7 Manfaat Daun Sukun untuk Kesehatan, Bisa Cegah Kolesterol - Menyehatkan Jantung

Penulis: Puput Saputro

Diterbitkan:

7 Manfaat Daun Sukun untuk Kesehatan, Bisa Cegah Kolesterol - Menyehatkan Jantung
Manfaat daun sukun (credit: pixabay)

Kapanlagi.com - Sukun jadi salah satu jenis buah yang unik. Sebab, buah sukun perlu diolah terlebih dahulu agar bisa dikonsumsi. Biasanya, buah sukun akan diolah menjadi gorengan atau keripik. Punya tekstur empuk dan lembut, sukun banyak digemari. Namun ternyata bukan hanya buahnya saja yang bisa dikonsumsi, melainkan daunnya juga. Bahkan, manfaat daun sukun dipercaya bisa mengatasi berbagai penyakit.

Sayangnya, khasiat yang terkandung dalam daun sukun sepertinya belum banyak orang yang tahu. Padahal, daun tanaman ini punya sejumlah senyawa seperti asam amino esensial, riboflavin, polifenol, dan sebagainya. Senyawa-senyawa tersebut akan sangat baik bagi tubuh. Mengonsumsi daun sukun juga sangatlah mudah, tinggal dikeringkan lalu diseduh seperti membuat teh.

Lantas, apa sajakah manfaat daun sukun untuk kesehatan? Berikut ulasannya, dirangkum dari berbagai sumber.

 

1. Mengatasi Asam Urat

Asam urat merupakan yang biasa menyerang orang yang sudah lanjut usia. Namun, tidak menutup kemungkinan kalian yang masih berusia muda juga bisa mengalaminya. Asam urat disebabkan karena kadar purin dalam tubuh yang tinggi. Oleh karena itu, salah satu upaya pencegahannya adalah dengan menghindari makanan yang mengandung banyak purin seperti kacang-kacangan.

Akan tetapi jika asam urat menyerang secara tiba-tiba, kalian tak perlu khawatir. Sebab, daun sukun bisa jadi solusi untuk menyembuhkannya. Saat asam urat kambuh, kalian bisa mengonsumsi teh daun sukun secara teratur. Teh daun sukun yang mempunyai efek antiperadangan akan meredakan asam urat.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Mencegah Gagal Ginjal

Manfaat daun sukun yang kedua ialah bisa mencegah gagal ginjal. Sesuai dengan namanya, gagal ginjal disebabkan karena ginjal yang tidak menjalankan fungsinya dengan normal. Padahal, dalam tubuh manusia ginjal punya peran yang penting untuk mengatur racun.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, kalian bisa mengonsumsi teh daun sukun. Sebab, tidak hanya mencegah terjadinya gagal ginjal daun sukun juga berkhasiat melancarkan proses diuretik dalam tubuh.

3. Menyehatkan Jantung

Serangan jantung dan penyakit kardiovaskular lainnya selama ini jadi salah satu penyakit yang paling ditakuti. Alasannya cukup wajar, karena penyakit jantung menjadi salah satu penyakit yang paling mematikan di dunia. Untungnya, senyawa dalam daun sukun bisa menjauhkan Anda dari risiko terkena penyakit kardiovaskular.

Berbagai senyawa alami dalam daun sukun seperti flavonoid, riboflavin, dan sirosterol bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Selain itu, meminum teh daun sukun diyakini akan membantu menurunkan tekanan darah yang tinggi menjadi normal. Dengan begitu, kalian relatif akan lebih aman dari ancaman penyakit jantung.

4. Mengatasi Alergi

Alergi bisa dialami oleh siapa saja. Alergi merupakan reaksi kekebalan tubuh dalam mempertahankan diri dari zat asing yang berbahaya. Oleh sebab itu, terdapat berbagai macam gejala alergi, mulai dari bersin-bersin hingga gatal-gatal.

Bagi kalian yang mempunyai alergi, ada baiknya mencoba menyediakan teh daun sukun di rumah. Hal ini dikarenakan, teh daun sukun dipercaya bisa sembuhkan alergi, khususnya yang terjadi pada kulit. Kandungan dalam daun sukun diyakini bisa mempercepat proses pembentukan hormon dan enzim yang berfungsi sebagai anti alergi.

5. Mencegah Kolesterol

Manfaat daun sukun berikutnya adalah bisa mencegah kolesterol. Kolesterol memang harus dicegah, karena bisa mengganggu kesehatan jantung. Untungnya, daun sukun mempunyai kandungan antioksidan yang cukup tinggi, sehingga dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol dan mengeluarkannya melalui urin dan feses. Itulah sebabnya teh daun sukun mujarab cegah kesehatan jantung.

6. Mengontrol Kadar Gula Darah

Kadar gula darah harus dijaga agar tetap stabil. Sebab kadar gula yang terlalu tinggi akan mengancam kesehatan. Kalian bisa menderita diabetes. Salah satu cara mengontrol kadar gula darah adalah dengan meminum teh daun sukun. Teh daun sukun yang mempunyai kandungan flavonoid dipercaya akan efektif turunkan kadar gula darah. Dengan begitu, kadar gula darah akan terjaga dan lebih terhindar dari risiko diabetes.

7. Mengatasi Pembengkakan Limpa

Limpa yang membesar atau membengkak bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti gangguan fungsi akibat racun. Hal ini tentu tak bisa dianggap remeh dan harus segera diatasi. Salah satu alternatif cara untuk mengatasi limpa yang membengkak adalah dengan mengonsumsi teh daun sukun.

Teh daun sukun yang mempunyai antioksidan cukup tinggi bersifat antitoksin. Sehingga, kandungan dalam teh daun sukun dipercaya bisa melancarkan proses detoksifikasi dalam tubuh. Dengan begitu, limpa yang membesar atau membengkak karena racun akan lebih cepat mengecil dan sembuh.

Itulah di antaranya beberapa manfaat daun sukun yang sepertinya belum banyak orang tahu. Meski bermanfaat, tetap batasi jumlah konsumsi untuk menghindari efek samping. Bagaimana apa kalian tertarik mencobanya?

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending