6 Manfaat Kulit Pisang untuk Kecantikan, Merawat Rambut - Kulit Berjerawat

Penulis: Dhia Amira

Diterbitkan:

6 Manfaat Kulit Pisang untuk Kecantikan, Merawat Rambut - Kulit Berjerawat
Manfaat buah pisang (credit: Pixabay)

Kapanlagi.com - Pisang merupakan salah satu buah yang dapat dengan mudah kita temukan di Indonesia. Pisang juga merupakan salah satu buah yang dapat meredakan rasa lapar serta menurunkan asam lambung. Selain buahnya yang memiliki banyak manfaat, ternyata kulit dari pisang juga memiliki banyak manfaat loh. Salah satu manfaat kulit pisang untuk kecantikan tubuh kita. Jadi selain dapat mengonsumsi buahnya, kulit dari pisang juga bisa dikonsumsi dengan baik untuk kecantikan.

Selain itu juga di dalam kulit pisang terdapat banyak sekali kandungan vitamin, untuk itulah mengapa kulit pisang dapat dimanfaatkan sebagai bahan alami kecantikan. Untuk itu dilansir dari berbagai sumber, inilah 6 manfaat kulit pisang yang baik bagi kecantikan yang wajib kalian ketahui.

 

1. Memutihkan Gigi

Gigi putih merupakan salah satu bentuk kecantikan yang dapat kita lakukan, karena gigi yang kuning juga bisa membuat kepercayaan diri berkurang. Dan agar kalian bisa mendapatkan gigi putih secara alami maka kalian bisa menggunakan kulit pisang. Karena di dalam kulit pisang terdapat kandungan kalium, magnesium, dan mangan yang mampu menghilangkan noda pada gigi serta dapat memutihkan gigi.

Cara menggunakannya pun cukup mudah yaitu, kalian hanya perlu menggosokkan bagian dalam kulit pisang pada gigi selama 1 menit. Lakukan hal tersebut secara rutin agar mendapatkan gigi putih yang kalian inginkan secara alami. Dan tentu saja tidak akan menimbulkan efek samping apapun, karena pisang merupakan bahan alami.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Merawat Rambut Kering

Manfaat kulit pisang yang selanjutnya yaitu dapat merawat rambut yang kering. Bila kalian memiliki rambut kering, maka kalian bisa menggunakan kulit pisang sebagai cara alami untuk mengatasinya. Hal tersebut karena di dalam kulit pisang terdapat kandungan yang dipercaya dapat melembabkan rambut yang kering. Selain itu rambut yang rusak akibat sering di warnai juga bisa kalian atasi dengan memanfaatkan kulit pisang.

Cara menggunakannya juga cukup mudah. Kalian hanya perlu mencuci kulit pisang dan buang ujungnya, setelah itu blender hingga halus seperti pasta. Bisa kalian beri air atau campuran minyak zaitun agar mudah untuk dihaluskan. Bila sudah, oleskan kulit pisang pada rambut kalian seperti menggunakan hair mask dan biarkan selama 30 menit. Kemudian bilas dengan menggunakan air bersih.

3. Menghilangkan Jerawat

Selain merawat rambut, manfaat kulit pisang selanjutnya yaitu dapat menghilangkan jerawat berlebih secara alami. Hal tersebut karena di dalam kulit pisang terdapat kandungan ektin dan seng yang merupakan zat anti bakteri. Dalam 2 zat tersebut semuanya ampuh menyembuhkan jerawat berlebih dan menghilangkan bekas jerawat. Selain menyembuhkan, kulit pisang juga mampu menghentikan pertumbuhan jerawat baru pada kulit yang sensitif.

Cara menggunakannya cukup mudah, kalian hanya perlu mengambil kulit pisang yang bersih. Lalu usapkan secara perlahan pada bagian dalam kulit wajah yang sudah dicuci bersih. Lakukan hal tersebut selama 5 menit dan setelah itu bilas dengan air bersih.

4. Melembabkan Kulit

Selain dapat melembabkan rambut yang kering, manfaat kulit pisang selanjutnya yaitu dapat melembabkan kulit wajah. Bila kalian memiliki kulit wajah yang kering, maka kalian bisa menggunakan kulit pisang sebagai cara alami mengatasinya. Karena di dalam kulit pisang mengandung nutrisi untuk melembabkan, jadi kalian bisa menggunakan kulit pisang untuk kecantikan kulit secara alami.

Cara menggunakannya cukup mudah, kalian hanya perlu menghaluskan kulit pisang dengan kuning telur. Setelah berbentuk pasta, oleskan pada wajah menggunakan kuas seperti kalian menggunakan masker. Setelah dioleskan, diamkan pasta kulit pisang tersebut selama 7 menit. Bila sudah bisa kalian cuci bersih menggunakan air.

5. Mencegah dan mengurangi Keriput

Manfaat kulit pisang yang selanjutnya yaitu dapat mencegah dan mengurangi keriput pada wajah. Hal ini karena di dalam kulit pisang terdapat kandungan antioksidan yang dapat melancarkan peredaran darah di wajah, sehingga wajah terhindar dari zat-zat berbahaya yang membuat kulit menjadi keriput. Jadi bila kalian ingin mengurangi atau mencegah keriput secara alami bisa menggunakan kulit pisang.

Cara menggunakannya cukup mudah, kalian hanya perlu membersihkan kulit pisang dan buang ujungnya. Lalu blender kulit pisang bersama dengan menggunakan madu. Bila sudah berbentuk seperti pasta, bisa langsung kalian oleskan pada wajah yang bersih seperti menggunakan masker. Setelah itu diamkan selama 5 menit dan bilas menggunakan air bersih. Lakukan hal ini minimal 2 kali dalam seminggu agar mendapatkan hasil yang maksimal.

6. Menghilangkan Lingkar Mata

Dan manfaat kulit pisang yang terakhir yaitu dapat menghilangkan lingkar mata yang hitam. Hal tersebut karena, di dalam kulit pisang terdapat kandungan vitamin C yang banyak sehingga dapat menghilangkan bintik hitam dan lingkar mata di wajah kalian. Jadi bila kalian ingin membuat lingkar mata yang hitam menghilang secara alami, kalian bisa menggunakan kulit pisang.

Cara menggunakannya cukup mudah yaitu, ambil bagian dalam kulit pisang menggunakan sendok. Lalu campurkan dengan lidah buaya dan aduk hingga merata. Bila sudah oleskan pada bawah mata dan diamkan selama 15 menit. Kemudian menggunakan air bersih.

Itulah 6 manfaat kulit pisang untuk kecantikan yang dapat kalian lakukan di rumah. Lakukan hal tersebut secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal. Selamat mencoba.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending