7 Cara Mudah Membersihkan Paru-Paru dari Polusi Udara

Minggu, 20 September 2020 11:22 Penulis: Nurul Wahida
7 Cara Mudah Membersihkan Paru-Paru dari Polusi Udara
Ilustrasi (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Paru-paru menjadi salah satu organ tubuh yang erat kaitannya dengan sistem pernapasan. Tidak heran jika udara yang masuk ke dalam tubuh secara otomatis akan langsung disaring paru-paru baik udara bersih ataupun sebaliknya. Namun ternyata ada sejumlah cara mudah membersihkan paru-paru dari polusi udara.

Paru-paru merupakan organ tubuh yang berhubungan dengan sistem pernapasan dengan fungsi untuk menyaring dan mengganti oksigen dan karbondioksida. Kondisi kesehatan paru-paru yang tidak terjaga dengan baik dapat memicu sejumlah risiko penyakit tertentu seperti asma, bronchitis, pneumonia, dan paru-paru basah. Paru-paru yang terganggu kesehatannya tersebut dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti polusi udara, terinfeksi virus, serta gaya hidup tidak sehat.

Terlebih baru-baru ini dunia tengah dikhawatirkan dengan virus corona covid-19 yang diketahui menyerang sistem pernapasan hingga membuat penderitanya mengalami sesak napas. Namun ternyata ada sejumlah cara mudah membersihkan paru-paru tubuh dari polusi udara termasuk mencegah risiko penyakit tertentu.

Lalu bagaimana cara mudah membersihkan paru-paru dari polusi udara?

Adapun cara mudah membersihkan paru-paru dari polusi udara terangkum dalam beberapa poin di bawah ini. Berikut 7 cara mudah membersihkan paru-paru dari polusi udara yang dirangkum dari berbagai sumber.

 

1. Lakukan Olahraga

Cara mudah membersihkan paru-paru dari polusi udara salah satunya adalah dengan melakukan rutin olahraga. Olahraga yang melibatkan aktivitas fisik tubuh tersebut dapat memberi manfaat bagi kesehatan termasuk menjaga fungsi kerja paru-paru tetap baik.

Seperti melansir dari medicalnewstoday.com, dalam hal ini keterkaitan antara aktivitas fisik olahraga dengan kesehatan paru-paru dapat diperoleh karena secara tidak langsung saat berolahraga tubuh akan meningkatkan sistem kerja paru-paru. Dimana sistem pernapasan yang meningkat tersebut dapat membantu tubuh lebih banyak menggunakan oksigen dan menghasilkan sedikit kabondioksida.

Olahraga di pagi hari saat udara bersih dan segar dapat menjadi pilihan tepat menjaga kesehatan dan membersihkan paru-paru. Namun perlu diperhatikan untuk menghindari olahraga luar ruangan apabila dirasa memiliki tingkat polusi udara yang cukup tinggi. Selain itu bagi pengidap masalah kesehatan pernapasan seperti asma disarankan untuk melakukan konsultasi dengan dokter kesehatan apabila ingin melakukan olahraga sebagai penunjang aktivitas fisik yang bermanfaat.

2. Konsumsi Teh Hijau

Cara mudah membersihkan paru-paru dari polusi udara selanjutnya adalah dengan mengonsumsi teh hijau. Seperti diketahui teh hijau sudah cukup umum dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh termasuk bagi organ pernapasan.

Kandungan antioksidan dalam teh hijau diyakini dapat membantu mencegah peradangan dalam tubuh akibat paparan radikal bebas. Radikal bebas tersebut termasuk bisa diperoleh dari berbagai polusi udara mulai dari asap rokok ataupun polusi kendaraan umum. Seperti mengutip dari sumber yang sama, sebuah penelitian yang dilakukan di Korea melaporkan rutin minum teh hijau sebanyak dua cangkir per hati bermanfaat menjaga kesehatan paru-paru.

3. Makan Buah Apel

Cara mudah membersihkan paru-paru dari polusi udara juga dapat dilakukan dengan konsumsi buah apel. Seperti melansir dari merdeka.com, buah apel dipercaya dapat memberikan manfaat bagi tubuh karena kandungan nutrisi di dalamnya. Termasuk bermanfaat pada sistem pernapasan manusia yang menawarkan fungsi membersihkan paru-paru dari polusi udara.

Kandungan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan dapat menangkal radikal bebas yang menyerang tubuh. Selain itu vitamin C juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4. Membersihkan Ventilasi Udara

Ventilasi udara di rumah cukup penting dimiliki untuk menjaga udara tetap bersih serta sehat. Membersihkan ventilasi udara juga menjadi cara mudah menjaga kesehatan paru-paru supaya terhindar dari berbagai penyakit.

Melakukan cek dan pembersihan ventilasi udara perlu dilakukan untuk mempertahankan udara tetap sehat dan bersih. Sebut saja seperti AC yang perlu dipastikan untuk tetap bersih dari debu agar diperoleh udara yang sehat.

5. Konsumsi Makanan Anti Inflamasi

Cara mudah membersihkan paru-paru dari polusi udara selanjutnya adalah dengan konsumsi makanan anti inflamasi. Dalam hal ini makanan tersebut dapat diperoleh dari berbagai jenis sayur dan buah yang mengandung antioksidan tinggi. Sebuat saja mulai dari kunyit, brokoli, teh hijau, ataupun buah berry bisa menjadi pilihan tepat membersihkan organ paru-paru.

6. Olah Pernapasan

Mengolah pernapasan tubuh cukup mudah dilakukan untuk membersihkan paru-paru dari polusi udara. Sebab dengan melakukan latihan pernapasan, paru-paru tubuh akan lebih maksimal melakukan fungsinya untuk mengganti oksigen. Mengutip dari helathline.com, mengolah pernapasan seperti pernapasan perut cukup efektif untuk menjaga kesehatan paru-paru dan membersihkannya.

7. Hentikan Kebiasaan Merokok

Tentunya bukan rahasia lagi jika merokok dapat memberi dampak kesehatan bagi tubuh termasuk mempengaruhi sistem pernapasan. Sehingga untuk menjaga kesehatan paru-paru yang menjadi organ vital pernapasan menghentikan aktivitas merokok sangat disarankan agar menjaga kualitas paru-paru tetap stabil dan bekerja maksimal. Tak hanya berdampak pada perokok aktif, melainkan juga para perokok pasif.

Nah itulah 7 cara mudah membersihkan paru-paru dari polusi udara. Selain beberapa poin di atas menjaga asupan sehat juga penting dilakukan agar mendapat hasil yang lebih optimal. Apabila mengalami masalah kesehatan paru-paru yang tidak kunjung membaik, konsultasi dengan dokter disarankan agar mendapat penanganan dengan segera.

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI