Mudah Dipraktikkan, 6 Cara Memutihkan Pakaian Putih yang Menguning

Selasa, 11 Agustus 2020 19:33 Penulis: Puput Saputro
Mudah Dipraktikkan, 6 Cara Memutihkan Pakaian Putih yang Menguning
Ilustrasi (creditt: flickr)


Kapanlagi Plus - Putih jadi salah satu warna favorit banyak orang, termasuk untuk pakaian. Tidak sedikit orang suka memakai pakaian warna putih karena, termasuk warna dasar sehingga mudah di padukan dengan warna lain. Selain itu, warna putih juga sering dipakai untuk seragam sekolah, bahkan seragam kerja beberapa profesi. Sayangnya, pakaian warna putih mudah sekali menguning. Namun tak perlu khawatir, sebab ada beberapa cara memutihkan pakaian kembali.

Pakaian putih yang menguning tentu akan mengganggu penampilan. Wajar, jika sebagian orang tidak akan merasa percaya diri saat mengenakan. Tak jarang orang tak mau ambil pusing sehingga langsung membuang begitu saja pakaian yang menguning. Padahal dengan beberapa cara warna putih pada pakaian bisa dikembalikan seperti semula.

Berikut beberapa cara memutihkan pakaian yang menguning, dirangkum dari berbagai sumber.

 

 

1. Jemur di Bawah Sinar Matahari

Salah satu cara paling mudah untuk mengembalikan warna putih pada pakaian adalah dengan menjemurnya di bawah sinar matahari. Dilansir dari brightside.me, sinar ultraviolet dari matahari dipercaya bisa mengatasi pengaruh kimiawi pada pakaian, menyebabkan warna memudar. Kelebihan memutihkan pakaian dengan matahari, yaitu tak akan memunculkan bau seperti saat memakai pemutih kimia.

Jadi, untuk mengatasi sekaligus mencegah pakaian putih jadi menguning, setelah mencuci hindari pemakaian mesin pengering. Sebaliknya keringkan pakaian yang selesai dicuci dengan cara menjemurnya di bawah sinar matahari.

2. Cuka Putih

Cara memutihkan pakaian yang menguning berikutnya bisa memakai cuka putih. Cuka dipercaya ampuh memutihkan pakaian dan menghilangkan noda yang membandel. Bahkan, tak hanya itu cuka juga dipercaya efektif dalam menghilangkan bau.

Untuk memutihkan pakaian yang menguning kalian bisa mencampurkan 1/4 air lemon dengan 1/2 gelas cuka putih. Selanjutnya, kalian tinggal menggunakan cairan tersebut seperti saat memakai pemutih pada umumnya. Sementara, untuk menghilangkan bau pada pakaian, kalian bisa langsung menambahkan 1 gelas cuka putih pada air yang digunakan untuk membilas terakhir kali.

3. Baking Soda

Selain cuka putih, baking soda ternyata juga ampuh untuk mengembalikan pakaian putih yang menguning. Selama ini, selain jadi bahan masakan baking soda memang sering dimanfaatkan untuk membersihkan perabot rumah tangga. Baking soda mempunyai kandungan yang tak jauh beda dengan soda yang biasa terdapat dalam diterjen. Hal inilah yang membuat bahan ini lantas cocok untuk mencuci pakaian.

Baking soda tak hanya berfungsi kembali mencerahkan pakaian putih yang menguning. Bahan ini juga dipercaya bisa jadi pewangi alami. Selain itu, baking soda juga mempunyai sifat antiseptik yang artinya bisa membunuh bakteri secara maksimal. Oleh karena itu, baking soda jadi salah satu cara memutihkan pakaian menguning yang paling disarankan.

4. Perasan Lemon atau Jeruk Nipis

Salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk memutihkan pakaian ialah jeruk. Jenis jeruk yang bisa dipakai pun beragam, mulai dari lemon hingga jeruk nipis. Cara memutihkan pakaian dengan jeruk juga sangatlah mudah. Pertama-tama, kalian cukup menyiapkan air perasan jeruk lemon atau jeruk nipis. Lalu, campurkan air perasan tersebut dengan kurang lebih 5-10 liter air.

Setelah itu, kalian cukup merendam pakaian yang akan diputihkan dengan air tersebut. Kalian bisa merendamnya beberapa jam atau semalaman penuh. Kandungan yang terdapat dalam jeruk nipis atau lemon dipercaya bakal mengembalikan warna putih pada pakaian.

Setelah direndam, kalian bisa mencuci pakaian tersebut seperti biasa. Agar lebih maksimal, saat membilas terakhir kali kalian bisa menggunakan air campuran perasan jeruk nipis atau lemon lagi.

5. Gunakan Pewarna Biru

Salah satu cara yang unik untuk mengembalikan warna putih pada pakaian adalah dengan memakai pewarna biru. Dilansir dari brightside.me, pewarna biru yang bertemu dengan warna kekuningan akan menghasilkan warna putih.

Meski begitu, kalian harus berhati-hati dalam menggunakan cara ini. Sebab, jika tidak dilakukan dengan benar justru bisa merusak pakaian. Terutama, dalam menuangkan cairan pewarna, jangan sampai kebanyakan. Kalian hanya cukup menambahkan 1/4 sendok teh hingga 1/8 sendok teh cairan pewarna pada satu ember air.

6. Boraks

Boraks merupakan bahan kimia yang selama ini sering dipergunakan untuk mengawetkan makanan. Boraks ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk mengembalikan warna putih pada pakaian. Cara memutihkan pakaian dengan boraks juga sangatlah mudah, cukup mencampurkan sedikit boraks dengan deterjen dan air. Setelah itu, kucek atau gosok pakaian dengan air tersebut, kemudian bilas sampai bersih.

Boraks mempunyai kandungan hidroksida dan asam borat. Kedua kandungan ini diyakini bisa efektif mengembalikan warna putih dan menghilangkan noda pada pakaian.

Itulah di antaranya beberapa cara memutihkan pakaian yang menguning. Kalian bisa langsung mencobanya di rumah!

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI