7 Cara Menghilangkan Varises Secara Alami, Perawatan Mudah di Rumah

Jum'at, 14 Agustus 2020 16:33 Penulis: Nurul Wahida
7 Cara Menghilangkan Varises Secara Alami, Perawatan Mudah di Rumah
Ilustrasi (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Varises menjadi salah satu masalah kesehatan yang sebagian besar pernah dialami setiap orang. Cukup banyak penderita varises bahkan menyebut masalah kesehatan ini bisa memengaruhi penampilan diri. Tak ayal apabila diantara mereka mencoba melakukan cara menghilangkan varises secara mudah agar kembali pada kondisi semula.

Varises sendiri merupakan masalah kesehatan yang membuat penderitanya mengalami pembengkakan dan pelebaran pembuluh darah vena. Umumnya varises ini terjadi pada paha, lipatan kaki, betis, serta bagian tubuh lainnya. Kondisi ini membuat penderitanya memiliki pembuluh darah vena yang terlihat menonjol keluar terkadang berwarna ungu, biru, ataupun hijau tua.

Munculnya varises tersebut disinyalir lebih berisiko pada beberapa kondisi diantaranya seperti kehamilan, obesitas, bahkan dapat juga karena faktor usia. Dalam kondisi atau gejala varises yang terbilang masih ringan dapat diredakan dengan cara menghilangkan varises menggunakan bahan alami. Cara ini disinyalir dapat membantu meredakan kondisi varises tersebut secara mudah dengan perawatan di rumah.

Lalu bagaimana cara menghilangkan varises secara alami?

Adapun cara menghilangkan varises secara alami terdapat dalam beberapa poin di bawah ini. Namun perlu diketahui bahwa sejumlah orang akan menimbulkan reaksi yang berbeda tergantung dari kondisi varises tersebut. Konsultasi disarankan apabila mengalami varises yang cukup mengganggu bahkan menimbulkan sejumlah masalah kesehatan lainnya. Berikut 7 cara menghilangkan varises secara alami bersumber dari medicalnewstoday.com, dan brightside.me.

 

1. Kubis

Cara menghilangkan varises secara alami salah satunya dapat menggunakan kubis. Sayuran yang satu ini memiliki berbagai kandungan nutrisi bermanfaat bagi tubuh. Diantaranya seperti mengandung antioksidan dan fitokimia yang bisa membantu meringankan gejala varises tersebut.

Cara menggunakan kubis sebagai bahan alami ini terbilang sangat mudah dipraktikkan di rumah. Dimana kubis yang sudah dihaluskan tersebut bisa diambil ekstraknya lalu mengoleskan pada tubuh yang terkena varises. Untuk hasil maksimal lakukan rutin cara ini sebanyak 3 kali sehari sampai kondisi varises tersebut mereda.

2. Bawang Putih dan Lemon

Cara menghilangkan varises secara alami selanjutnya dapat menggunakan dua bahan pilihan yakni bawang putih dan lemon. Dimana ketiga bahan alami tersebut disinyalir mampu meredakan kondisi varises dan meringankan gejalanya.

Bawang putih sendiri memiliki sifat anti inflamasi yang bisa membantu mengurangi pembengkakan varises serta meringankan gejalanya. Sedangkan pada lemon memiliki nutrisi yang baik bagi tubuh karena kandungan antioksidan tinggi pada vitamin C.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut caranya cukup dengan menghaluskan 10 siung bawang putih lalu menambahkan perasan lemon serta 2 sendok minyak zaitun ke dalamnya. Selanjutnya diamkan campuran tersebut semalaman, lalu oleskan pada tubuh yang terdapat varises.

3. Parsley dan Minyak Esensial Mawar

Cara menghilangkan varises secara alami lainnya juga dapat menggunakan parsley dengan mencampurkan minyak esensial mawar. Dimana parslesy sendiri mengandung sejumlah nutrisi sehat bagi tubuh termasuk antioksidan flavonoid. Mengutip dari brightside.me, parsley memiliki sifat menghasilkan kolagen yang baik bagi kulit.

Begitu pula dengan minyak esensial mawar mengandung senyawa terapeutik yang dapat melancarkan sirkulasi darah, termasuk meringankan gejala varises. Cara menggunakan kedua bahan ini terbilang mudah yakni cukup dengan merebus satu genggam daun parsley dengan satu gelas air selama lima menit lalu biarkan sampai dingin. Tambahkan sebanyak 3 sendok makan minyak mawar dan oleskan pada tubuh yang terkena varises.

4. Lakukan Olahraga

Sejumlah olahraga juga dapat digunakan sebagai metode perawatan sederhana di rumah untuk menghilangkan varises. Sebab olahraga tersebut dapat bermanfaat melancarkan sirkulasi darah dan membantu meringankan gejala varises yakni akibat penggumpalan pembuluh darah.

Beberapa jenis olahraga yang bisa membantu meringankan gejala varises diantaranya berenang, bersepeda, jalan santai, serta yoga. Perlu diperhatikan juga bahwa olahraga tersebut dilakukan secara ringan agar tak menimbulkan masalah kesehatan baru.

5. Banyak Bergerak

Cara menghilangkan varises secara alami dengan perawatan mudah di rumah dapat dilakukan dengan menghindari aktivitas diam seperti terlalu lama duduk. Cobalah untuk sesekali bergerak bahkan banyak bergerak untuk membantu aliran darah tetap lancar dan tidak mengalami penumpukan. Selain itu hindari duduk dengan kaki bersilang yang disinyalir bisa menghambat aliran darah tersebut hingga sebabkan varises terjadi pada tubuh.

6. Minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan salah satu bahan minyak esensial yang kerap digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan tertentu. Dalam hal ini termasuk dapat dipakai sebagai cara menghilangkan varises secara alami. Sebab minyak zaitun mengandung sejumlah vitamin dan nutrisi sehat yang bermanfaat bagi tubuh termasuk punya sifat anti inflamasi. Dimana kandungan tersebut dapat memperlancar aliran darah dan mengecilkan ukuran pembuluh darah yang membesar.

7. Biji Tomat

Cara menghilangkan varises secara alami juga bisa diperoleh dari kandungan biji tomat. Biji tomat diketahui mengandung asam salisilat yang serupa dengan aspirin yakni senyawa untuk mencegah penggumpalan darah serta memperlancar aliran darah. Cara mengaplikasikan biji tomat ini terbilang sangat mudah yakni cukup dengan menghaluskan tomat beserta bijinya, lalu mengoleskan pada tubuh terkena varises. Lakukan rutin 3 sampai 4 kali sehari sampai varises tersebut menghilang.

Nah itulah 7 cara menghilangkan varises secara alami dengan perawatan mudah di rumah. Namun perlu diperhatikan apabila kondisi varises tidak kunjung membaik bahkan timbul masalah kesehatan lainnya, disarankan segera menghubungi fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapat solusi tepat.

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI