7 Cara Merawat Wajah Secara Alami, Agar Putih Berseri

Senin, 08 Februari 2021 14:11 Penulis: Dita Tamara
7 Cara Merawat Wajah Secara Alami, Agar Putih Berseri
(credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Cara merawat wajah menjadi salah satu hal penting yang tidak boleh dilewatkan. Pasalnya, jika kulit wajah tidak dijaga secara maksimal, maka hal ini akan membuat beragam masalah kesehatan seperti berjerawat, kulit kusam, komedo, dan lain sebagainya. Tentu saja hal tersebut akan merusak penampilan dan membuat kalian menjadi tampil tidak percaya diri. Namun, perlu kalian ketahui jika cara merawat wajah tidak perlu dengan membeli produk kecantikan dengan harga yang mahal atau melakukan perawatan di klinik kecantikan lho. Kalian juga bias melakukannya menggunakan cara alami yang begitu sederhana.

Ya, di sekitar kalian banyak sekali bahan-bahan alami yang bisa membantu kalian untuk mendapatkan kulit wajah yang cerah, bersih, dan segar. Selain mudah dan murah, tentu saja dengan menggunakan bahan alami, kalian tidak perlu takut akan efek sampingnya. Daripada penasaran, Yuk langsung saja simak ulasan cara merawat wajah secara alami berikut ini.

 

 

 

1. Pisang

Cara merawat wajah yang pertama yaitu dengan menggunakan pisang. Buah berwarna kuning ini kaya akan vitamin C dan tentu saja efektif untuk memutihkan wajah secara alami. Cara merawat wajah agar putih dengan pisang yaitu dengan menghaluskan 1 buah pisang hingga menjadi lembut lalu tambahkan 1 sdm madu. Setelah itu, campurkan kedua bahan tersebut hingga rata. Jika sudah, kalian bias langsung mengoleskan pada wajah. Biarkan mengering selama 20 menit dan bilas dengan air bersih.

 

 

 

2. Mentimun

Cara merawat wajah selanjutnya yaitu dengan menggunakan mentimun. Kandungan antioksidan dan anti-inflamasi pada timun dipercaya mampu mengatasi masalah yang terjadi pada kulit wajah seperti menghilangkan komedo. Adapun langkah merawat wajah menggunakan mentimun yaitu dengan mengambil ½ buah timun, 1 sendok teh perasan air lemon, dan 1 sendok teh air perasan daun mint.

Lumatkan semua bahan dengan blender, masukan ke dalam botol kecil, dan dinginkan dalam lemari es selama sekitar 10 menit. Oleskan ramuan tersebut pada wajah, lalu diamkan. Setelah 15 menit, bilas wajah dengan air hangat dan ikuti dengan air dingin. Lakukan perawatan ini secara teratur seminggu sekali.

 

 

 

3. Tomat

Cara merawat wajah selanjutnya yaitu dengan menggunakan tomat. Senyawa anti-oksidan yaitu lycopine ada dalam tomat terbukti dapat menangkal radikal bebas supaya kulit wajah Nampak indah dan berseri. Cara menggunakan tomat untuk merawat wajah yaitu dengan menumbuk halus tomat hingga menjadi bubur lalu oleskan pada wajah Diamkan selama 30 menit. Kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan cara merawat wajah agar putih secara alami ini secara rutin 2-3 kali seminggu untuk hasil yang optimal.

 

 

 

4. Pepaya

Buah pepaya mengandung enzim papain yang dapat membantu meregenerasi kulit. Kandungan Vitamin E, A dan C nya berfungsi sebagai anti-oksidan yang bisa membantu untuk menutrisi dan melembabkan kulit kalian. Perawatan dengan menggunakan pepaya, akan menghilangkan kulit mati, membersihkan kotoran pada wajah, dan membersihkan komedo.

Pepaya bisa dimanfaatkan menjadi sunscreen atau tabir surya alami bagi kulit wajah. Caranya yaitu potong pepaya kecil-kecil. Haluskan pepaya sampai lembut. Gunakan sebagai masker, dan biarkan selama 30 menit. Penggunaan buah ini akan membantu mengecilkan pori-pori wajah.

 

 

 

5. Kentang

Selanjutnya, cara merawat wajah yang perlu kalian ketahui yaitu kentang. Kentang mengandung vitamin dan mineral yang mampu menyembuhkan kulit dari peradangan. Kentang juga bisa sekaligus menghilangkan bekas jerawat di badan. Cara menggunakannya yaitu dengan iris kentang tipis-tipis dan tempelkan pada jerawat di wajah. Biarkan selama 10 menit. Cuci wajah dengan air bersih. Lakukan perawatan ini sebanyak 3 kali dalam seminggu.

 

 

 

6. Teh Hijau

Teh hijau bermanfaat untuk mengobati jerawat baik diminum atau diaplikasikan pada kulit. Ini berkat kandungan polifenol yang mengurangi sekresi sebum dan jerawat. Cara menerapkan yaitu dengan tambahkan satu sendok teh teh hijau ke dalam secangkir air panas. Seduh selama 5 sampai 7 menit dan saring.

Setelah teh agak dingin, celupkan kapas ke dalamnya. Terapkan dengan lembut di wajah yang berjerawat. Biarkan selama 15 hingga 20 menit dan kemudian bersihkan dengan air. Lakukan ini 2 hingga 3 kali sehari. Untuk manfaat tambahan, teh hijau juga bisa diminum secara rutin.

 

 

 

7. Bengkoang

Banyak sekali produk kecantikan yang mengandung bengkoang sebagai pemutih. Hal ini dikarenakan bengkoang kaya akan vitamin B dan C yang sangat berperan penting untuk memutihkan wajah dan menjaga wajah agar tetap bersih bersinar. Caranya, parut bengkoang hingga lembut lalu peras.Gunakan sarinya sebagai masker wajah alami. Diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan air bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin.

Itulah sederet cara merawat wajah yang perlu kalian ketahui. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

 

 

 

 

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI