5 Tips Mengolah Kunyit Putih, Salah Satu Rempah yang Baik Digunakan untuk Pengobatan

Selasa, 11 Agustus 2020 13:44 Penulis: Dhia Amira
5 Tips Mengolah Kunyit Putih, Salah Satu Rempah yang Baik Digunakan untuk Pengobatan
Cara Mengolah Kunyit Putih (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Kunyit putih atau biasa dikenal juga dengan temu putih adalah sebuah rempah-rempah yang baik dikonsumsi untuk kesehatan tubuh. Selain enak untuk dikonsumsi, kunyit putih juga biasanya digunakan oleh industri sebagai bahan parfum, pewarna makanan, dan juga obat-obatan.

Dan tentu saja kunyit putih juga memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh. Seperti menjadi obat masuk angin yang alami, mencegah kanker, anti racun, anti radang, dan masih banyak lagi manfaat rempah yang satu ini.

Kira-kita bagaimana ya tips mengolah kunyit putih yang baik digunakan untuk pengobatan tubuh? Dilansir dari berbagai sumber, inilah 5 tips mengolah kunyit putih baik digunakan untuk pengobatan tubuh. Yuk langsung saja dicek.

 

 

1. Minuman Hangat

Tips mengolah kunyit putih yang pertama yaitu dengan menjadikannya sebagai minuman hangat. Selain dapat menjadi minuman kesehatan yang enak untuk dikonsumsi, minuman hangat dari kunyit putih ini juga sangat baik untuk pengobatan tubuh.

Minuman hangat ini sangat baik dikonsumsi ketika kalian mengalami sakit lambung atau masuk angin. Dan bila kalian merasakan hal tersebut, maka kalian bisa mengonsumsi kunyit putih sebagai obatnya.

Cara mengolahnya pun mudah, kalian hanya perlu mengambil 1 atau 2 ruas kunyit putih yang sudah dibersihkan. Lalu potong secara halus, dan rebus ke dalam 500 cc air. Beri madu atau gula batu untuk memberikan rasa manis ketika diminum.

2. Dicampur dengan Temulawak

Tips mengolah kunyit putih yang selanjutnya yaitu dengan mencampurkan bersama dengan temulawak. Cara ini hampir mirip seperti membuat teh hanya, saja bahannya menggunakan kunyit putih dan temulawak.

Tips mengolah kunyit putih dengan temulawak ini sangat ampuh untuk memberikan nafsu makan yang baik pada anak. Bila anak kalian sulit untuk makan, maka ramuan herbal ini patut untuk dicoba. Selain itu kandungan dari kunyit putih dan temulawak ini dapat menambah daya tahan tubuh.

Caranya cukup mudah, kalian hanya perlu memotong kunyit putih dan temulawak secara tipis. Setelah itu jemur kedua rempah ini di bawah sinar matahari hingga benar-benar mengering. Kemudian dapat kalian rebus kunyit putih dan temulawak seperti membuat teh, jangan lupa beri gula batu agar memberikan rasa yang manis.

3. Diparut Secara Halus

Selain dibuat minuman, ternyata kunyit putih juga bisa loh menjadi bahan alami untuk kecantikan wajah. Tentu saja cara mengolah kunyit putih ini dengan diparut secara halus dan diberi sedikit perasan air lemon atau minyak zaitun.

Kunyit putih memang memiliki kandungan anti bakteri yang cukup tinggi, sehingga dapat memberikan kesehatan kulit seperti, menghilangkan jerawat atau mencegah timbulnya jerawat. Selain itu kunyit putih juga membuat wajah lebih bersih dan terhindar dari kulit yang terlihat kusam.

4. Ramuan untuk Kanker Payudara

Tips mengolah kunyit putih yang selanjutnya yaitu dijadikan sebagai ramuan untuk penyakit kanker payudara. Selain menggunakan pengobatan medis, kita juga bisa kok menggunakan kunyit putih sebagai cara alami mengobati kanker payudara.

Caranya pengolahannya cukup mudah, kalian hanya perlu siapkan 20 gram benalu teh, 10 gram rumput mutiara, 10 gram waru landak, 6 gram keladi tikus, dan 12 gram kunyit putih. Bila sudah rebus semua bahan kecuali kunyit putih hingga mendidih, dan dinginkan.

Sembari menunggu, kalian rebus kunyit putih di dalam air. Lalu setelah itu minum ramuan pertama yang berisi berbagai macam jenis rempah, kemudian dilanjutkan dengan minum air rebusan kunyit putih hingga habis.

5. Obat Luka Bakar

Dan tips mengolah kunyit putih yang terakhir yaitu dengan menjadikannya sebagai obat luka bakar. Sebenarnya luka bakar harus ditangani dengan segera secara medis ya KLovers. ramuan kunyit putih ini hanya untuk menghilangkan luka bakar yang sudah cukup mengering agar tidak terlalu berbekas dan lama sembuhnya.

Caranya mengolahnya cukup mudah, pertama cuci bersih kunyit putih lalu parut hingga halus. Setelah itu tambahkan asam kawak, dan sedikit minyak kelapa agar menimbulkan rasa hangat di kulit yang terkena luka bakar. Kemudian oleskan obat alami tersebut pada luka bakar dan biarkan hingga mengering.

Itulah 5 tips mengolah kunyit putih yang baik dan benar ketika digunakan untuk pengobatan tubuh. Selain dapat menjadi rempah untuk makanan hingga bahan parfum, ternyata kunyit putih juga memiliki banyak sekali manfaat untuk pengobatan tubuh.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI