8 Jenis jenis burung kenari Paling Populer, Kenali Ciri Fisiknya

Senin, 08 Februari 2021 11:11 Penulis: Dita Tamara
8 Jenis jenis burung kenari Paling Populer, Kenali Ciri Fisiknya
(credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Memelihara burung adalah hal yang menyenangkan yang dapat kalian lakukan. Warna bulu-bulunya dapat membuat segar di mata, dan kicauannya menjadi hiburan tersendiri bagi pecinta burung. Karena faktanya, banyak orang memelihara burung karena ingin mendengar kicauannya yang merdu setiap hari. Salah satu burung kicau yang paling banyak dipelihara adalah burung Serinus Canaria Domestica atau yang biasa dikenal dengan burung Kenari. Burung dengan bulu yang berwarna kuning ini disukai karena ukuran tubuh mungil dan kicauannya yang indah.

Nah untuk kalian yang tertarik untuk memelihara burung kenari, wajib untuk memahami seluk beluk tentang burung ini. Seperti makanannya, agar burung kenari bisa berumur panjang berilah makan biji-bijian, karena burung ini bukan pemakan serangga. Umumnya burung kenari membutuhkan 12 persen protein dari keseluruhan menu makanannya. Jadi, kalian bisa memberikan telur rebus yang campur dengan remah roti kering, atau selain itu bisa diberi buah dan sayur. Jika sudah paham cara merawat burung ini, 

 

 

1. Burung Kenari Melayu

Jenis burung kenari yang pertama adalah burung kenari melayu atau biasa juga disebut burung kenari gunung. Sesuai namanya, penyebaran burung ini banyak ditemukan di pulau Jawa terutama di daerah-daerah pegunungan seperti gunung gede, gunung agung, gunung lawu, dan ada juga yang ditemukan di gunung Tengger.

Ciri-cirinya memiliki tubuh berukuran 11 cm, untuk yang jantan mempunyai dahi dan dada berpita kuning dan bercoret hitam, tunggir kuning terang, sayap hitam dengan mantel abu-abu, tenggorokan hitam, perut putih bercoret hitam. Burung ini adalah burung pemakan biji dengan paruh tebal.

 

 

2. Burung Kenari Yorkshire

Burung kenari jenis ini berasal dari negeri Paman Sam, Amerika Serikat. Walaupun harganya yang mahal sampai 10 juta untuk perekornya dan bukan dari Indonesia, kenari Yorkshire telah banyak memikat pecinta kenari sejak datang ke Indonesia. Ciri-ciri fisiknya adalah mempunyai badan besar dan warna yang cantik. Jenis burung kenari Yorkshire sering disebut dengan wortel terbalik. Karena tubuh dari burung kenari Yorkshire besar dibagian atas kemudian mengerucu kecil menuju ekornya.

 

 

3. Burung Kenari Waterslager

Burung kenari Waterslager yang dikenal memiliki suara kicauan mirip suara air ini berasal dari daerah Fladres, Belgia. Selain itu burung ini ternyata salah satu jenis burung kenari yang di akui oleh Organisasi Ahli Burung Dunia, karena suara kicauannya yang khas. Ciri-ciri dari burung kenari Waterslager yaitu mempunyai paruh yang lebih kecil dan lancip, ukuran tubuhnya sekitar 16 cm.

 

 

4. Burung Kenari Spanish Timbrado

Jenis burung kenari ke-4 adalah kenari Spanish Timbrado yang menjadi salahs satu jenis kenari yang memiliki suara paling jernih dan nyaring. Burung kenari Spanish Timbrado berasal dari Spanyol sejak tahun 1940- 1950 dan memakan biji-bijian. Ciri-cirinya memiliki tubuh cenderung kokoh serta tampak tegap, bagian dada lebih lebar, bagian kaki lebih pendek, ekornya lancip seperti huruf v, dan bulu tubuhnya lebih lebat dibanding jenis burung kenari lainnya

 

 

5. Burung Kenari Roller

Kenari Roller adalah jenis kenari yang berasal dari daerah pegunungan Hartz, Jerman. Kenari Roller memiliki keunggulan dengan kualitas suara yang begitu lembut diatas rata-rata. Untuk kalian yang ingin merawatnya, harus memperhatikan makanannya karena apa yang dimakan burung ini sangat mempengaruhi kualitas kicauannya. Ciri-ciri burung ini memiliki tubuh berukuran 7,5 cm, memiliki gelembung suara di bagian dagu, dan bulu dominasi berwarna hijau.

 

 

6. Burung Kenari Border

Masih seputar jenis burung kenari populer di Indonesia, yang ke-6 burung kenari Border. Burung ini memiliki suara kicauan yang tidak kalah merdu dengan suara kenari lainnya. Kenari Border cenderung memiliki bentuk fisik yang lebih unik dan khas seperti memiliki bulu tubuh yang terkesan mengembung seperti balon, tubuh berbentuk mungil dan sangat indah, bulu tubuhnya kebanyakan berwaran kuning, putih, hijau, kayu manis, atau lainlainnya.

 

 

7. Burung Kenari Gloster

Kenari ini adalah jenis burung kenari yang sering kalian temui di pasar burung. Keunikan burung ini ada pada bulu di kepalanya yang terlihat seperti rambut manusia. Ciri-cirinya memiliki tubuh berukuran sekitar 11,5 cm, bentuk tubuh gemuk dan pendek, jambul melingkar rapi dan mengelilingi kepalanya, dan warna bulunya yang populer adalah warna kuning, putih salju, dan coklat

 

 

8. Burung Kenari Norwich

Kenari Norwich adalah jenis kenari yang di impor dari kota Nowrwich, Inggris. Jenis burung kenari ini memiliki ciri-ciri seperti tubuh berukuran 16 cm, tubuh berbentuk bulat dan tebal dengan bulu berwarna hijau atau kuning, dadanya bidang dan sedikit lebar, punggungnya lebar dan pendek, dan sayap dan ekornya yang pendek. Bisa dikatakan bahwa Norwich adalah jenis kenari yang cukup besar dibanding kenari lainnya.

 

 

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI