7 Rekomendasi Menu Sarapan Sehat, Bergizi, dan Menarik untuk Anak

Selasa, 26 April 2022 09:11
7 Rekomendasi Menu Sarapan Sehat, Bergizi, dan Menarik untuk Anak
Ilustrasi (Credit: Unsplash)


Kapanlagi Plus - Sebagai orangtua, memperhatikan menu sarapan anak setiap pagi merupakan hal yang penting. Kalian perlu memastikan terpenuhinya gizi yang dibutuhkan. Untuk menyiapkan hal tersebut terkadang juga butuh rekomendasi menu sarapan yang baru.

Rekomendasi menu sarapan bagi anak memang perlu bervariasi agar mereka tak merasa bosan. Artinya, selain memikirkan nilai gizi, kalian juga harus pintar menarik perhatian si kecil agar nafsu makannya tetap terjaga.

Hal itu bisa kalian lakukan dengan memperbanyak referensi resep dan terus berlatih mengombinasikan bahan makanan yang ada. Tentu, itu bukan hal mudah. Perlu pembiasaan untuk melakukannya. Nah, jika kalian membutuhkan referensi, berikut ini terdapat beberapa rekomendasi menu sarapan sehat, bergizi, dan menarik untuk anak yang bisa kalian ikuti.

 

1. Kebutuhan Gizi Anak

Sebelum masuk ke resep rekomendasi menu sarapan sehat untuk anak, tentu kalian perlu memahami definisinya terlebih dahulu. Makanan sehat merupakan makanan yang bisa memenuhi gizi. Menurut Kementrian Kesehatan RI, berikut ini merupakan panduan untuk memberikan menu sarapan yang bergizi untuk anak,

- 300 gram karbohidrat,

- 65 gram protein,

- 50 gram lemak,

- 25 gram serat,

- Asupan berbagai vitamin dan mineral.

Ada cara mudah yang bisa kalian lakukan untuk mengikuti panduan di atas, yaitu dengan membagi piring menjadi empat bagian dengan isi masing-masing sebagai berikut ini:

1. Karbohidrat kompleks, misalnya roti gandum, nasi merah, atau bubur gandum (oatmeal).

2. Lemak tak jenuh seperti kacang-kacangan.

3. Protein, baik itu dari telur atau daging tanpa lemak.

4. Sayur dan buah-buahan untuk melengkapi kebutuhan vitamin dan serat.

 

2. Rekomendasi Menu Sarapan untuk Anak

1. Pasta

Rekomendasi menu sarapan sehat untuk anak yang pertama adalah pasta. Kalian bisa menghidangkan menu seperti spaghetti atau mac n cheese untuk si kecil. Banyak resep pasta yang simpel untuk anak. Lebih mudahnya, saus yang diperlukan pun bisa disiapkan sejak malam hari. Dengan begitu, kalian tak terlalu repot saat memasak di pagi hari. Nah, untuk memperkaya kandungan gizi, jangan lupa tambahkan daging dan sayur secara maksimal.

2. Smoothies buah

Smoothies merupakan menu sarapan yang juga akan disukai anak. Kalian bisa membuatnya dari kombinasi buah-buahan favorit si kecil. Kalian juga bisa menambahkan stroberi dan pisang bersama dengan susu cair.

3. Muesli

Mungkin selama ini muesli dianggap sebagai menu yang bagus untuk orang dalam program diet. Padahal sebenarnya, muesli juga bisa menjadi rekomendasi menu sarapan untuk anak lho, KLovers! Pasalnya, menu ini sangat kaya nutrisi dan protein. Kalian juga bisa mencampurnya dengan coklat, buah kesukaan si kecil, dan susu agar lebih menarik. Untuk penyajian. muesli biasanya disiapkan dari malam hari dan ditaruh dalam kulkas. Esok harinya, kalian bisa menghangatkannya atau langsung menyajikan dalam keadaan dingin.

 

3. Rekomendasi Menu Sarapan Sehat

4. Roti selai dan pisang

Rekomendasi menu sarapan untuk si kecil tak harus selalu ribet. Menu seperti roti yang mudah dibuat juga bisa kalian sajikan untuk sarapan. Kalian bisa mengoleskan selai kacang dan menambahkan pisang untuk melengkapi kandungan nutrisinya.

5. Burger

Mungkin kalian mengira bahwa burger merupakan rekomendasi menu sarapan yang cukup ribet untuk disiapkan. Padahal, kalian bisa mulai membuatnya sejak malam hari. Persiapan yang bisa dilakukan, antara lain memotong aneka sayuran dan taruh dalam wadah tertutup atau memindahkan daging burger dari freezer ke kulkas bawah sehingga bisa langsung dimasak tanpa harus menunggu defrost.

Saat pagi datang, kalian tinggal memanggang daging burger dan menyusun bahan-bahan di tengah roti. Dengan begitu, sarapan yang lezat, menarik, dan bergizi bisa cepat disajikan.

6. Panekuk

Panekuk adalah penganan dadar yang dibuat dari tepung terigu, gula, dan telur, diolesi selai atau pasta cokelat, lalu dilipat atau digulung. Menu ini bisa dijadikan alternatif untuk anak-anak sebelum berangkat sekolah. Apalagi sekarang ini sudah banyak bahan adonan yang dijual di pasaran. Hal itu memudahkan kalian dalam proses memasak. Untuk menarik perhatian si kecil, kalian bisa menambahkan keju, selai kacang, selai cokelat, dan potongan buah segar sesuai selera.

7. Omelet

Rekomendasi menu sarapan yang lezat dan tak kalah simpel selanjutnya adalah omelet. Kalian bisa menambahkan berbagi bahan ke dalam omelet untuk memperkaya nutrisinya. Bahan dasarnya berasal dari telur dan susu cair yang bisa dikreasikan dengan daging cincang, ayam cincang, juga aneka sayuran, seperti brokoli, tomat, dan bawang bombay yang juga sudah dicincang. Untuk memenuhi karbohidrat, kalian juga bisa menambahkan nasi saat menyajikannya.

Itulah sederet resep atau rekomendasi menu sarapan sehat, bergizi, dan menarik untuk anak yang bisa kalian jadikan referensi.

 

(kpl/gen/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI