7 Manfaat Terong Belanda untuk Kesehatan, Ampuh Cegah Anemia - Hipertensi

Selasa, 11 Agustus 2020 11:44 Penulis: Puput Saputro
7 Manfaat Terong Belanda untuk Kesehatan, Ampuh Cegah Anemia - Hipertensi
Manfaat terong belanda (credit: flickr)


Kapanlagi Plus - Tidak sesuai dengan namanya, terong belanda ternyata tidak berasal dari negeri kincir angin. Buah ini ternyata justru berasal dari daerah Amazon, Amerika Selatan. Meski berasal dari tempat yang jauh, nyatanya terong belanda cukup digemari di Indonesia. Terong belanda punya rasa asam yang menyegarkan, sehingga cocok dibuat jus. Selain menyegarkan, manfaat terong belanda juga membuatnya semakin banyak dipuja.

Selain dibuat menjadi jus, terong belanda juga sering diolah menjadi selai, sirup, dan juga dipakai campuran salad. Sama seperti jenis buah-buahan lainnya, terong belanda mengandung banyak vitamin dan kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Tak heran, jika banyak yang menjadikan jus terong belanda sebagai minuman kesehatan andalan.

Lantas, apa sajakah manfaat terong belanda untuk tubuh?

 

1. Menyehatkan Mata

Selama ini kita pasti mengenal jus wortel sebagai minuman yang berkhasiat untuk kesehatan mata. Ternyata, terong belanda juga punya manfaat serupa. Sama seperti wortel, terong belanda juga mengandung banyak vitamin A yang sangat dibutuhkan mata. Sebagaimana yang kita tahu, asupan vitamin A yang cukup akan membuat mata kita menjadi sehat dan terjaga.

2. Baik untuk Kecantikan Kulit

Jika kalian mendambakan punya kulit yang cerah dan sehat, jus terong belanda bisa jadi salah satu caranya. Kandungan dalam buah terong belanda dipercaya sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Tak sekadar melembabkan dan mencerahkan, dalam terung belanda juga terdapat senyawa flavonoid, fenol, dan anthocyanin yang dipercaya berkhasiat untuk mencegah terjadinya penuaan dini.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat terong belanda berikutnya, ialah bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Buah terong belanda menyimpan cukup banyak vitamin B kompleks. Jenis vitamin tersebut merupakan yang paling mendukung proses metabolisme. Sementara, melalui sistem metabolisme itulah, asupan nutrisi dari makanan yang kita konsumsi bisa diserap oleh tubuh. Dampaknya, tubuh terasa lebih fit dan sehat.

4. Mengatur Tekanan Darah

Terong belanda ternyata juga berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah. Konsumsi jus atau buah terong belanda dipercaya bisa menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi hingga secara efektif.

Kemampuan ini dikarenakan kandungan potasium di dalamnya. Potasium pada terong belanda inilah yang berkhasiat turunkan tekanan darah. Bahkan, tak hanya itu saja mengonsumsi jus terong belanda secara rutin juga diyakini bisa menjaga kesehatan jantung.

5. Cegah Anemia

Salah satu manfaat terong belanda yang luar biasa yaitu bisa mencegah terjadinya anemia. Anemia merupakan kondisi saat tubuh mengalami kekurangan sel darah putih. Akibatnya, seseorang yang mengalami anemia kerap merasa lesu dan lemah. Anemia juga termasuk penyakit yang berbahaya, sebab bisa mengganggu aktivitas jantung.

Untungnya, terong belanda merupakan salah satu buah yang berkhasiat mengatasi anemia. Hal ini disebabkan dalam terong belanda terkandung zat besi yang baik untuk mendukung produksi sel darah merah. Oleh karena itu, jus buah yang satu ini akan cocok dikonsumsi saat sedang merasa kan gejala anemia.

6. Menyehatkan Pencernaan

Terong belanda mempunyai kandungan serat yang lumayan tinggi. Dengan kandungan serat tersebut, terong belanda berkhasiat untuk menyehatkan pencernaan. Konsumsi jus terong belanda dipercaya bakal menjauhkan kita dari berbagai gangguan pencernaan, seperti sembelit dan diare. Tak hanya itu, mengonsumsi terong belanda secara rutin diyakini bisa lebih menyehatkan sistem pencernaan. 

7. Mencegah Kanker

Kanker jadi salah satu penyakit yang paling ditakuti saat ini. Salah satu cara agar bisa terhindar dari penyakit mematikan ini adalah dengan mengonsumsi terong belanda. Dilansir dari drhealthbenefits.com, terong belanda mempunyai senyawa likopen yang berfungsi sebagai antioksidan.

Sebagaimana yang kita tahu, antioksidan dalam tubuh berguna untuk menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan memicu sel kanker. Oleh karena itulah, mengonsumsi jus terong belanda bisa jadi salah satu cara mencegah kanker secara alami.

8. Cara Membuat Jus Terong Belanda

Seperti yang sudah beberapa kali disinggung, salah satu cara untuk menikmati manfaat terong belanda adalah dengan mengolahnya menjadi jus. Namun, karena bukan termasuk jenis buah yang familiar, barang kali masih ada di antara kalian yang kebingungan bagaimana cara mengolah terong belanda menjadi jus. Padahal, jus terong belanda jadi salah satu jus yang terbukti segar dan menyehatkan. Berikut resep membuat jus terong belanda yang bisa kalian ikuti.

Bahan yang dibutuhkan:

- 100 gram terong belanda

- 100 gram yogurt

- Sirup atau madu secukupnya

- Gula pasir secukupnya

- Es batu yang sudah dihancurkan secukupnya

Cara membuat:

1) Cuci bersih, lalu potong terong belanda kecil-kecil.

2) Masukkan terong belanda dan yogurt ke dalam blender, lalu tambahkan gula pasir dan sirup atau madu.

3) Tambahkan pula es batu yang sudah dihancurkan.

4) Nyalakan blender sampai semua bahan menjadi halus seperti jus pada umumnya.

5) Jika sudah, kalian tinggal tuang jus terong belanda ke dalam gelas, dan siap dinikmati.

Itulah di antaranya beberapa manfaat terong belanda. Jika kalian tertarik merasakan manfaatnya, kalian bisa langsung mencoba mempraktikkan resepnya. Selamat mencoba!

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI