8 Cara Mengatasi Rasa Gugup Bertemu Calon Mertua, Hindari Sikap Sok Asyik

Penulis: Jevi Adhi Nugraha

Diterbitkan:

8 Cara Mengatasi Rasa Gugup Bertemu Calon Mertua, Hindari Sikap Sok Asyik
(credit: pexel.com)

Kapanlagi.com - Saat seseorang bertemu dengan calon mertua pertama kali tentu ada gugup yang dirasakan. Apalagi ketika momen lamaran, dimana harus duduk berhadap-hadapan dengan calon mertua. Tentu hal ini menjadi masalah bagi sebagian orang yang ingin melanjutkan hubungan percintaannya ke jenjang pernikahan.

Rasa gugup saat bertemu calon mertua ini bisa muncul lantaran perasaan khawatir tidak memberi kesan yang baik, misal saat ditanya tentang latar belakang keluarga, tingkat pendidikan bahkan terkait pekerjaan. Tak hanya itu, mungkin yang paling ditakuti adalah saat calon mertua tidak menyukai bahkan tidak menyetujui hubungannya.

Lantas bagaimana mengatasi rasa gugup saat bertemu calon mertua? Berikut 8 cara yang bisa kamu lakukan.

 

 

1. Tanyakan Kabar

Hal yang sebaiknya kamu lakukan saat pertama kali bertemu dengan calon mertua adalah menanyakan kabar. Pertanyaan ini sangat efektif untuk mengawali sebuah pembicaraan. Selain terlihat ramah, kamu akan merasa jauh lebih tenang untuk melanjutkan pembicaraan dengan calon mertua.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Bawakan Bingkisan

Salah satu strategi yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rasa gugup adalah membawakan bingkisan untuk calon mertua. Bingkisan yang dibawa tidak harus mewah, yang penting ikhlas memberikannya. Selain mendapat kesan yang baik dari calon mertua, memberi bingkisan ini juga akan membuatmu lebih percaya diri saat menghadapi calon mertua dan terhindar dari rasa grogi.

3. Hindari Sok Asyik

Terlihat ramah memang harus ditunjukkan saat menghadapi calon mertua. Bahkan untuk mencairkan suasana boleh mengeluarkan candaan yang kamu miliki. Tentu saja dengan catatan sewajarnya saja.

Sebab apabila kamu terlihat sok asyik terus-terusan, maka kamu akan dianggap calon mertua sebagai sosok yang tidak dewasa. Pasalnya, calon mertua kebanyakan menyukai calon menantu yang tahu akan situasi dan kondisi.

4. Tahu Posisi dan Kondisi

Saat menghadapi calon mertua usahakan selalu peka terhadap situasi dan kondisi. Kamu harus tau kapan untuk diam dan kapan harus berbicara. Lakukan semua dengan cara yang tepat, misalnya saat calon mertua sedang membicarakan topik tertentu, maka dengarkan baik-baik dan jangan sampai kamu terlihat menggurui.

5. Berikan Simpati dan Empati

Saat calon mertua sedang membicarakan topik tertentu yang berkisah tentang kesedihan, tunjukkan rasa simpati dan empati kamu. Jangan sampai saat calon mertua sedang mencurahkan isi hati terkait cerita-cerita sedih, kamu seolah cuek dan tidak mendengarkan. Hal ini akan membuat calon mertua merasa tidak dihargai dan tentu dapat memberi efek buruk buat kamu.

6. Ajukan Pertanyaan

Salah satu cara mengatasi rasa grogi saat menghadapi calon mertua yaitu kamu harus terlihat aktif dengan mengajukan beberapa pertanyaan. Tentu pertanyaan ini diajukan setelah calon mertua memberikan beberapa pertanyaan untukmu.

Setelah calon mertua diam sejenak tidak melanjutkan topik pembicaraan, kini giliran kamu yang harus terlihat lebih aktif untuk bertanya. Hal ini kamu lakukan semata-mata untuk menghindari momen-momen statis yang bisa membuat suasana menjadi garing dan tidak akrab.

7. Usahakan Tetap Jujur

Dalam setiap hubungan, kejujuran menjadi sikap paling penting yang terus diupayakan. Tak terkecuali saat menghadapi calon mertua, selalu upayakan untuk berkata jujur.

Apabila awal pertemuan dengan calon mertua sudah melakukan kebohongan, maka hal ini akan memberi efek psikologis yang buruk buat kamu. Selain itu, kamu juga akan terus-terusan dihantui rasa bersalah dan akhirnya akan membuat sikap rasa percaya diri runtuh seketika.

8. Memakai Pakaian yang Nyaman

Saat pertama kali bertemu dengan calon mertua, perhatikan pakaian yang kamu kenakan. Biasanya calon mertua akan menyukai menantu dengan pakaian-pakaian yang rapi. Yang paling penting saat memakai pakaian itu kamu harus merasa nyaman.

Apabila kamu merasa nyaman mengenakannya, tentu hal itu akan menambah tingkat kepercayaan diri kamu. Sehingga kamu akan merasa tenang, tentram dan tidak merasa grogi saat harus berhadap-hadapan dengan calon mertua.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending