8 Tips Melancarkan Aliran Darah Secara Alami dan Mudah Dipraktikkan

Jum'at, 11 September 2020 11:11 Penulis: Nurul Wahida
8 Tips Melancarkan Aliran Darah Secara Alami dan Mudah Dipraktikkan
Ilustrasi tips melancarkan aliran darah secara alami (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Aliran darah yang tak lancar atau tersumbat menjadi masalah kesehatan yang tak bisa dianggap sepele. Sebab kondisi tersebut bisa memengaruhi sejumlah fungsi tubuh hingga dapat memicu gangguan kesehatan. Sederet tips melancarkan aliran darah bisa dilakukan secara alami dengan cara sederhana.

Seperti diketahui gangguan darah tak hanya berkaitan dengan tekanan darah rendah dan tekanan darah tinggi. Melainkan juga setiap orang bisa mengalami aliran darah yang tidak lancar atau tersumbat.

Aliran darah yang lancar menjadi salah satu faktor penunjang mendapatkan tubuh yang sehat. Sebab, dengan sirkulasi darah lancar sederet fungsi tubuh bisa bekerja secara maksimal dan menangkal berbagai jenis penyakit. Ada sejumlah penyebab aliran darah tidak lancar atau tersumbat. Diantaranya yakni adanya kolesterol jahat (LDL) cukup tinggi yang bisa menyumbat pembuluh darah.

Kondisi tubuh dengan aliran darah yang tersumbat dapat ditandai dengan beberapa hal, diantaranya seperti nyeri sejumlah bagian tubuh yakni dada, penglihatan kabur, pusing, kaki dan tangan terasa dingin. Jika kondisi ini tetap dibiarkan dapat memunculkan gangguan kesehatan yang cukup serius salah satunya penyakit jantung.

Namun jangan khawatir sebab ada tips melancarkan aliran darah secara alami yang mudah dipraktekkan di rumah. Tips tersebut bisa menjadi solusi yang ramah untuk mencegah aliran darah tersumbat tanpa konsumsi obat kimia.

Lalu apa saja tips melancarkan aliran darah secara alami?

Adapun tips melancarkan aliran darah secara alami terangkum dalam sederet poin di bawah ini. Sehingga dengan mengetahui tips melancarkan aliran darah secara alami bisa menjadi referensi mencegah sirkulasi darah yang tersumbat. Berikut 8 tips melancarkan aliran darah secara alami.

 

1. Lakukan Yoga

Tips melancarkan aliran darah secara alami salah satunya dengan melakukan yoga. Seperti diketahui olahraga olahraga juga menjadi faktor penunjang kesehatan yang memiliki banyak manfaat. Manfaat tersebut bisa diperoleh dengan lancarnya aliran darah yang tersumbat.

Mengutip dari webmd.com, olahraga seperti yoga bisa menjadi pilihan tepat melancarkan aliran darah yang tersumbat. Sebab olahraga ini dapat memberikan efek relaksasi serta didominasi dengan gerakan sejumlah bagian tubuh mulai dari memutar ataupun berpindah posisi.

Gerakan aktif yang dilakukan saat olahraga atau yoga bisa melancarkan aliran darah. Manfaat tersebut dibuktikan dalam penelitian yang dilakukan tahun 2014 lalu dalam European Journal of Preventive Cardiology yang menemukan bahwa yoga bermanfaat melancarkan aliran darah.

2. Mengontrol Berat Badan

Tips melancarkan aliran darah secara alami selanjutnya adalah dengan mengontrol berat badan. Sebab berat badan rupanya menjadi salah satu faktor yang juga berpengaruh pada sirkulasi darah. Sehingga penting untuk menjaga berat badan tetap stabil dan menghindari obesitas.

Melansir dari medicalnewstoday.com, sebuah penelitian menemukan bahwa menurunkan berat badan dapat meningkatkan sirkulasi darah pada seorang wanita yang menjadi partisipannya. Tips ini dapat dilakukan dengan cara menjaga asupan makan dalam tubuh serta melakukan olahraga secara rutin.

3. Konsumsi Ikan

Tips melancarkan aliran darah secara alami dan mudah dipraktekkan lainnya adalah konsumsi makanan pelancar aliran darah. Salah satunya dapat diperoleh dari berbagai jenis ikan yang mengandung asam lemak omega-3. Sebab asam lemak omega-3 rupanya dapat memberi manfaat melancarkan aliran darah yang tersumbat. Sejumlah ikan seperti salmon, kembung, sarden, dan tuna dapat menjadi pilihan resep makanan yang bisa melancarkan aliran darah.

4. Jogging

Tips melancarkan aliran darah secara alami bisa dilakukan dengan olahraga jogging. Sebab jenis olahraga ini dapat membuat tubuh tetap bergerak sehingga melancarkan aliran darah tersumbat. Dengan otot-otot tubuh yang bergerak tersebut sirkulasi darah yang tersumbat dapat teratasi dan darah serta oksigen bisa disalurkan dengan lancar ke seluruh tubuh. Melakukan olahraga jogging selama setengah jam selama seminggu cukup efektif mengatasi aliran darah yang tersumbat. Namun tak hanya jogging, olahraga seperti berenang dan bersepeda juga bisa dilakukan untuk mencegah aliran darah tersumbat.

5. Hindari Merokok

Tips melancarkan aliran darah secara alami juga bisa dilakukan dengan cara menghindari aktivitas merokok. Tentunya sudah bukan rahasia lagi jika merokok cukup banyak memberi dampak negatif bagi kesehatan tubuh. Sebab kandungan nikotin dalam tembakau yang menjadi bahan utama membuat rokok bisa membuat tubuh mengalami aliran darah yang tersumbat. Hal ini terjadi lantaran kandungan senyawa tersebut bisa mengentalkan darah, sehingga membuat aliran darah tidak lancar.

6. Posisikan Badan Terbalik

Tips melancarkan aliran darah secara alami rupanya dapat diatasi dengan cara memposisikan badan terbalik. Posisi terbalik tersebut bisa dilakukan dengan berbaring dan meletakkan kaki pada dinding. Dengan cara sederhana tersebut dapat membuat aliran darah menjadi lancar dan mencegah sirkulasi darah tersumbat. Cara pastinya sangat mudah dipraktekkan dan minim efek samping.

7. Konsumsi Makanan Sehat

Memberi asupan makanan sehat seperti sayur cukup efektif untuk mencegah tubuh mengalami aliran darah yang tersumbat. Sebab dengan konsumsi makanan sehat bisa membuat tubuh mampu mengontrol berat badan dan menghindari obesitas. Selain itu seperti mengutip dari webmd.com, diperlukan juga untuk menghindari konsumsi banyak garam serta menjauhi lemak jenuh.

8. Minum Teh Hijau

Minuman teh hijau rupanya juga dapat menjadi tips melancarkan aliran darah secara alami. Sebab teh hijau diketahui dapat membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar dan mencegah aliran darah tersumbat. Dalam hal ini teh hijau juga tak hanya memberi manfaat pada sirkulasi darah, melainkan juga ada sederet manfaat kesehatan lainnya seperti mengurangi risiko kardiovaskular, meningkatkan metabolisme, menjaga berat badan, dan lain sebagainya.

Nah itulah 8 tips melancarkan aliran darah secara alami dan mudah dipraktikkan. Beberapa tips di atas dapat dengan sederhana dilakukan di rumah sebagai solusi tepat mencegah sirkulasi darah tersumbat. Namun perlu diperhatikan agar melakukan beberapa tips di atas sesuai dengan kebutuhan tubuh.

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI