Kerap Jadi Lalap - Sayur, Ini 8 Manfaat Daun Singkong yang Belum Banyak Orang Tahu

Senin, 29 Juni 2020 16:11 Penulis: Puput Saputro
Kerap Jadi Lalap - Sayur, Ini 8 Manfaat Daun Singkong yang Belum Banyak Orang Tahu
Manfaat daun singkong (credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Daun singkong tentu sudah jadi bahan makanan yang tidak asing bagi lidah orang Indonesia. Kerap hadir di piring santap siang, daun singkong sering jadi lalapan hingga diolah jadi sayur. Meski begitu populer, nyatanya tidak banyak orang yang tahu apa saja manfaat daun singkong untuk kesehatan. Padahal daun singkong tak ubahnya sayuran yang punya banyak nutrisi.

Berbagai kandungan nutrisi, mulai dari vitamin sampai asam amino bisa ditemukan di daun singkong. Berkat kandungan nutrisi tersebut, daun singkong diyakini mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan. Ya, khasiat daun singkong memang tidak bisa dianggap remeh.

Lebih detail, berikut beberapa manfaat daun singkong untuk kesehatan, dilansir dari berbagai sumber.

 

1. Baik untuk Pencernaan

Daun singkong menyimpan banyak serat yang baik untuk pencernaan. Serat dalam daun singkong dipercaya akan mendorong sistem pencernaan berjalan dengan lancar. Tidak hanya itu, serat dalam daun singkong juga dipercaya bakal meningkatkan kekebalan bakteri baik dalam pencernaan. Oleh karena itu, mengonsumsi daun singkong dalam jumlah yang cukup diyakini akan menjaga pencernaan dari diare dan sembelit.

2. Menjaga Kekebalan Tubuh

Manfaat daun singkong yang kedua tidak kalah hebat. Daun singkong mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Sementara, vitamin C merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kekebalan tubuh. Kemampuan ini juga didukung adanya antioksidan yang juga cukup tinggi. Sebagaimana yang kita tahu, antioksidan berfungsi menangkal radikal bebas. Dengan begitu, daya tubuh akan lebih terjaga, sehingga tidak mudah terkena penyakit.

3. Menjaga Sistem Metabolisme Tubuh

Selain vitamin C, dalam daun singkong juga terdapat kandungan vitamin B yang cukup tinggi. Jika vitamin C berguna menjaga daya tahan tubuh, maka vitamin B sangat baik untuk sistem metabolisme tubuh. Di samping vitamin B, manfaat daun singkong untuk metabolisme tubuh juga didukung adanya kandungan protein dan mineral.

Mengonsumsi daun singkong akan membuat metabolisme tubuh berjalan dengan baik. Sehingga, tubuh tidak akan mudah merasa lemas. Secara tidak langsung, hal ini juga turut berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4. Mencegah Anemia

Anemia atau penyakit yang disebabkan karena kekurangan sel darah merah tentu bukan hal yang boleh dianggap sepele. Penderita anemia akan sering mengalami pusing dan mudah lelah, sehingga aktivitas akan terganggu.

Jika kalian adalah salah satu yang mengalami anemia, jangan cemas. Daun singkong bisa jadi salah satu cara untuk mengembalikan kebutuhan sel darah merah dalam tubuh. Zat besi dalam daun singkong akan membantu meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh.

5. Baik Dikonsumsi Wanita Hamil

Daun singkong bisa jadi salah satu menu yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh wanita hamil. Sebab, sejumlah kandungan nutrisi dalam daun singkong sangat baik untuk ibu hamil dan calon bayi. Kandungan nutrisi tersebut antara lain asam folat, vitamin C, dan zat besi.

Asam folat sangat berguna untuk proses pertumbuhan dan perkembangan syaraf dan otak janin. Sementara, seperti yang sudah disinggung sebelumnya, vitamin C akan membantu wanita hamil untuk mempertahankan sistem kekebalan tubuhnya. Sedangkan zat besi akan menjauhkan ibu dari risiko anemia. Berdasarkan hal tersebut, manfaat daun singkong sudah tidak perlu diragukan lagi.

6. Menyehatkan Jantung

Selama ini daun singkong sering diyakini bisa jadi salah satu pemicu darah tinggi atau hipertensi. Padahal, menurut sejumlah sumber hal ini belum bisa dibuktikan secara medis. Terlebih, daun singkong diketahui tidak mempunyai kandungan garam yang bisa memicu meningkatnya tekanan darah, sehingga membahayakan jantung.

Sebaliknya, salah satu manfaat daun singkong ternyata bisa menyehatkan jantung. Daun singkong punya kandungan vitamin C, antioksidan, dan kalium tinggi yang bagus untuk kesehatan jantung. Selain itu, dalam daun singkong juga terdapat isolavon yang merupakan zat efektif untuk mencegah stroke. Tidak hanya stroke, daun singkong juga dipercaya mampu menjauhkan kalian dari penyakit kardiovaskular lainnya.

7. Menyehatkan Tulang

Di samping beragam vitamin, daun singkong juga menyimpan banyak mineral yang penting untuk kesehatan tulang. Dalam daun singkong terdapat setidaknya sejumlah mineral, seperti fosfor, kalsium, magnesium, dan dan mangan. Kandungan mineral tersebut membuat daun singkong mempunyai khasiat untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Artinya, mengonsumsi daun singkong akan menjauhkan kalian dari risiko osteoporosis.

8. Jaga Kesehatan Kulit

Apabila kalian termasuk orang yang mendamba kulit yang sehat, kalian bisa mengonsumsi daun singkong. Daun singkong dipercaya bisa menjaga kesehatan kulit. Bahkan, kandungan antioksidan, lisin, arginin, dan asam amino dalam daun singkong dipercaya ampuh cegah penuaan dini. Kandungan tersebut dipercaya akan mempercepat proses peremajaan sel kulit yang rusak.

Itulah di antaranya beberapa manfaat daun singkong untuk kesehatan. Kalian bisa mendapat manfaat-manfaat tersebut langsung dari daun singkong di kebun. Meski bermanfaat, pastikan jumlah konsumsi. Jangan sampai mengonsumsi dalam jumlah yang berlebihan.

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI