7 Manfaat Berteriak untuk Kesehatan, Bisa Mencegah Stroke

Selasa, 10 Maret 2020 13:20 Penulis: Jevi Adhi Nugraha
7 Manfaat Berteriak untuk Kesehatan, Bisa Mencegah Stroke
(credit: pexel.com)


Kapanlagi Plus - Saat merasa kesakitan, tak jarang seseorang akan spontan berteriak. Hal ini merupakan bentuk cara tubuh dalam melawan rasa sakit yang diterima. Apalagi saat terjatuh misalnya, banyak orang yang terkaget dan langsung berteriak spontan.

Namun pernahkah kalian tahu, ternyata berteriak punya manfaat lho, apalagi untuk kesehatan. Rupanya berteriak jadi salah satu cara alternatif yang paling mudah dilakukan untuk mencegah dan mengatasi berbagai macam penyakit. Berikut ini 10 manfaat berteriak untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui.

 

 

 

1. Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung menjadi salah satu penyakit yang cukup mematikan di dunia, pasalnya jantung merupakan salah satu organ vital dalam tubuh manusia. Oleh sebab itu, alangkah baiknya sejak dini melakukan pencegahan dengan cara-cara yang mudah, salah satunya ialah berteriak.

Banyak orang yang menyangka kalau berteriak hanya sekedar mengeraskan suara, karena marah atau membentak. Padahal jika dilakukan secara tepat, berteriak dapat memberikan efek baik bagi kesehatan. Tidak main-main, bahkan berteriak juga mampu mengatasi masalah penyakit jantung. Hormon adrenalin yang meningkat saat berteriak dapat membantu kinerja jantung secara optimal.

2. Meningkatkan Semangat

Rutinitas sehari-hari terkadang berjalan dengan stagnan dan menjenuhkan. Hal inilah yang terkadang menurunkan semangat untuk menjalankan aktivitas. Selain itu, banyaknya beban pikiran yang sedang dihadapi juga menjadi faktor penyebab terjadinya penurunan semangat.

Saat sedang suntuk atau malas gerak, cobalah untuk berteriak sekencang-kencangnya. Carilah tempat di alam terbuka dan lepaskan semua beban pikiran melalui teriakan-teriakan. Berteriak dipercaya dapat membangkitkan gelora semangat, pasalnya sensasi berteriak dapat membangunkan suasana hati yang jauh lebih tenang.

3. Melancarkan Peredaran Darah

Buat kamu yang sering merasa kesemutan atau nyeri pada lengan maupun kaki, mungkin hal itu disebabkan karena peredaran darah tidak mengalir dengan lancar. Untuk mengatasi ini, kamu bisa melakukan cara alternatif yaitu dengan berteriak. Sebab saat berteriak hormon adrenalin dalam tubuh akan meningkat, sehingga hal ini akan memicu jantung memompa darah lebih optimal.

Saat jantung bekerja optimal dalam memompa darah maka membuat pembuluh darah akan terbuka lebar yang membantu membuka ruang bagi darah untuk mengalir.

4. Menurunkan Resiko Hipertensi

Hipertensi adalah kondisi medis kronis dengan tekanan darah yang meningkat. Biasanya penyakit ini ditandai dengan gejala sakit kepala, gangguan penglihatan bahkan pingsan. Banyak cara dilakukan untuk mencegah terjadinya hipertensi, salah satunya yaitu dengan berteriak. Dengan berteriak dapat melancarkan peredaran darah, sehingga jantung akan memompa darah secara optimal. Tentu hal ini dapat menurunkan resiko hipertensi.

5. Mengatasi Stress Hingga Mencegah Depresi

Kesibukan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari terkadang membuat bosan, suntuk, bahkan tak jarang menyebabkan stres. Seringkali seseorang ingin mengeluarkan beban di dalam pikiran dengan berteriak sekencang-kencangnya di alam terbuka.

Saat berteriak, sesungguhnya seseorang sedang mengeluarkan beban yang ada di pikiran. Setelah berteriak biasanya akan mengalami kondisi yang jauh lebih tenang, hal ini karena selama berteriak terjadi proses pengendoran otot yang dapat menimbulkan sensasi menghilangkan rasa penat. Sehingga hal ini dapat mengatasi stress yang sedang kamu rasakan. Tak hanya itu, hal ini juga dapat menurunkan resiko depresi.

6. Mencegah Stroke

Stroke adalah salah satu penyakit yang terjadi akibat pasokan darah ke otak terganggu atau berkurang yang disebabkan karena adanya penyumbatan. Gejala stroke biasanya ditandai dengan tungkai mati rasa, gangguan bicara, wajah nampak menurun.

Banyak cara dilakukan untuk mencegah penyakit stroke, salah satu cara yang paling mudah yaitu berteriak. Dengan berteriak aliran darah akan berjalan dengan lancar dan tentunya akan terhindar dari penyumbatan pada otak.

7. Meredakan Rasa Sakit

Hampir semua orang pernah berteriak saat merasakan sakit. Hal ini wajar karena juga memberikan manfaat untuk meredakan rasa sakit. Jadi, jangan ragu untuk berteriak saat merasakan sakit yang terpenting adalah tau waktu dan tempat. Berteriak di alam bebas yang jauh dari kumpulan orang-orang menjadi salah satu cara berteriak efektif yang perlu kamu lakukan.



 

(kpl/jan/gen)



MORE STORIES




REKOMENDASI