7 Penyebab Kanker Lidah dan Gejalanya yang Perlu Diwaspadai

Senin, 28 Desember 2020 16:22 Penulis: Nurul Wahida
7 Penyebab Kanker Lidah dan Gejalanya yang Perlu Diwaspadai
Penyebab kanker lidah (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Kanker merupakan penyakit kronis yang dikhawatirkan banyak orang. Kanker dapat menyerang seluruh organ tubuh termasuk bagian tak terduga seperti lidah. Kanker tersebut dikenal dengan kanker lidah yang ditandai beberapa gejala. Penyebab kanker lidah dapat dialami karena terjadinya pertumbuhan sel abnormal pada lidah hingga sebabkan masalah kesehatan.

Kanker lidah merupakan kanker yang terjadi pada sekitar area lidah karena pertumbuhan sel tidak terkendali atau bisa dikatakan abnormal. Kanker lidah termasuk jenis kanker mulut yang dapat menyerang area sekitar mulut bahkan gusi dan gigi. Melansir dari webmd.com, kanker lidah dapat terjadi pada area dari ujung lidah ataupun pangkal lidah.

Namun pada kejadian kanker lidah yang menyerang area pangkal terhubung dengan tenggorokan seringkali juga dapat menyebar hingga kelenjar getah bening di leher. Hal inilah yang mengakibatkan timbulnya gejala seperti leher terlihat bengkak.

Selain itu kanker lidah lebih sering dijumpai pada seseorang dengan tingkat usia dewasa lebih tua dibandingkan dengan anak-anak. Penyebab kanker lidah dan gejalanya dapat dipicu oleh sejumlah faktor yang perlu diwaspadai. Adapun penyebab kanker lidah dan gejalanya yang perlu diwaspadai terdapat pada beberapa ulasan di bawah ini.

Meski penyebab kanker lidah belum diketahui secara pasti, namun beberapa faktor risiko kanker lidah berisiko terjadi. Berikut penyebab kanker lidah dan kenali gejalanya telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1. Merokok

Penyebab kanker lidah yang pertama dapat terjadi karena kebiasaan merokok. Bukan rahasia lagi bahwa merokok dapat menimbulkan beragam dampak buruk bagi kesehatan. Hal ini dikarenakan kandungan zat dan senyawa dalam rokok bisa memicu terjadinya masalah kesehatan tertentu termasuk menyerang mulut dan gigi.

Melansir dari cedars-sinai.org, penyebab kanker lidah dapat dialami karena kebiasaan merokok. Bahkan seseorang dengan kebiasaan merokok diketahui memiliki risiko lima kali lebih mungkin terkena kanker lidah dibandingkan mereka yang bukan perokok.

2. Infeksi Virus

Penyebab kanker lidah selanjutnya dapat terjadi karena mengalami infeksi virus. Dalam hal ini salah satu jenis virus yang dikaitkan dengan kejadian kanker lidah adalah human papillomavirus (HPV). HPV sendiri merupakan jenis virus yang menyerang area tubuh tertentu termasuk mulut.

Dalam hal ini infeksi virus HPV bisa menjadi faktor risiko penyebab kanker lidah terjadi. Melansir dari cedars-sinai.org, virus HPV 16 dan HPV 18 diketahui dapat berisiko rentan memicu terjadinya kanker lidah.

3. Konsumsi Alkohol Berlebih

Penyebab kanker lidah lainnya yang perlu diwaspadai adalah dikarenakan konsumsi alkohol yang berlebihan. Sebab kandungan zat dalam alkohol diketahui dapat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan tubuh. Sebut saja beberapa masalah kesehatan karena konsumsi alkohol meliputi gangguan tidur, masalah pernapasan, penyakit jantung, serta kerusakan hati.

Kondisi ini juga diketahui bisa menjadi faktor risiko terjadinya kanker lidah. Untuk itulah membatasi konsumsi alkohol bisa menjadi pertimbangan agar mencegah masalah kesehatan tertentu termasuk kanker lidah.

4. Kurang Konsumsi Buah dan Sayur

Melansir dari medicalnewstoday.com, penyebab kanker lidah dapat terjadi karena kurangnya konsumsi buah dan sayur. Seperti diketahui buah dan sayur merupakan sumber nutrisi sehat yang penting dimiliki tubuh. Sehingga kurangnya asupan makanan buah dan sayur bisa jadi dapat memunculkan beragam masalah kesehatan termasuk menyerang mulut seperti kanker lidah.

Misalnya saja sejumlah makanan yang rendah buah dan sayur namun tinggi daging merah ataupun makanan olahan bisa meningkatkan risiko rentan terhadap kanker lidah. Untuk itulah pentingnya menjaga pola makanan sehat agar mencegah masalah kesehatan tertentu.

5. Riwayat Keluarga

Kanker lidah juga dapat terjadi jika memiliki anggota keluarga dengan riwayat kanker lidah ataupun mulut. Seperti diketahui sejumlah masalah kesehatan seringkali meningkat karena faktor keturunan baik diturunkan dari orang tua ataupun saudara kandung. Meski begitu pemeriksaan lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui dengan pasti penyebab kanker lidah.

6. Kurang Menjaga Kesehatan Mulut

Kesehatan mulut meliputi gigi, gusi ataupun lidah yang penting diperhatikan dengan baik kesehatannya. Dalam hal ini kurangnya menjaga kesehatan mulut diketahui dapat memicu terjadinya kanker lidah. Misalnya saja kebersihan gigi tidak terjaga yang dapat meninggalkan sisa makanan hingga sebabkan masalah kesehatan gigi. Selain itu melansir dari alodokter.com, kanker lidah seringkali dikaitkan dengan kondisi gigi tidak rata, gigi kasar, ataupun gigi bergerigi.

7. Pernah Memiliki Riwayat Kanker Skuamosa

Melansir dari medicalnewstoday.com, seseorang yang pernah memiliki riwayat penyakit kanker sebelumnya juga berisiko terhadap kejadian kanker lidah. Terutama kanker sel skuamosa yang merupakan penyakit kanker menyerang sel kulit. Kanker ini dapat terjadi karena area kulit yang sering terpapar matahari. Meski begitu gejala sel skuamosa juga dapat terjadi di dalam mulut ataupun telinga.

8. Gejala Kanker Lidah

Setelah mengetahui beberapa penyebab kanker lidah, penting juga mengenali gejala kanker lidah. Sehingga dengan mengenali gejala kanker lidah dapat mencegah kejadian kanker lidah sedini mungkin. Adapun gejala kanker lidah sebagai berikut dilansir dari cancerresearchuk.org:

- Muncul bercak merah atau putih pada lidah.

- Sakit pada tenggorokan yang berlangsung lama.

- Terdapat benjolan pada lidah yang tidak kunjung sembuh.

- Nyeri ketika menelan.

- Mati rasa di mulut yang tidak kunjung sembuh.

- Terjadi pendarahan pada lidah yang terjadi tiba-tiba tanpa penyebab.

- Sakit pada telinga.

Nah itulah 7 penyebab kanker lidah dan gejalanya yang perlu diwaspadai. Konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter dapat dipertimbangkan untuk mendapatkan penanganan tepat terkait kejadian kanker lidah.

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI