Sangat Ampuh, Ini 6 Cara Menghilangkan Karat Pada Peralatan Rumah Tangga dengan Mudah

Selasa, 11 Agustus 2020 09:22 Penulis: Dita Tamara
Sangat Ampuh, Ini 6 Cara Menghilangkan Karat Pada Peralatan Rumah Tangga dengan Mudah
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Cara menghilangkan karat pada peralatan rumah tangga memang banyak dicari. Karat sendiri salah satu masalah besar untuk perkakas rumah tangga yang berkaitan dengan besi dan logam. Tak jarang, besi dan logam yang berkarat bersifat rapuh, mudah larut, dan bercampur dengan logam lain, serta bersifat racun. Hal ini tentunya menyebalkan dan bisa saja menjadi kotor apabila terkena peralatan yang berkarat.

Oleh sebabnya, banyak orang yang membuang peralatan berkarat hingga menggantinya dengan baru. Namun, jangan terburu-buru untuk melakukan hal tersebut ya. Meskipun sudah banyak dijual di pasaran produk penghilang karat, namun beberapa cara menghilangkan karat yang satu ini terbilang mudah.

Penasaran? Daripada penasaran, yuk langsung saja intip ulasan lengkap berikut ini.

1. Baking Soda

Jika selama ini kita mengetahui baking soda sebagai bahan untuk pengembang kue, namun rupanya baking soda mempunyai manfaat untuk menghilangkan karat. Ya, karat yang membandel pada peralatan rumah tangga ternyata bisa dihilangkan hanya dengan baking soda. Sebab, zat asam menghilang karat bisa di dapatkan di baking soda. Lalu bagaimana cara menghilangkannya?

Pertama-tama, buatlah baking soda bercampur dengan air hingga menjadi adonan pasta. Lalu, tempelkan adonan baking soda tersebut pada barang yang berkarat. Setelah itu diamkan selama beberapa jam, kemudian gosok dengan sikat gigi hingga karat menghilang. Terakhir, kalian hanya perlu membilasnya dengan air bersih.

2. Cuka

Cara menghilangkan karat pada peralatan rumah tangga selanjutnya yaitu bisa menggunakan cuka. Cuka ternyata bukan hanya pelengkap yang digunakan pada makanan, tetapi memiliki fungsi sebagai pembersih karat. Caranya juga terbilang mudah dan langsung bisa kalian praktekkan di rumah.

Kalian hanya perlu merendam barang yang berkarat pada cuka yang telah ditampung dalam satu wadah. Agar lebih efektif, kalian bisa menambahkan garam ke larutan cuka. Setelah itu, rendam selama 30-60 menit, lalu cuci dan bersihkan dengan air bersih.

3. Kentang

Tidak hanya kenyang ketika dikonsumsi, rupanya kentang salah satu bahan yang efektif untuk membersihkan karat. Sebab, kentang mengandung asam oksalat yang membantu menghilangkan karat.

Caranya potong kentang menjadi dua bagian lalu celupkan ujung kentang yang dipotong itu ke dalam rendaman sabun cuci piring. Setelah itu gosok kentang pada lapisan yang berkarat selama beberapa jam. Untuk mengulanginya lagi tidak perlu memakai kentang baru ya. Kalian cukup tambahkan sabun lagi ke permukaan kentang. Cukup mudah bukan?

4. Lemon dan Garam

Campuran lemon dan garam rupanya menjadi cara menghilangkan karat yang begitu ampuh. Caranya, kalian bisa menggosok-gosok peralatan rumah tangga yang berkarat dengan campuran lemon dan garam menggunakan sikat. Setelah itu, bilas sisa lemon dan garam hingga bersih dan lihat hasilnya.

Selain cara diatas, kalian bisa menggunakan jus lemon untuk menghilangkan karat membandel. Caranya juga cukup mudah, kalian cukup menggosokkan jus lemon dan biarkan hingga 30 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih kemudian keringkan.

5. Asam Sitrat

Asam sitrat salah satu bahan penghilang karat yang terbukti ampuh. Caranya, campurkan asam sitrat dengan air hangat secukupnya. Setelah itu rendam barang yang berkarat selama satu jam. Setelah di rendam, kalian bisa menggosok bagian yang berkarat menggunakan sikat hingga bersih, lalu kalian bisa membilasnya.

6. Menggunakan Solar

Selanjutnya, cara menghilangkan karat bisa dengan menggunakan solar. Bahkan, caranya terbilang cukup mudah. Pertama-tama, kalian hanya perlu merendam barang yang berkarat dengan solar selama semalaman agar karatnya luruh. Lalu, keesokan harinya, kalian tinggal menggosoknya dengan sikat gigi dan bilas dengan air hingga bersih.

Itulah sederet cara menghilangkan karat pada peralatan rumah tangga dengan mudah. Selain itu, kalian juga harus menjaga peralatan rumah tangga agar tetap kering. Sebab, air salah satu penyebab utama barang berkarat. Semoga bermanfaat.

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI