7 Cara Mengobati Kutu Air di Kaki Secara Alami, Salah Satunya dengan Bawang Putih.

Jum'at, 03 Juli 2020 13:11 Penulis: Nurul Wahida
7 Cara Mengobati Kutu Air di Kaki Secara Alami, Salah Satunya dengan Bawang Putih.
Ilustrasi (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Kutu air menjadi salah satu masalah umum yang kerap terjadi pada sela-sela jari kaki. Hampir tiap orang pernah mengalami penyakit kutu air yang menyebabkan jari kaki terasa panas dan gatal. Cara mengobati kutu air di kaki terbilang mudah dilakukan dengan sejumlah bahan alami.

Kutu air sering menyerang area kulit tubuh apabila kerap terkena air atau dalam kondisi lembab. Akibatnya kulit akan mengalami kondisi seperti gatal, panas dan nyeri. Bahkan kutu air kerap membuat kulit mengelupas, hingga merah yang menyebabkan rasa gatal begitu tak tertahan.

Meski kutu air di kaki bukan salah satu penyakit serius, namun masalah kulit ini sering kali dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Sebab saat terkena kutu air, seseorang dianjurkan untuk tetap membiarkan kakinya dalam keadaan kering agar tak memperparah kondisi kutu air.

Sejumlah bahan alami diyakini dapat digunakan untuk mengobati kutu air di kaki. Tentunya dengan menggunakan bahan alami tersebut lebih terjangkau dan memiliki efek samping rendah dibanding penggunaan obat kimia.

Lalu bagaimana cara mengobati kutu air secara alami?

Adapun cara mengobati kutu air di kaki secara alami terangkum dalam beberapa poin di bawah ini. Sehingga masalah kutu air yang sering muncul dapat diatasi dengan mudah dengan perawatan di rumah. Berikut cara mengobati kutu air di kaki secara alami bersumber dari webmd.com, verywellhealth.com, medicalnewstoday.com.

 

1. Minyak Pohon Teh

Cara mengobati kutu air di kaki secara alami salah satunya dapat dilakukan dengan minyak pohon teh. Minyak pohon teh diyakini bisa mengobati kutu air yang disebabkan oleh jamur dan bakteri. Bahkan minyak pohon teh ini kerap kali menjadi salah satu bahan alami yang dipakai untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan lainnya.

Mengutip dari verywellhealth.com berdasarkan penelitian yang diterbitkan oleh The Australasian Journal of Dermatology menyebutkan bahwa minyak pohon the mungkin sama efektifnya dengan obat anti jamur. Adapun cara menggunakan minyak pohon the adalah sebagai berikut:

- Siapkan minyak pohon teh.

- Gosokkan ke area kulit kaki yang terdapat kutu air.

- Gunakan secukupnya dan rutin dua kali sehari sampai kutu air menghilang.

Minyak pohon teh ini dapat membantu mengurangi gejala kutu air seperti gatal. Namun untuk menggunakan minyak pohon teh ini sebaiknya dapat dikonsultasikan dengan dokter sebab diketahui minyak ini memberikan efek samping seperti iritasi pada kulit. Selain itu hentikan pemakaian jika kulit mengalami iritasi berlebih.

2. Bawang Putih

Cara mengobati kutu air di kaki dengan bahan alami dapat juga menggunakan bawang putih sebagai pilihannya. Kandungan anti bakteri dalam bawang putih diyakini bisa membantu mengobati kutu air dan mengurangi gejalanya.

Ada pun untuk menggunakan bawang putih sebagai obat kutu air bisa dilakukan dengan menumbuk bawang putih secukupnya lalu mengoleskan dan gosok perlahan pada area kaki terkena kutu air. Dapat juga merendam kaki dengan campuran air hangat dan tumbukan bawang putih selama 30 menit. Lakukan cara tersebut secara rutin hingga kutu air di kaki dapat hilang sepenuhnya.

3. Minyak Bunga Matahari

Minyak ini terbuat dari biji matahari yang kemudian dibuat minyak. Berdasarkan sebuah penelitian minyak biji matahari mengandung sejumlah zat anti jamur yang bisa digunakan untuk mengobati kutu air di kaki.

Adapun cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan minyak bunga matahari tersebut pada kaki yang terkena kutu air. Namun memang perlu dikonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter kesehatan agar kutu air dapat benar-benar teratasi.

4. Soda Kue

Cara mengobati kutu air di kaki dengan bahan alami selanjutnya dapat juga dilakukan dengan soda kue. Soda kue ini miliki kandungan anti jamur yang bisa digunakan pada kulit. Adapun untuk menggunakan soda kue sebagai obat kutu air di kaki adalah sebagai berikut:

- Siapkan soda kue sebanyak setengah cangkir.

- Campurkan ke dalam air hangat.

- Rendam kaki selama 15 hingga 20 menit.

- Lakukan cara ini dua kali sehari lalu keringkan kaki dan bilas sampai bersih.

5. Garam

Cara mengobati kutu air di kaki dengan bahan alami menggunakan garam terbilang mudah dilakukan. Terlebih garam tentunya banyak dimiliki oleh setiap orang di rumah. Adapun cara menggunakan gara, tersebut adalah dengan mencampurkan ke dalam air hangat lalu merendam kaki yang terkena kutu air. Lalu mengeringkan kaki hingga benar-benar kering agar dapat mengobati kutu air secara maksimal.

6. Cuka Apel

Cuka apel juga dapat digunakan sebagai cara mengobati kutu air dengan bahan alami. Untuk menggunakannya sangat mudah yakni cukup merendam kaki yang terkena kutu air ke dalam campuran satu cangkir cuka apel dan dua cangkir air.

7. Jaga Kaki Tetap Kering

Salah satu penyebab kutu air seperti yang sudah disebutkan sebelumnya adalah karena kondisi kaki lembab dan seringnya terkena air. Untuk itulah menjaga kondisi kaki tetap kering perlu dilakukan apabila terserang kutu air di kaki.

Sebaiknya setelah selesai mandi ataupun bersentuhan dengan air segera keringkan kaki menggunakan handuk ataupun mengeringkan dengan hari dryer yang ditambah dengan bedak tabur. Namun untuk menggunakan hair dryer tersebut pastikan dengan jarak aman dan tak membuat kaki terasa panas.

Nah itulah 7 cara mengobati kutu air di kaki secara alami, salah satunya dengan bawang putih. Perlu diingat apabila kulit kaki mengalami iritasi akibat penggunaan sejumlah bahan di atas agar segera menghentikan pemakaian. Selain itu jika kutu air tak kunjung sembuh setelah perawatan secara alami segeralah untuk menghubungi dokter agar mendapat penanganan tepat.

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI