7 Fungsi Hati dalam Menjaga Kesehatan Tubuh, Ketahui Juga Cara Menjaganya Agar Tetap Sehat

Jum'at, 11 Desember 2020 16:55 Penulis: Puput Saputro
7 Fungsi Hati dalam Menjaga Kesehatan Tubuh, Ketahui Juga Cara Menjaganya Agar Tetap Sehat
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Hati merupakan salah satu organ penting dalam tubuh manusia. Layaknya organ dalam lainnya, fungsi hati bagi kesehatan tubuh tidak bisa dianggap remeh. Hati disebut-sebut sebagai organ sentral dalam proses metabolisme tubuh. Hati yang terletak di dalam rongga perut juga mempunyai peran penting dalam proses seksresi.

Hati atau yang juga sering disebut liver harus dijaga kesehatannya. Pasalnya, kondisi hati yang bermasalah bisa mengancam kesehatan. Kondisi hati yang bermasalah, bisa menyebabkan sirkulasi dalam tubuh manusia menjadi tidak lancar. Fungsi hati bisa saja terganggu karena berbagai hal. Pasalnya, hati juga tergolong organ yang rawan mengalami penyakit, seperti hemakromatosis, sirosis bilier primer dan kanker hati.

Oleh karena itu, penting untuk tahu cara menjaga kesehatan hati. Namun, sebelumnya yang tak kalah penting adalah mengetahui apa saja fungsi hati. Dirangkum dari berbagai sumber, simak berikut ini ulasannya.

1. Organ Detoksifikasi

Tanpa kita sadari, saat mengonsumsi makanan dan minuman kita bisa saja turut memasukkan racun ke tubuh kita. Selain itu zat-zat beracun juga bisa masuk bersamaan dengan polusi yang terhirup. Untungnya, dalam tubuh kita hati menjalankan fungsi menjalankan proses detoksifikasi.

Proses detoksifikasi yang dilakukan hati memang tidak serta-merta menghilangkan racun dalam tubuh. Namun, hal ini bisa membuat racun lebih ternetralisir. Jadi ke depannya, untuk menghindari masuknya racun ke tubuh kita perlu lebih memperhatikan asupan makanan dan menghindari polusi.

2. Memproduksi Sel Darah Merah

Peranan penting hati dalam tubuh salah satunya adalah memproduksi sel darah merah. Sel darah merah merupakan sel darah yang tidak bisa bertahan lama. Jangka umur sel darah merah hanya rusak atau hancur dalam hitungan bulan saja. Agar tubuh tetap stabil, sirkulasi produksi sel darah merah harus selalu terjaga. Hal ini hanya bisa terjadi apabila kondisi kesehatan hati terjaga. 

3. Menyimpan Kadar Gula Darah

Untuk tetap berenergi dan aktif beraktivitas, kita membutuhkan asupan gula darah. Kekurangan gula darah bisa menyebabkan tubuh terasa lesu seolah tidak bertenaga. Beruntung, salah satu fungsi hati adalah menyimpan kadar gula dalam tubuh. Sehingga, kebutuhan gula darah untuk sumber energi sepanjang hari tetap bisa terjaga dan terpenuhi. 

4. Menyimpan Vitamin dan Mineral

Selain menyimpan gula darah, hati juga berfungsi menyimpan vitamin dan mineral dalam tubuh. Hati bisa menyimpan berbagai jenis vitamin yang larut dalam lemak, seperti vitamin A, D, E,K dan juga B12. Dengan vitamin dan mineral yang terjaga, akan membuat tubuh menjadi lebih segar dan sehat.

5. Penghasil Cairan Empedu

Dalam tubuh kita, terdapat cairan empedu yang yang punyai fungsi penting. Cairan empedu berfungsi untuk mengemulsikan lemak yang berada di makanan. Cairan empedu dihasilkan dari sel darah merah yang sudah diproses dalam hati. Jadi, selain menghasilkan sel darah merah, salah satu fungsi hati adalah menghasilkan cairan empedu.

6. Membantu Sistem Antibodi

Untuk tetap sehat bugar, tubuh kita membutuhkan sistem antibodi atau kekebalan tubuh yang mumpuni. Dengan sistem antibodi yang stabil, tubuh tidak akan mudah terjangkit penyakit. Ternyata, hati jadi salah satu organ yang cukup berperan dalam menjaga sistem antibodi agar tetap stabil.

Pasalnya, seperti yang dibahas sebelumnya hati berperan besar dalam proses detoksifikasi. Selain itu, hati juga akan memastikan mekanisme tubuh dalam melawan bakteri atau virus bisa berjalan efektif.

7. Sekresi Birubilin

Fungsi hati berikutnya yaitu menjaga sistem sekresi birubilin. Dalam tubuh birubilin berfungsi dalam memberi warna pada feses dan juga urine. Artinyam warna feses dan urine bisa jadi indikator dari kondisi kesehatan hati. Sebelum memberi warna, birubilin akan memecah senyawa sel darah merah lalu dikeluarkan melalui feses atau pun melalui urine.

8. Cara Menjaga Kesehatan Hati

Sebegitu penting fungsi hati bagi kesehatan tubuh kita. Oleh karena itu, sudah semestinya kita menjaga kondisi organ dalam yang satu ini agar tetap stabil dan sehat. Berikut beberapa cara menjaga kesehatan hati.

1. Mengonsumsi Buah dan Sayur
Menjaga pola makan dengan mengonsumsi buah dan sayur adalah kunci agar tubuh tetap sehat dan bugar. Mengonsumsi buah dan sayur juga diyakini bisa menjaga fungsi hati. Terlebih, jenis sayuran hijau seperti kol, brokoli, bayam, dan lainnya diyakini bisa menjauhkan kita dari penyakit liver.

2. Hindari Alkohol
Tentu sudah jadi rahasia umum bahwa konsumsi alkohol bisa ganggu kesehatan, termasuk kesehatan organ hati. Alkohol bisa memicu peradangan dan pembengkakan pada hati. Konsumsi secara terus menerus dan berlebih juga dikhawatirkan bisa memicu kerusakan hati permanen.

3. Cukupi Kebutuhan Air Putih
Berkebalikan dengan alkohol, air putih jadi minuman yang sangat dianjurkan untuk terus dikonsumsi. Air putih bisa memberi banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, khususnya fungsi hati. Untuk menjaga kesehatan hati, kalian dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan asupan air sebanyak 8 gelas per hari.

4. Lakukan Imunisasi
Penyakit hati atau liver adalah suatu hal yang bisa dicegah. Pasalnya, liver bisa disebabkan oleh serangan virus. Nah untuk mencegahnya, kalian bisa melakukan vaksin. Terdapat beberapa vaksin untuk kesehatan hati, seperti vaksin hepatitis B. Pemberian vaksin sejak kecil akan memperkecil risiko kerusakan hati ketika tumbuh dewasa.

Itulah di antaranya ulasan mengenai fungsi hati dan cara menjaganya agar tetap sehat. Semoga bermanfaat.

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI