Kenali 7 Penyebab Mimisan yang Umum Terjadi, Tak Selalu Pertanda Penyakit Berbahaya

Selasa, 11 Agustus 2020 11:22 Penulis: Nurul Wahida
Kenali 7 Penyebab Mimisan yang Umum Terjadi, Tak Selalu Pertanda Penyakit Berbahaya
Ilustrasi (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Pernah mengalami mimisan? Jangan khawatir dulu sebab tak semua kondisi mimisan terjadi akibat penyakit tertentu seperti kanker atau gangguan darah. Meski kerap bikin cemas karena keluarnya darah dari dalam hidung atau mimisan, rupanya ada sejumlah penyebab mimisan yang umum terjadi mulai dari kondisi udara hingga masalah pada hidung.

Seperti diketahui mimisan merupakan kondisi dimana hidung mengalami pendarahan yang dalam dunia medis disebut epistaksis. Kondisi ini umumnya bisa terjadi pada setiap orang meskipun tanpa riwayat penyakit tertentu. Meski begitu mimisan memang cukup banyak membuat cemas pengidapnya yang sering terlintas dalam benak mengalami penyakit cukup serius seperti leukimia atau gangguan darah.

Akan tetapi pada umumnya ada sejumlah penyebab mimisan yang sering terjadi pada setiap orang selain berkaitan dengan penyakit serius tertentu tersebut. Sehingga perlu mengenali beberapa penyebab mimisan yang umumnya bisa terjadi agar tak membuat rasa khawatir berlebih.

Lalu apa saja penyebab mimisan yang sering terjadi?

Adapun penyebab mimisan yang sering terjadi terdapat dalam beberapa poin di bawah ini. Dimana pada umumnya mimisan tersebut dapat sembuh dengan sendirinya. Berikut 7 penyebab mimisan yang sering terjadi bersumber dari healthline.com, dan mayoclinic.org.

 

1. Buang Ingus Terlalu Kencang

Penyebab mimisan yang umum terjadi salah satunya adalah membuang ingus terlalu kencang. Dimana kondisi tersebut dapat menyebabkan hidung mengalami tekanan cukup kuat hingga akibatkan trauma pada pembuluh darah. Pembuluh darah tersebut pecah, luka atau tergores hingga sebabkan keluarnya darah dari dalam hidung atau sering disebut mimisan.

Sehingga untuk menghindari kondisi ini sebaiknya perlu kehati-hatian saat akan mengeluarkan ingus dari dalam hidung agar tak membuat hidung terluka. Selain itu hindari juga mengorek hidung terlalu keras yang bisa sebabkan luka pada hidung.

2. Hidung Mengalami Cedera

Penyebab mimisan yang umum terjadi selanjutnya bisa diakibatkan karena hidung pernah mengalami cedera. Cedera tersebut bisa terjadi karena benturan keras pada hidung yang akibatkan pecahnya pembuluh darah atau bahkan pergeseran tulang hingga membuat hidung mengeluarkan darah atau mimisan. Apabila kondisi ini terus berlanjut atau bahkan berkepanjangan, sebaiknya disarankan untuk melakukan konsultasi dengan dokter agar mendapat solusi tepat.

3. Kondisi Cuaca

Kondisi cuaca juga menjadi penyebab mimisan yang umum terjadi serta dialami sebagian besar orang. cuaca sendiri selalu mengalami perubahan baik cuaca panas, dingin, ataupun hujan. Tak heran juga bahwa cuaca dapat mengakibatkan kondisi kesehatan tubuh mengalami perubahan yang biasanya terjadi pada masa-masa pergantian cuaca dari panas ke hujan ataupun sebaliknya.

Dalam hal ini perubahan cuaca tersebut juga bisa sebabkan iritasi pada hidung hingga sebabkan mimisan. Salah satunya saat cuaca panas yang bisa menyebabkan hidung kering serta sebabkan luka bahkan hingga mengeluarkan darah atau mimisan. Begitu juga saat cuaca dingin yang turut serta sebabkan hidung beku sampai sebabkan mengalami mimisan.

4. Iritasi Pada Hidung

Iritasi pada hidung seperti karena sakit influenza ini juga dapat menjadi penyebab mimisan yang lainnya. Dimana iritasi tersebut dapat terjadi karena saat sedang flu seseorang mengalami infeksi virus tertentu yang sebabkan hidung tersumbat bahkan mengganggu pernapasan. Kondisi ini dapat membuat hidung mengalami alergi, bersin, hingga bermasalah pada sinus yang sebabkan mimisan.

5. Sinusitis

Sinusitis merupakan salah satu masalah kesehatan yang terjadi pada hidung akibat peradangan pada dinding sinus. Dimana dinding sinus ini bagian dari hidung pada area rongga kecil berisi udara. Mengutip dari halodoc.com sinusitis ini dapat muncul karena beberapa sebab diantaranya infeksi, serta alergi.

Dalam kondisi tertentu sinusitis dapat membuat penderitanya mengalami sejumlah gangguan kesehatan yang cukup mengganggu aktivitas harian. Tak hanya itu saja sinusitis juga bisa sebabkan mimisan terutama karena mengeluarkan ingus atau lendir dalam hidung secara berlebihan dan kuat.

6. Efek Obat

Saat sedang flu tentunya cukup populer di masyarakat banyak menggunakan obat pelega flu yang biasanya berfungsi untuk melancarkan hidung tersumbat. Namun sayangnya terlalu berlebihan menggunakan obat pelega flu yang berbentuk inhaler stick atau semprot tersebut dapat sebabkan hidung mimisan. Untuk itu perlu membatasi penggunaan obat pelega flu tersebut tidak berkelanjutan agar tak memberi dampak lain pada hidung seperti mimisan.

7. Ada Benda Asing di Hidung

Meski jarang ditemui kasus ini, namun adanya benda asing pada hidung juga disinyalir menjadi penyebab mimisan. Jika benda asing tersebut masuk pada hidung seperti serpihan kayu, batu atau lain sebagainya tentunya bisa menyebabkan goresan pada hidung hingga mengalami luka. Keadaan ini dapat mengakibatkan hidung mengalami pendarah atau dikenal dengan mimisan.

Nah itulah 7 penyebab mimisan yang umum terjadi dan tak selalu soal penyakit berbahaya. Namun jika kondisi mimisan terjadi dalam kurun waktu cukup lama dan berkelanjutan perlu diwaspadai adanya suatu gejala penyakit serius tertentu yang menyerang tubuh. Untuk itu konsultasi lebih lanjut disarankan agar segera mendapat solusi tepat secara medis.

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI