8 Jenis Burung Kicau Paling Populer Memiliki Suara Merdu dan Indah

Rabu, 16 Desember 2020 13:11 Penulis: Dita Tamara
8 Jenis Burung Kicau Paling Populer Memiliki Suara Merdu dan Indah
(credit: burungnya.com)


Kapanlagi Plus - Bagi penggemar burung, jenis burung kicau tentu saja mendapatkan perhatian tersendiri di hati para penggemarnya. Tak hanya bentuk tubuhnya yang menggemaskan, burung juga menjadi hewan peliharaan yang banyak diidolakan. Bahkan, bagi seseorang yang sangat menyukai dengan burung kicau, mereka juga tergabung dalam sebuah komunitas hingga mengikut sertakan peliharaan mereka untuk diikutkan dalam perlombaan. Bukan tanpa alasan, sebab saat ini sudah banyak berbagai jenis burung kicau dengan suara merdu yang makin digemari masyarakat.

Selain itu, hal tersebut juga menjadi kebahagiaan tersendiri bagi pemiliknya. Tak sedikit dari mereka yang merasa terhibur dengan suara kicau burung. Secara fisik, kebanyakan dari jenis burung kicau mempunyai tubuh yang relatif kecil dibanding dengan jenis burung lainnya lho. Pemilik burung kicau juga akan memberikan makanan yang bergizi supaya suara kicauannya semakin merdu. Tak heran nih, jika harga burung kicau di pasaran juga dipatok dengan harga tinggi. Nah, bagi kalian yang ingin memelihara burung kicau, ada baiknya untuk mengetahui jenis burung kicau terlebih dahulu. Berikut ini sederet jenis burung kicau dengan suara merdu yang dirangkum dalam beberapa sumber.

 

 

1. Burung Murai Batu

Jenis burung kicau yang pertama tentunya sudah tidak asing lagi di telinga. Ya, burung murai batu banyak dicari orang sebagai hewan peliharaan lantaran memiliki suara yang merdu. Murai batu ini juga dikenal sebagai salah satu primadona jenis burung kicau, karena mempunyai kemampuan kicau yang lantang dan menggema. Murai Batu juga dapat menirukan suara kicau yang berada di dekat lingkungannya. Tak heran jika harga dari jenis burung ini terbilang mahal.

 

 

2. Burung Pleci

Burung pleci merupakan salah satu jenis burung kicau yang cukup populer. Meski memiliki tubuh yang kecil, pleci terkenal dengan suara kicauannya yang keras dan merdu. Burung pleci memiliki ciri fisik yang khas yakni lingkaran putih di sekitar mata. Hal inilah yang membuat sebagian orang lebih mengenal pleci dengan sebutan burung kacamata. Pleci sendiri masuk kedalam spesies yang begitu banyak macamnya di Indonesia.

 

 

3. Burung Love Bird

Pecinta burung tentu sudah tidak asing lagi dengan burung yang dikenal dengan nama lovebird. Jenis burung asal Afrika ini memang sering diikutsertakan dalam banyak kontes burung. Burung love bird sendiri mempunyai ciri fisik yang indah sehingga menjadi daya tarik untuk memeliharanya. Bahkan, saat diikutsertakan dalam perlombaan, burung love bird yang baik yaitu yang memiliki pangkal paruh lebar dan tebal.

 

 

4. Burung Kenari

Burung kenari juga termasuk burung yang memiliki suara kicau merdu. Bahkan, pecinta burung kenari mempunyai sebutan untuk kicauan burung kenari yang dinamakan ngriwik. Semakin variasi suara ngriwikya, maka burung yang secara ukurannya kecil ini dapat mempunyai nilai jual yang lumayan tinggi. Supaya burung kenari mempunyai suara yang ngelirik, hal ini bisa dilakukan dengan sering melatih dengan suara masteran.

 

 

5. Burung Cendet

Jenis burung kicau bersuara merdu selanjutnya yaitu burung cendet. Burung ini mempunyai kicauan yang begitu keras dan mempunyai bulu kombinasi di tubuhnya yang begitu indah. Tak heran jika burung ini termasuk jenis burung kicau yang banyak dicari. Ciri fisik dari burung ini yaitu pada bagian paruh dan kepala berwarna hitam pekat membuatnya tampil sangar. Sedangkan bagian leher berwarna putih dan tubuhnya berwarna cokelat muda.

 

 

6. Burung Cucak Ijo

Jenis burung kicau selanjutnya yaitu cucak ijo. Burung ini termasuk jenis semi petarung yang mempunyai kicauan mengagumkan. Burung cucak ijo juga sangat banyak dijadikan peliharaan hingga diikutkan dalam kontes perlombaan. Sebelum membeli burung ini, kalian juga perlu lho menilai kualitasnya dengan melihat dari postur tubuhnya seperti ukuran leher, kaki, kepala, dan badan yang proposional, maka kualitasnya pun akan baik. Ciri khas dari burung ini yaitu berwarna hijau terang yang mendominasi tubuhnya.

 

 

7. Burung Kolibri

Burung kolibri menjadi jenis burung kicau yang tak kalah merdu. Tak hanya itu, burung kolibri juga memiliki warna bulu yang begitu cantik. Bahkan, burung ini memiliki ciri khas dari caranya menirukan suara burung lain seperti Cililin dan Kenari. Keluarga kolibri memiliki sejumlah jenis, sejumlah diantaranya ialah sepah raja, ninja, manggar dan sriganti.

 

 

8. Cucak Rowo

Terakhir, jenis burung kicau bersuara merdu yang sudah banyak dikenal yaitu burung cucak rowo. Burung cucak rowo ini memang sudah lama dikenal sebagai jenis burung kicau yang banyak diidolakan. Di mana burung ini dapat mengeluarkan suara kicauan yang keras, jernih, dan menggema. Suara merdunya tersebutlah yang membuat harga dari burung ini terbilang mahal. Burung cucak rowo juga perlu dilakukan perawatan yang memadai supaya tidak mudah stres.

Itulah sederet jenis burung kicau bersuara merdu yang bisa kalian jadi referensi untuk memeliharanya. Semoga bermanfaat.

 

 

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI