Rutin Dikonsumsi, 8 Makanan Ini Bisa Bantu Sehatkan Otak dan Meningkatkan Kecerdasan

Selasa, 01 September 2020 10:11 Penulis: Nurul Wahida
Rutin Dikonsumsi, 8 Makanan Ini Bisa Bantu Sehatkan Otak dan Meningkatkan Kecerdasan
Ilustrasi (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Otak menjadi bagian tubuh terpenting yang harus dijaga kesehatannya. Sebab sebagian besar fungsi organ tubuh berhubungan dengan otak yang menjadi pusat saraf. Sejumlah makanan bahkan dinilai bisa bantu sehatkan otak dan meningkatkan kecerdasannya.

Berdasarkan bagiannya, otak manusia terbagi dalam beberapa bagian yakni otak besar, otak tengah, otak belakang, dan otak kecil. Bagian-bagian tersebut memiliki peran masing-masing yang berfungsi menjalankan sejumlah organ tubuh. Diantaranya mulai dari gerakan, berpikir, bertindak, kesadaran, hingga ingatan. Sedangkan menurut fungsinya otak manusia terbagi dalam dua sistem yakni otak kanan dan otak kiri.

Dimana otak kanan diketahui berhubungan dengan kemampuan kreativitas seseorang. Lain halnya dengan otak kiri yang berhubungan dengan kecerdasan manusia. Otak manusia sendiri terdiri dari 100 juta sel saraf atau neuron yang mengatur berbagai fungsi tubuh untuk menjaga keseimbangannya.

Tidak heran apabila menjaga kesehatan otak penting dilakukan agar tak memengaruhi sel tubuh lain yang terhubung dengan sistem pusat saraf. Terlepas dari hal tersebut, rupanya ada sejumlah makanan yang bisa bantu sehatkan otak dan meningkatkan kecerdasannya.

Lalu apa saja makanan bantu sehatkan otak dan bisa meningkatkan kecerdasan?

Adapun makanan bantu sehatkan otak dan bisa meningkatkan kecerdasan terangkum dalam sejumlah poin di bawah ini. Meski begitu, sederet makanan ini merupakan salah satu dari berbagai pendukung untuk menjaga kesehatan otak dan meningkatkan fungsinya. Langsung saja berikut 8 makanan bantu sehatkan otak dan meningkatkan kecerdasan dilansir dari berbagai sumber.

1. Kacang dan Biji-Bijian

Makanan bantu sehatkan otak dan meningkatkan kecerdasan salah satunya dapat diperoleh dari kacang dan biji-bijian. Sebab kedua jenis makanan ini diketahui mengandung nutrisi sehat yang baik bagi tubuh termasuk sistem pusat saraf atau otak.

Mengutip dari medicalnewstoday.com bersumber dari penelitian, mengungkapkan bahwa kacang bisa meningkatkan fungsi otak yang lebih baik terutama pada usia yang semakin menua. Kandungan antioksidan seperti vitamin E dalam kacang serta biji-bijian tersebut diketahui dapat mencegah stress oksidatif dan kerusakan sel dalam tubuh.

Tak hanya itu saja, vitamin E rupanya juga dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit Alzheimer yang berhubungan dengan daya ingat serta biasa terjadi di usia tua. Sederet kacang dan biji-bijian seperti almond serta biji bunga matahari menjadi salah satu sumber nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh terutama otak.

2. Coklat Hitam

Makanan bantu sehatkan otak dan meningkatkan kecerdasan selanjutnya juga dapat ditemukan pada coklat hitam. Dimana coklat hitam memiliki rasa yang lebih pahit dan coklat pada umumnya karena memiliki kandungan kakao. Kakao sendiri mengandung flavonoid yang masuk dalam salah satu jenis antioksidan.

Sejumlah penelitian menyebut flavonoid dalam kakao memiliki manfaat bagi otak untuk menjaga kesehatannya. Mengutip dari medicalnewstoday.com bersumber dari penelitian mengungkapkan bahwa kakao tersebut bisa melancarkan aliran darah di otak serta meningkatkan pertumbuhan neuron dan pembuluh darah. Sedangkan pada penelitian tahun 2018 lalu menyebut coklat hitam dapat meningkatkan kesehatan otak pada manusia, manfaat tersebut disebut sebagai plastisitas.

3. Ikan

Makanan bantu sehatkan otak dan meningkatkan kecerdasan lainnya bisa diperoleh dari jenis makanan ikan. Tentunya makanan ini sudah begitu familiar disebut bisa meningkatkan sistem kerja otak karena kandungan nutrisi di dalamnya.

Sebab ikan diketahui mengandung omega-3 yang baik untuk kesehatan otak. Diantara jenis ikan tersebut seperti ikan salmon, ikan kembung, ikan tuna, serta ikan sarden. Mengutip dari liputan6.com, kandungan lemak omega-3 dapat bermanfaat untuk membangun sel saraf otak yang berhubungan dengan proses belajar dan memori. Bukan hanya itu saja, lemak omega-3 memiliki EPA, DHA dan ALA yang baik bagi kesehatan otak.

4. Alpukat

Sama halnya dengan ikan, buah alpukat juga mengandung nutrisi sehat yang baik bagi kesehatan otak sekaligus meningkatkan sistem kerja otak. Alpukat diketahui mengandung lemak tak jenuh yang dapat menurunkan risiko penurunan kognitif. Bukan hanya itu saja buah alpukat juga mengandung sejumlah antioksidan dan vitamin seperti vitamin C dan vitamin E yang baik bagi tubuh. Salah satunya bisa menurunkan tekanan darah yang juga berkaitan dengan fungsi kognitif tubuh.

5. Kunyit

Makanan bantu sehatkan otak dan meningkatkan kecerdasan rupanya dapat diperoleh dari kunyit. Kunyit sendiri sering digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi sejumlah masalah kesehatan tertentu. Dimana kunyit mengandung curcumin yang memiliki manfaat untuk otak mulai dari meningkatkan daya ingat serta neurotropik dalam otak dan meredakan depresi atau kecemasan. Curcumin sendiri termasuk senyawa antioksidan yang memiliki efek anti inflamasi serta bermanfaat bagi tubuh.

6. Brokoli

Makanan bantu sehatkan otak selain diperoleh dari kunyit, brokoli juga memiliki manfaat serupa untuk otak. Sebab brokoli diketahui mengandung vitamin C, vitamin K dan flavonoid yang dapat meningkatkan kesehatan otak. Mengutip dari healthline.com, vitamin K rupanya diketahui dapat membantu meningkatkan daya ingat dalam otak. Selain itu brokoli juga memiliki efek anti inflamasi yang dapat melindungi otak karena stress oksidatif.

7. Telur

Telur menjadi salah satu jenis makanan selanjutnya yang bisa menyehatkan sistem pusat saraf atau otak. Dimana telur memiliki cukup banyak nutrisi sehat seperti vitamin B6, B12, dan kolin. Mengutip dari healthline.com, kandungan kolin dalam telur membantu meningkatkan daya ingat dan mengatur suasana hati.

Bukan hanya itu saja, telur juga mengandung folat yang memiliki berfungsi bagi otak untuk mencegah kerusakan, salah satunya berkaitan dengan penurunan daya ingat dan mencegah demensia. Meski begitu dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk melihat efek tersebut bagi kesehatan otak.

8. Jeruk

Makanan bantu sehatkan otak selanjutnya bisa diperoleh dari buah jeruk. Sebab jeruk diketahui mengandung vitamin C yang bermanfaat bagi otak serta dapat mencegah penurunan fungsi otak. Salah satunya yakni melindungi otak dari tingkat risiko sakit Alzheimer karena vitamin tersebut tergolong antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Sejumlah buah lainnya seperti tomat, strawberry, jambu biji, dan kiwi juga menjadi sumber vitamin C tinggi.

Nah itulah 8  makanan ini bisa bantu sehatkan otak dan meningkatkan kecerdasan. Selain itu perlu diperhatikan bahwa sejumlah makanan tersebut dapat dikonsumsi dalam jumlah wajar sesuai kebutuhan untuk menghindari dampak kesehatan yang bisa timbul. Konsultasi dengan dokter kesehatan disarankan apabila memiliki riwayat penyakit tertentu yang alergi terhadap sederet makanan di atas.

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI