Jangan Konsumsi Terlalu Banyak, Ini 8 Makanan yang Bisa Rusak Ginjal

Kamis, 23 Juli 2020 20:11 Penulis: Puput Saputro
Jangan Konsumsi Terlalu Banyak, Ini 8 Makanan yang Bisa Rusak Ginjal
Ilustrasi (credit: flickr)


Kapanlagi Plus - Ginjal merupakan salah satu organ terpenting dalam tubuh manusia. Organ dalam ini mempunyai banyak fungsi, mulai dari mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh hingga pembuangan racun dalam tubuh. Sayangnya, ginjal termasuk salah satu organ yang rentan mengalami kerusakan. Agar ginjal tetap sehat, ada beberapa makanan yang bisa rusak ginjal yang perlu dihindari.

Sebagian besar orang yang mengalami kerusakan ginjal tidak menyadari gejalanya. Padahal, ginjal menjadi salah satu organ tubuh vital yang mempunyai banyak peran. Oleh karena itu, mencegah menjadi langkah paling bijak agar ginjal tetap sehat dan prima. Salah satu langkah menjaga kesehatan ginjal adalah dengan mengatur pola makan dan mengurangi konsumsi jenis makanan tertentu.

Lantas, apa saja makanan yang bisa rusak ginjal, sehingga perlu dihindari? Berikut beberapa ulasannya, dilansir dari berbagai sumber.

 

1. Buah Alpukat dan Pisang

Alpukat dan pisang selama ini jadi dua jenis buah-buahan yang digemari banyak orang. Dikenal menyehatkan, ternyata konsumsi secara berlebihan juga berefek kurang baik bagi kesehatan, khususnya untuk kesehatan ginjal. Ya, kedua jenis buah ini ternyata masuk dalam daftar makanan yang bisa rusak ginjal.

Hal ini dikarenakan, kandungan kalium yang tinggi dalam alpukat dan pisang bisa mengganggu kerja ginjal. Sebab, kalium merupakan kandungan yang tidak bisa diproses oleh ginjal. Konsumsi alpukat dan pisang terlalu banyak dikhawatirkan bakal membuat kalium menumpuk di ginjal.

2. Produk Olahan Susu

Keju dan produk diary lainnya juga tidak baik jika dikonsumsi secara terus menerus. Sama seperti alpukat dan pisang, produk-produk diary juga mempunyai kandungan kalium yang bisa menghambat kerja ginjal. Bahkan, tidak hanya kalium, keju dan sejenisnya juga mengandung fosfor.

Kandungan fosfor yang berlebih bisa memberi efek tekanan pada ginjal. Akibatnya, ginjal akan kesulitan bekerja untuk bekerja secara optimal. Akibat jangka panjang, tidak hanya buruk bagi ginjal, melainkan juga bagi kesehatan tulang.

3. Produk Olahan Daging

Jika kalian pecinta produk olahan daging, seperti sosis, dendeng, bacon, dan sejenisnya, ada baiknya mulai mengurangi intensitas mengonsumsinya. Sebab, makanan produk olahan daging tersebut juga bisa mengancam kesehatan ginjal. Alasannya, produk olahan daging biasanya sudah dibuat dengan kandungan garam yang cukup banyak. Sementara, garam mengandung banyak natrium yang tidak baik untuk kesehatan ginjal.

Meski begitu, kalian tetap bisa mengonsumsi jenis makanan ini dalam jumlah yang cukup. Terlebih, produk olahan daging ini juga bisa jadi salah satu alternatif makanan sumber protein.

4. Minuman Bersoda

Selain makanan, ada beberapa jenis minuman yang sebaiknya juga dihindari demi kesehatan ginjal. Minuman bersoda selama ini sudah dikenal sebagai salah satu minuman yang kurang baik untuk dikonsumsi terlalu sering. Bukan hanya karena kalori dan kandungan gula yang tinggi, minuman bersoda ternyata juga fosfor yang berfungsi sebagai pengikat rasa, pewarna, dan pengawet.

Sayangnya, fosfor yang digunakan pada minuman bersoda biasanya bukanlah fosfor alami. Akibatnya, kandungan fosfor tersebut tidak bisa diikat oleh protein seperti fosfor alami. Fosfor dalam minuman bersoda justru mengandung garam yang tidak baik untuk kesehatan ginjal.

5. Produk Makanan Kaleng

Selama ini produk makanan kaleng jadi andalan bagi sebagian orang karena dinilai praktis. Padahal, sebagai makanan yang diawetkan produk makanan kaleng juga mengandung banyak sodium. Oleh karena itu, produk makanan kaleng, mau apapun bentuknya baik buah, sayur, maupun daging tidak dianjurkan untuk dikonsumsi penderita gagal ginjal.

Namun, ada satu tips memasak makanan kaleng. Sebelum memasak makanan kaleng, kalian dianjurkan untuk membilasnya dengan air bersih untuk mengurangi kandungan sodiumnya.

6. Buah Jeruk

Buah jeruk selama ini dikenal karena kandungan vitamin C-nya. Dikenal menyehatkan, siapa sangka ternyata jeruk juga termasuk dalam makanan yang bisa rusak ginjal? Hal ini dikarenakan, selain kaya akan vitamin C, dalam jeruk juga terkandung kalium dan potasium yang bisa ancam kesehatan ginjal apabila dikonsumsi dalam jumlah yang terlalu banyak.

7. Tomat

Tomat jadi buah selanjutnya yang juga perlu dikurangi konsumsinya demi kesehatan ginjal. Alasannya sama seperti jeruk, tomat juga mempunyai kandungan kalium yang cukup tinggi. Padahal tomat merupakan jenis bahan makanan yang umum digunakan di berbagai masakan. Jika sudah begitu, satu-satunya cara adalah dengan membatasi jumlah konsumsi makanan yang mengandung tomat.

8. Roti Gandum

Makanan yang bisa rusak gandum kedelapan adalah roti gandum. Ya, makanan yang tergolong jenis makanan sehat ini ternyata tidak cukup baik untuk kesehatan ginjal. Dalam roti gandum terdapat kandungan kalium dan fosfor yang lumayan tinggi. Itulah sebabnya, roti gandum jadi salah satu makanan yang harus dihindari penderita gangguan ginjal.

Nah, itulah di antaranya 7 jenis makanan yang bisa rusak ginjal. Jadi, demi kesehatan lebih baik mulai kurangi konsumsi makanan-makanan di atas, ya.

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI