Jangan Dibuang, Ini 10 Manfaat Kulit Pisang Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Minggu, 15 November 2020 11:33 Penulis: Dhia Amira
Jangan Dibuang, Ini 10 Manfaat Kulit Pisang Bagi Kesehatan dan Kecantikan
Manfaat kulit pisang (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Pisang merupakan salah satu buah yang dapat dengan mudah kita temukan di Indonesia. Pisang juga merupakan salah satu buah yang dapat meredakan rasa lapar serta menurunkan asam lambung. Selain buahnya yang memiliki banyak manfaat, ternyata kulit dari pisang juga memiliki banyak manfaat loh. Salah satu manfaat kulit pisang yaitu untuk kecantikan tubuh.

Jadi selain dapat mengonsumsi buahnya, kulit dari pisang juga bisa dikonsumsi dengan baik untuk kecantikan dan kesehatan tubuh. Selain itu juga di dalam kulit pisang terdapat banyak sekali kandungan vitamin, yang sangat baik bagi tubuh. Bahkan kandungan nutrisi dalam kulit pisang juga nggak kalah loh dari buah pisangnya.

Tapi kira-kira apa saja ya manfaat kulit pisang bagi kesehatan dan kecantikan tubuh? Untuk itu dilansir dari berbagai sumber, inilah 10 manfaat kulit pisang yang baik bagi kesehatan dan kecantikan yang wajib kalian ketahui.

 

1. Memutihkan Gigi

Gigi putih merupakan salah satu bentuk kecantikan yang dapat kita lakukan, karena gigi yang kuning juga bisa membuat kepercayaan diri berkurang. Dan agar kalian bisa mendapatkan gigi putih secara alami maka kalian bisa menggunakan kulit pisang.

Karena di dalam kulit pisang terdapat kandungan kalium, magnesium, dan mangan yang mampu menghilangkan noda pada gigi serta dapat memutihkan gigi. Cara menggunakannya pun cukup mudah yaitu, kalian hanya perlu menggosokkan bagian dalam kulit pisang pada gigi selama 1 menit.

Lakukan hal tersebut secara rutin agar mendapatkan gigi putih yang kalian inginkan secara alami. Dan tentu saja tidak akan menimbulkan efek samping apapun, karena pisang merupakan bahan alami.

 

2. Menurunkan Kolesterol

Selain memutihkan gigi, manfaat kulit pisang yang lainnya yaitu dapat menurunkan kolesterol di dalam tubuh. Buah pisang memang mampu menurunkan kolesterol, dan ternyata kulit pisang juga mampu melakukan hal tersebut loh KLovers.

Hal ini karena kulit pisang memiliki kadar serat yang cukup tinggi dan serat yang tinggi pada makanan bisa menurunkan kolesterol dalam tubuh. Kalian bisa mengonsumsi jus kulit pisang dengan menambahkan madu agar memiliki rasa manis. Selain itu kalian bisa mengonsumsi kulit pisang secara rutin dan tidak dengan takaran yang berlebihan ya KLovers.

 

3. Merawat Rambut Kering

Manfaat kulit pisang yang selanjutnya yaitu dapat merawat rambut yang kering. Bila kalian memiliki rambut kering, maka kalian bisa menggunakan kulit pisang sebagai cara alami untuk mengatasinya.

Hal tersebut karena di dalam kulit pisang terdapat kandungan yang dipercaya dapat melembabkan rambut yang kering. Selain itu rambut yang rusak akibat sering di warnai juga bisa kalian atasi dengan memanfaatkan kulit pisang.

Cara menggunakannya juga cukup mudah. Kalian hanya perlu mencuci kulit pisang dan buang ujungnya, setelah itu blender hingga halus seperti pasta. Bisa kalian beri air atau campuran minyak zaitun agar mudah untuk dihaluskan. Bila sudah, oleskan kulit pisang pada rambut kalian seperti menggunakan hair mask dan biarkan selama 30 menit. Kemudian bilas dengan menggunakan air bersih.

 

4. Mencegah Kanker

Kanker menjadi salah satu penyakit yang juga berbahaya dan memiliki tingkat kematian yang tinggi bagi penderita di seluruh dunia. Kanker bisa terjadi pada siapapun, bahkan pada anak-anak sekalipun. Namun jangan khawatir KLovers, nyatanya kalian bisa kok mencegah risiko kanker dengan menggunakan manfaat kulit pisang.

Yup! Manfaat lain dari kulit pisang untuk kesehatan adalah mencegah kanker, Hal ini karena di dalam kulit pisang kaya akan antioksidan dan terdiri dari senyawa yang melindungi sel dari ancaman mutasi, yang bisa menyebabkan tumor dan kanker.

Namun hal ini masih perlu adanya penelitian lebih lanjut akan manfaat kulit pisang untuk mencegah kanker dan tumor. Jadi bila kalian ingin menggunakan manfaat kulit pisang dalam mencegah risiko kanker atau tumor, maka kalian bisa berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter.

 

5. Menghilangkan Jerawat

Selain mengurangi risiko kanker yang berbahaya, manfaat kulit pisang selanjutnya yaitu dapat menghilangkan jerawat berlebih secara alami. Hal tersebut karena di dalam kulit pisang terdapat kandungan ektin dan seng yang merupakan zat anti bakteri. Dalam 2 zat tersebut semuanya ampuh menyembuhkan jerawat berlebih dan menghilangkan bekas jerawat.

Selain menyembuhkan, kulit pisang juga mampu menghentikan pertumbuhan jerawat baru pada kulit yang sensitif. Cara menggunakannya cukup mudah, kalian hanya perlu mengambil kulit pisang yang bersih. Lalu usapkan secara perlahan pada bagian dalam kulit wajah yang sudah dicuci bersih. Lakukan hal tersebut selama 5 menit dan setelah itu bilas dengan air bersih.

 

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan di dalam tubuh memang menjadi salah satu hal yang penting. Dan bila sistem kekebalan tubuh tersebut menurun, maka akan membuat tubuh terkena penyakit. Sehingga kalian perlu melakukan pola hidup sehat, salah satunya yaitu dengan mengonsumsi makanan sehat.

Dan nyatanya kulit pisang menjadi salah satu makanan sehat yang dapat meningkatkan sistem kekebalan di dalam tubuh. Itu karena kandungan serat yang tinggi pada kulit pisang bisa membantu menciptakan bakteri probiotik di usus besar.

Hal ini akan menyebabkan proses detoksifikasi tubuh berjalan lebih lancar dan membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih baik. Sehingga kalian akan terhindar dari berbagai macam ancaman radikal bebas yang dapat menyerang sistem imun di dalam tubuh.

 

7. Melembabkan Kulit

Memiliki kulit wajah yang kering memang sangat mengganggu penampilan. Bahkan kulit wajah yang terlalu kering juga mampu membuat kita terkena penuaan dini. Sehingga bila kalian memiliki kulit wajah yang kering, maka kalian bisa menggunakan kulit pisang sebagai cara alami mengatasinya.

Karena di dalam kulit pisang mengandung nutrisi untuk melembabkan, jadi kalian bisa menggunakan kulit pisang untuk kecantikan kulit secara alami. Cara menggunakannya cukup mudah, kalian hanya perlu menghaluskan kulit pisang dengan kuning telur.

Setelah berbentuk pasta, oleskan pada wajah menggunakan kuas seperti kalian menggunakan masker. Setelah dioleskan, diamkan pasta kulit pisang tersebut selama 7 menit. Bila sudah bisa kalian cuci bersih menggunakan air.

 

8. Pembentukan Otot

Bukan hanya buah pisang saja yang dapat membantu dalam pembentukan otot, nyatanya kulit pisang juga mampu melakukan pembentukan otot pada tubuh. Hal ini karena kandungan kalium dan elektrolit dalam kulit pisang ternyata bisa memberikan kontribusi yang baik pada pembentukan otot, metabolisme karbohidrat, dan mengatur asam basa di tubuh manusia.

 

9. Mencegah dan mengurangi Keriput

Manfaat kulit pisang yang selanjutnya yaitu dapat mencegah dan mengurangi keriput pada wajah. Hal ini karena di dalam kulit pisang terdapat kandungan antioksidan yang dapat melancarkan peredaran darah di wajah, sehingga wajah terhindar dari zat-zat berbahaya yang membuat kulit menjadi keriput.

Jadi bila kalian ingin mengurangi atau mencegah keriput secara alami bisa menggunakan kulit pisang. Cara menggunakannya cukup mudah, kalian hanya perlu membersihkan kulit pisang dan buang ujungnya. Lalu blender kulit pisang bersama dengan menggunakan madu.

Bila sudah berbentuk seperti pasta, bisa langsung kalian oleskan pada wajah yang bersih seperti menggunakan masker. Setelah itu diamkan selama 5 menit dan bilas menggunakan air bersih. Lakukan hal ini minimal 2 kali dalam seminggu agar mendapatkan hasil yang maksimal.

 

10. Menghilangkan Lingkar Mata

Dan manfaat kulit pisang yang terakhir yaitu dapat menghilangkan lingkar mata yang hitam. Hal tersebut karena, di dalam kulit pisang terdapat kandungan vitamin C yang banyak sehingga dapat menghilangkan bintik hitam dan lingkar mata di wajah kalian.

Jadi bila kalian ingin membuat lingkar mata yang hitam menghilang secara alami, kalian bisa menggunakan kulit pisang. Cara menggunakannya cukup mudah yaitu, ambil bagian dalam kulit pisang menggunakan sendok. Lalu campurkan dengan lidah buaya dan aduk hingga merata. Bila sudah oleskan pada bawah mata dan diamkan selama 15 menit. Kemudian menggunakan air bersih.

Itulah 10 manfaat kulit pisang bagi kesehatan dan kecantikan tubuh kalian, dan wajib diketahui. Walaupun mampu memberikan kesehatan, tetapi kalian harus memperhatikan kulit pisang dengan baik ya KLovers. Apalagi bila harus dikonsumsi secara langsung, karena kulit pisang berada di luar sering kali terdapat kotoran hingga zat pestisida yang berbahaya.

 

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI