8 Macam-macam Olahraga Ringan di pagi Hari, Baik untuk Kesehatan Tubuh

Selasa, 29 Desember 2020 13:55 Penulis: Dita Tamara
8 Macam-macam Olahraga Ringan di pagi Hari, Baik untuk Kesehatan Tubuh
(credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Olahraga memang menjadi salah satu hal yang penting bagi kesehatan tubuh. Tidak heran bila banyak orang-orang yang saat ini melakukan olahraga demi mendapatkan bentuk tubuh ideal dan juga sehat. Umumnya olahraga yang baik dilakukan di pagi hari karena udaranya masih segar. Selain itu, olahraga pagi hari juga memberikan tambahan energi supaya makin semangat menjalani aktivitas sehari-hari. Meski olahraga telah memberikan segudang manfaat untuk kesehatan tubuh, tak jarang banyak orang yang meninggalkan kegiatan olahraga lantaran malas bangun pagi untuk melakukannya.

Padahal, setiap harinya tentu kalian disibukkan dengan pekerjaan yang mungkin saja membuat tubuh kalian kurang bergerak setiap harinya. Tak perlu melakukan olahraga berat, kalian bisa mencoba olahraga ringan yang tak kalah memberikan kesehatan bagi tubuh. Lalu, sebenarnya apa saja manfaat yang dapat kita peroleh dengan rutin melakukan olahraga ringan di pagi hari? Daripada penasaran, simak ulasan lengkap berikut ini.

1. Jalan Kaki

Olahraga yang sangat mudah dan simpel dilakukan yaitu dengan melakukan olahraga jalan kaki pagi. Olahraga ringan yang aman ini bisa dilakukan oleh banyak kalangan, dari anak-anak, lansia, hingga ibu hamil. Jalan kaki sendiri bila dilakukan secara rutin dapat menurunkan berat badan, hingga memberikan kesehatan pada tubuh. Tentu saja manfaat jalan kaki bukan hanya itu saja bagi kesehatan tubuh.

Tak hanya itu, manfaat lainnya dengan jalan kaki yaitu dapat mengatasi penyakit jantung, meningkatkan suasana hati, melancarkan peredaran darah, melancarkan pencernaan, hingga mengatasi insomnia. Tak perlu jalan kaki dengan waktu yang lama, kalian bisa menerapkan olahraga ringan ini selama 30 menit.

2. Sit Up

Selanjutnya, olahraga yang mudah untuk kalian lakukan yaitu sit up. Tak perlu keluar rumah, kalian bisa melakukan olahraga ringan ini di rumah mungkin sambil mendengarkan musik favorit. Bahkan, cara melakukan gerakan sit up un cukup mudah seperti berbaring dengan punggung menempel di lantai, lutut menekuk, tempelkan kaki ke lantai atau minta seseorang untuk memeganginya.

Letakkan tangan dibelakang kepala, atau letakkan tangan secara menyilang dibahu. Hindari mendorong leher ke atas. Tarik napas saat mengangkat tubuh bagian atas, dan hembuskan saat selesai melakukan gerakan tersebut. Turunkan badan bagian atas ke lantai secara perlahan kembali pada posisi semula.

3. Jumping Jack

Jumping jack menjadi salah satu list olahraga ringan yang cocok dilakukan di pagi hari. Bahkan, jenis olahraga yang satu ini bisa dengan mudah dilakukan di rumah. jumping jack terbilang olahraga yang mudah dan sederhana. Karena, olahraga ini tidak membutuhkan peralatan. Cara melakukan gerakan ini bisa dengan berdiri tegak dengan posisi kaki rapat dan tangan di samping tubuh. Angkat kedua lengan dengan cepat ke atas kepala samping sambal melompat. Lakukan gerakan ini ke berbagai arah dalam hitungan ke delapan.

4. Yoga

Yoga merupakan jenis aktivitas yang bermanfaat untuk kesehatan fisik, mental, dan juga spritual sepanjang hari. Latihan yoga sebaiknya dilakukan di pagi hari dalam kondisi perut masih kosong. Dengan melakukan yoga secara rutin, maka kalian juga akan mendapatkan manfaat seperti mengurangi stres, menghilangkan sakit punggung, mengurangi masalah asma, dan dapat membakar lemak di tubuh.

5. Stretching

Stretching merupakan salah satu olahraga ringan yang bisa kalian lakukan di pagi hari. Olahraga ini terbilang cukup sederhana namun dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Adapun manfaat dari stretching yaitu bisa membuat otot-otot bisa bekerja dengan baik, tubuh akan merasa lebih rileks, memperbaiki postur tubuh, dan melancarkan peredaran darah. Ada baiknya, kalian lakukan stretching setiap hari, maka tubuh kalian akan jauh lebih ideal.

6. Lompat Tali

Salah satu jenis olahraga yang paling digemari ini juga cukup mudah untuk dilakukan yaitu lompat tali. Olahraga ini juga tergolong olahraga ringan yang bisa dengan santai kalian lakukan di rumah. Manfaat dari lompat tali sendiri yaitu tubuh akan menjadi lebih sehat dan bisa menurunkan berat badan lho. Selain itu, lompat tali dapat membentuk otot tubuh bagian atas dan bawah, menambah daya tahan tubuh, melatih koordinasi tubuh, serta meningkatkan kesehatan jantung dan pembuluh darah.

7. Bersepeda

Bersepeda menjadi salah satu jenis olahraga yang menyenangkan ini juga sangat cocok dilakukan sambil bersantai keliling komplek. Dengan melakukan olahraga bersepeda, kadar gula darah kalian juga bisa menurun drastis. Selain itu, bersepeda juga baik untuk menguatkan jantung, dan meningkatkan fungsi paru-paru.

Olahraga ini juga sangat baik untuk menurunkan berat badan karena meningkatnya aliran darah ke kaki sehingga dapat membakar kalori. Tak perlu bersepeda dalam waktu yang lama, kalian cukup melakukannya secara rutin selama 30 menit.

8. Squat

Terakhir, jenis olahraga yang bisa kalian lakukan secara ringan yaitu squat. Banyak orang lupa untuk melatih tubuh bagian bawah hingga mereka banyak menemui paha-paha lemas berlemak. Nah, squat cocok untuk kamu pilih di pagi hari. Gerakannya hanya menurunkan badan ke bawah sambil menjaga tubuh tetap tegak. Untuk menambah bobot, kamu bisa menggunakan perlengkapan yang ada di dalam kamar, kok. Ya, tidak salah juga menjinjing bak tumpukan pakaian untuk dijadikan beban.

Itulah sederet macam-macam olahraga ringan di pagi hari yang bisa kalian lakukan untuk kesehatan tubuh. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI