Kesehatan Tetap Stabil, Ini 8 Makanan Bantu Atasi Tekanan Darah Rendah

Sabtu, 19 September 2020 10:44 Penulis: Nurul Wahida
Kesehatan Tetap Stabil, Ini 8 Makanan Bantu Atasi Tekanan Darah Rendah
Ilustrasi (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Darah rendah menjadi gangguan kesehatan yang dirasakan penderitanya saat tekanan darah di bawah batas normal. Darah rendah dapat terjadi karena sejumlah faktor tertentu. Namun ternyata ada sejumlah makanan  bantu mengatasi tekanan darah rendah agar kesehatan tetap stabil.

Tekanan darah rendah merupakan gangguan kesehatan yang dirasakan penderitanya dengan gejala seperti pusing, berkunang-kunang, serta lemas. Seseorang dapat dikatakan memiliki hipotensi saat tekanan darah berada pada level 90/60 mm/Hg.

Gangguan kesehatan tersebut dapat terjadi karena beberapa faktor yang menyertai. Diantaranya seperti faktor dehidrasi, penyakit tertentu, serta masalah jantung. Untuk itulah mereka yang pernah memiliki tekanan darah rendah sangat disarankan menerapkan pola hidup sehat serta memperhatikan konsumsi makanan tertentu. Sejumlah makanan dan minuman diketahui dapat membantu mengatasi masalah tekanan darah rendah agar kesehatan tetap terjaga.

Lalu apa saja makanan bantu mengatasi tekanan darah rendah?

Adapun makanan bantu mengatasi tekanan darah rendah terdapat dalam beberapa poin di bawah ini. Berikut 8 bantu mengatasi tekanan darah rendah agar kesehatan tetap stabil dirangkum dari berbagai sumber.

 

1. Telur

Makanan bantu mengatasi tekanan darah rendah salah satunya adalah telur. Sebab telur diketahui memiliki kandungan nutrisi yang baik dikonsumsi bagi penderita tekanan darah rendah. Salah satunya telur mengandung vitamin B12 yang bermanfaat bagi mereka yang memiliki tekanan darah di bawah batas normal atau hipotensi.

Vitamin B12 diketahui dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah rendah termasuk mencegah penyakit anemia. Sehingga dengan mengonsumsi makanan tinggi vitamin B12 dapat mengembalikan tekanan darah tetap stabil dalam keadaan normal. Tak hanya telur, beberapa makanan seperti sereal, daging dan ikan dapat menjadi pilihan andalan mengatasi masalah tekanan darah rendah.

2. Mencukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Makanan bantu mengatasi tekanan darah rendah selanjutnya adalah dengan mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh. Salah satunya dengan cukup minum air untuk mencegah dehidrasi. Sebab dehidrasi menjadi salah satu faktor penyebab seseorang mengalami tekanan darah rendah. Dengan jumlah cairan tubuh yang tercukupi tentunya dapat mengatasi masalah tekanan darah rendah dan menjaga kesehatan tetap stabil.

Selain air putih, air kelapa juga bisa membantu dengan mengembalikan cairan dalam tubuh. Namun perlu diperhatikan untuk tidak mengonsumsi air kelapa secara berlebihan dan membatasi jumlah konsumsinya.

3. Bayam

Makanan bantu mengatasi tekanan darah rendah yang dapat dikonsumsi diantaranya adalah sayur bayam. Salah satu jenis sayuran ini mengandung cukup banyak nutrisi sehat yang memberi manfaat bagi tubuh. Dimana bayam diketahui mengandung sejumlah vitamin seperti vitamin E, asam folat, dan serat.

Seperti mengutip dari manhattancardiology.com, kekurangan folat yang juga dikenal sebagai vitamin B9 tersebut dapat menyebabkan anemia yang berkaitan dengan tekanan darah rendah. Namun selain bayam, folat juga dapat ditemukan dalam sejumlah makanan tertentu seperti brokoli, kacang-kacangan dan hati.

4. Mengurangi Karbohidrat Olahan

Karbohidrat olahan seperti makanan manis ataupun makanan berbahan tepung dan lain sebagainya disarankan untuk mengurangi konsumsinya. Sebab makanan dengan karbohidrat tinggi seperti dilansir dari manhattancardiology.com diketahui dapat memengaruhi tekanan darah rendah. Mengurangi makanan tinggi karbohidrat diyakini dapat membantu menurunkan hipotensi atau tekanan darah rendah.

5. Tomat

Makanan bantu mengatasi tekanan darah rendah yang dapat dikonsumsi juga dapat diperoleh dari tomat. Tomat juga termasuk bahan makanan mengandung cukup banyak nutrisi seperti sejumlah vitamin, fosfor, zat besi, kalsium, serat dan air. Berkaitan dengan masalah kesehatan tekanan darah rendah, tomat dapat menjadi makanan yang ramah dikonsumsi penderita hipotensi karena dapat menjaga asupan cairan dalam tubuh. Sebab kandungan air dalam tomat diketahui cukup besar yakni sebanyak 94 persen. Dengan kadar air yang banyak tersebut, tomat bisa membantu mencukupi asupan cairan dan mencegah dehidrasi.

6. Buah Zaitun

Minyak zaitun menjadi makanan selanjutnya yang dapat membantu mengatasi tekanan darah rendah. Bahan makanan ini memang sudah sangat populer digunakan untuk mengatasi sejumlah masalah kesehatan termasuk tekanan darah rendah. Sebab dalam minyak zaitun mengandung nutrisi seperti vitamin E dan zat besi. Seperti mengutip dari food.ndtv.com, rasa asin dalam buah zaitun diketahui dapat memberi manfaat untuk membantu mengatasi tekanan darah rendah.

7. Susu Almond

Makanan bantu mengatasi tekanan darah rendah yang dapat dikonsumsi selanjutnya adalah susu almond. Kandungan nutrisi dalam kacang almond seperti asam lemak omega-3 dapat memberi manfaat bagi kesehatan tubuh. Termasuk mengatasi tekanan darah rendah. Dalam hal ini susu almond cukup ramah dikonsumsi untuk mencegah tekanan darah rendah dan menjaga tetap stabil.

8. Wortel

Selain makanan, minum kopi di pagi hari dapat membantu mengatasi tekanan darah rendah. Sebab kopi diketahui dapat meningkatkan tekanan darah dan membantu mengatasi darah rendah. Sehingga meminum secangkir kopi di pagi hari bisa jadi alternatif meningkatkan tekanan darah yang turun secara tiba-tiba. Namun perlu diperhatikan untuk tidak konsumsi kopi secara berlebihan yang justru bisa memicu masalah kesehatan lainnya.

Nah itulah 8 makanan bantu mengatasi tekanan darah rendah agar kesehatan tetap stabil. apabila tekanan darah rendah tidak kunjung berada dalam jumlah normal, konsultasi dengan dokter kesehatan sangat disarankan untuk mendapat penanganan tepat.

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI