7 Cara Menghilangkan Bekas Luka, Ampuh Menggunakan Bahan Alami

Kamis, 16 April 2020 13:22 Penulis: Dita Tamara
7 Cara Menghilangkan Bekas Luka, Ampuh Menggunakan Bahan Alami
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Memiliki bekas luka yang terdapat di kulit bisa membuat seseorang merasa tidak nyaman karena mengganggu penampilan. Apalagi jika bekas luka tersebut terdapat pada area yang tidak tertutup oleh pakaian, tentu saja membuat kalian tidak percaya diri. Lalu bagaimana cara menghilangkan bekas luka tersebut?

Bekas luka di kulit membuat warna dan tekstur kulit menjadi berbeda dengan sebelumnya. Beberapa ada yang mengalami perubahan warna menjadi hitam dan coklat. Jenis luka dapat membekas tergantung pada kedalaman dan lokasi luka maupun perawatan pada kulit yang luka.

Luka dapat menimbulkan rasa gatal. Namun tidak disarankan untuk menggaruknya, sebab hal ini akan mengganggu proses penyembuhan luka dan menyebabkan membekas. Sebenarnya, bekas luka dapat dihilangkan menggunakan bahan alami tanpa perlu membeli obat mahal. Berikut ini merupakan cara menghilangkan bekas luka yang perlu kalian coba:

 

1. Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi bekas luka dan membantu mengangkat sel-sel kulit mati pada kulit. Selain itu, lidah buaya juga dapat mengurangi pembengkakan, membantu memperbaiki kerusakan kulit, serta meregenerasi kulit.

Kalian cukup mengoleskan lidah buaya pada kulit yang terdapat bekas luka secara merata, lalu diamkan selama 15 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kalian dapat melakukan cara ini pada saat pagi dan malam hari.

 

2. Cuka Apel

Penggunaan cuka apel sangat membantu untuk kesehatan kulit wajah. Tidak hanya itu, ternyata cuka apel ampuh untuk menghilangkan bekas luka kehitaman, mencegah terbentuknya komedo, dan mengempiskan jerawat sekalipun.

Cara penggunaannya cukup menuangkan cuka apel pada kapas dan oleskan pada kulit bekas luka. Biarkan semalaman, bilas keesokan paginya. Lakukan tahap ini setiap malam untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Lemon

Lemon merupakan buah yang tinggi vitamin C. Kandungan Alpha Hydroxy Acid atau AHA yang bersifat penyembuhan yang dibutuhkan kulit. Selain dikenal sebagai pencerah kulit alami. Oleh sebabnya, lemon merupakan cara alami untuk membantu menghilangkan bekas luka.

Cara pengaplikasiannya cukup dengan memeras lemon kemudian ambil sarinya dan oleskan pada bekas luka. Biarkan hingga 10-15 menit lalu bilas dengan air. Hindari area sensitif seperti pinggiran hidung, bibir, dan ujung mata agar mencegah terjadinya iritasi.

4. Timun

Timun salah satu bahan alami yang dipercaya dapat menghilangkan bekas luka. Selain itu, timun merupakan bahan yang mudah di dapat dan tidak menyebabkan iritasi kulit. Tidak hanya digunakan untuk menghilangkan bekas luka saja, manfaat lainnya dari timun yaitu sebagai bahan pencerah dan mengenyalkan kulit.

Kalian cukup mengoleskan saja timun yang sudah dihaluskan kemudian aplikasikan pada kulit yang terluka. Setelah itu, diamkan sampai meresap dan bilas dengan air bersih. Untuk hasil yang maksimal, gunakan cara ini secara teratur.

5. Air Kelapa

Buah kelapa mengandung banyak nutrisi penting yang bermanfaat bagi tubuh, seperti vitamin C, serat, protein, kalium, dan magnesium. Vitamin C yang terkandung di dalamnya dapat digunakan untuk menghilangkan bekas luka di kulit. Menggunakan air kelapa untuk membasuh bekas luka yang hitam, ternyata cukup manjur sebagai cara menghilangkan bekas luka yang menghitam.

Caranya cukup mudah, kalian hanya perlu membasuh pada bagian kulit yang terdapat bekas luka menggunakan air kelapa secukupnya. Diamkan hingga mengering, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan secara teratur untuk hasil yang maksimal.

6. Bawang Merah

Siapa sangka bahwa bawang merah yang biasanya digunakan untuk bumbu dapur ini memiliki fungsi menghilangkan bekas luka. Hal tersebut karena bawang merah memiliki sifat antiinflamasi yang terkandung di dalamnya, sehingga mampu menghambat kolagen dalam bekas luka.

Cara penggunaannya cukup menumbuk halus bawang merah, setelah itu tempelkan pada bekas luka kalian. Adapun cara lainnya yaitu cincang halus bawang, lalu peras airnya dan oleskan pada bekas luka

7. Madu

Selanjutnya, cara menghilangkan bekas luka dapat menggunakan madu. Madu juga efektif membantu kulit mempercepat proses regenerasi sel-sel di dalamnya. Selain itu madu baik digunakan sebagai pelembab kulit.

Cara penggunaanya cukup mudah, kalian cukup mencampurkan baking soda ke dalam madu secukupnya. Setelah itu oleskan pada bekas luka.  

Berbagai cara di atas dapat dilakukan untuk membantu sebagai cara menghilangkan bekas luka. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

(kpl/dtm/gen)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI