. Bila ingin mendapat sesuatu, belajarlah dengan memberi, bila ingin kebahagiaan, berikanlah kebahagiaan itu kepada orang lain.

10. Ketika kita belajar memberi, kita belajar ketulusan dan ketika kita gagal kita belajar kesabaran.

11. Jika orang dapat empat hal, ia dapat kebaikan dunia akhirat. Hati yang bersyukur, lidah yang berzikir, badan yang tabah pada cobaan, dan pasangan yang setia menjaga dirinya dan hartanya.

12. Kesuksesan hidup itu apabila kehadiran kita mampu memberikan manfaat kepada banyak orang, tidak terus menerus egois memikirkan ambisi diri sendiri.

13. Ketika beban terasa berat. Ingatlah kepada Sang Pemberi Rahmat. Segerakan sholat agar kamu kembali bersemangat.

14. Jangan takut menjadi tua, karena semua pasti akan menua. Takutlah untuk menjadi tak dewasa, karena kedewasaan merupakan sikap yang menjadi jalan menuju kebahagiaan dan kemuliaan.

15. Jangan resah andai ada yang membencimu karena masih ramai yang mencintaimu di dunia. Tetapi resahlah andai Allah SWT membencimu karena tiada lagi yang mencintaimu di akhirat.

16. Belajarlah dari kehidupan. Berusaha untuk masa depan. Berdoa kepada yang Maha Menentukan.

17. Ketika kita belajar memberi, kita belajar ketulusan dan ketika kita gagal kita belajar kesabaran.

18. Ya Allah, jagalah selalu kedua orang tuaku, berikan mereka tubuh yang sehat, serta berkahilah segala amal mereka.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2. Kata Kata Santri Penuh Makna

Sejumlah kata-kata santri penuh makna seperti terdapat dalam beberapa poin di bawah ini juga bisa membuat kalian jadi termotivasi bangkit. Adapun kata-kata santri penuh makna sebagai berikut dapat kalian renungkan kembali.

Kata kata santri penuh makna:

19. Jangan hanya melihat wajahnya, karena itu bisa menipu. Jangan hanya melihat hartanya, karena itu bisa habis.

20. Sukses tak akan datang bagi mereka yang hanya menunggu tak berbuat apa-apa, tapi bagi mereka yang selalu berusaha wujudkan mimpinya.

21. Saat kita menatap ke belakang sesungguhnya kita telah tertinggal dengan orang yang merangkak ke depan. Sesungguhnya masa lalu adalah guru bagi kita untuk menatap dan membangun masa depan.

22. Sekecil apapun peranmu dalam berdakwah besar dampaknya bagi ummah.

23. Wahai jiwaku, sabarlah jangan bergejolak. Sebab apa yang ditentukan Allah pasti akan terjadi.

24. Kami santri, tidak tahu apa itu individualis karena kami diajarkan bersama dan agamis.

25. Jika kamu punya teman satu nampan, sesungguhnya dia itulah teman yang lebih mengasyikkan daripada orang lain yang mengajak makan di restoran.

26. Orang yang niat belajar, apa pun akan jadi pelajaran. Tapi orang yang tidak niat belajar, sedang belajar pun tidak akan jadi pelajaran.

27. Pesantren mengajarkan tentang bagaimana caranya bersabar, contohnya seperti bersabar giliran mandi karena antrian yang sangat panjang.

28. Tidak perlu lagi ada yang mengajarkan kepada kami arti kebersamaan, sebab kata itu sudah tertanam dalam diri kami.

29. Santri bukan mondok saja namun siapapun yang berakhlak seperti santri dialah santri.

30. Lulusan pesantren tidak cuma bisa jadi guru ngaji ataupun kyai! Tapi, juga bisa menjadi kalangan berdasi dan pengusaha yang mandiri.

31. Kehilangan sandal di masjid hanyalah persoalan kecil, persoalan yang lebih serius adalah di saat sandal kita tidak pernah berada di masjid.

32. Jangan mudah berprasangka buruk agar hatimu tidak gelap dan sengsara. - K.H Maimun Zubair

33. Hidup di akhir zaman ini, jalan menuju Allah yang paling selamat ialah dengan memperbanyak sholawat. - K.H Muhammad Zaini 'Abdul Ghani

34. Kamu tidak bisa disebut kalah sampai kamu benar-benar menyerah.

35. Terluka adalah tempat di mana cahaya masuk jiwamu. - Jalaluddin Rumi

36. Jangan bingung besok akan jadi apa yang penting belajar yang giat. - K.H Maimun Zubair

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3. Kata Kata Santri Tentang Perasaan

Kata-kata santri tentang perasaan ini juga bisa menjadi inspirasi terkait hubungan dengan teman, pasangan ataupun kehidupan lainnya. Adapun kata-kata santri tentang perasaan sebagai berikut.

Kata kata santri tentang perasaan:

37. Cinta itu melibatkan dua belah pihak dan disertai kejujuran dan amanah. Jika tidak, maka cinta hanyalah khayalan.

38. Aku akan selalu mencintaimu walaupun penantian itu begitu lama, jika engkau memang bukan takdirku, maka aku bahagia telah memilihmu.

39. Pada saat dirimu mencintai seseorang tanpa sebab, saat itu pula yakinlah bahwa seribu sebab sekalipun tidak akan bisa mencabutnya dari hatimu.

40. Jika jarak yang jauh tidak menambah rasa cintamu, berarti engkau memang belum mencintainya.

41. Berhenti berusaha tuk jadi yang sempurna. Temukan dia yang tahu semua kelemahanmu tapi tetap ingin menjadi bagian hidupmu.

42. Jika santri putri mencari santri putra yang berdasi lalu apalah daya, karena kami hanya santri penabuh terbang yang berpeci.

43. Tidak mengapa mundur selangkah, asal jangan menyerah.

44. Kalaulah aku kumpulkan saat-saat gembira dalam hidupku, semuanya tidak akan dapat menyamai indahnya waktu yang aku habiskan denganmu.

45. Biarlah ku berbicara padanya dengan secarik kertas dan tarian penaku ini, barangkali ia mau menerima cintaku dengan tanpa penyesalan.

46. Bukan maksud hatiku berpisah denganmu, akan tetapi kehendak Allah di atas semua maksudku.

47. Aku ingin mencintaimu dengan sederhana, halal.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4. Kata Kata Santri Tentang Kehidupan

Kata-kata santri tentang kehidupan ini banyak memberi pelajaran berharga yang dapat diperoleh. Adapun kata kata santri tentang kehidupan sebagai berikut bisa kalian ambil hikmah di dalamnya.

Kata kata santri tentang kehidupan:

48. Jika tanganmu pendek untuk membalas kebaikan seseorang, maka panjangkanlah lisanmu untuk selalu mendoakannya. - Al-Habib Ali Al-Jurfi

49. Menyesali nasib tidak akan mengubah keadaan. Terus berkarya dan bekerjalah yang membuat kira berharga. - K.H Abdurrahman Wahid

50. Kata-kata yang lemah dan beradab dapat melembutkan hati dan manusia yang keras. - Buya Hamka

51. Seorang terpelajar harus berbuat adil sejak dalam pikiran.

52. Bahagia itu sederhana, ketika masih dapat memberikan manfaat.

53. Diamlah ketika bekerja keras, biarkan suksesmu yang bicara.

54. Sebaik-baik sahabat adalah yang menunjukkanmu kepada kebenaran.

55. Ketika berdoa jangan minta ujian yang ringan, tapi mintalah dirimu agar kuat.

56. Orang bodoh mengira tempat ibadahnya hanya seluas sajadah.

57. Bila kamu tak tahan lelahnya belajar, maka kamu harus tahan menanggung kebodohan. - Imam Syafi'i

Nah itulah kata-kata santri bijak dan menginspirasi, penuh makna tentang kehidupan. Tentunya dengan membaca sejumlah kata dari santri tentang kehidupan bisa menjadi inspirasi buat kalian agar tetap bangkit dan semangat menjalani hidup.

Sumber: liputan6.com, bola.com, brilio.net, @katasantri

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI