18 Manfaat Bayam untuk Kesehatan, Cegah Stres Hingga Kanker

Rabu, 16 Desember 2020 11:45 Penulis: Nurul Wahida
18 Manfaat Bayam untuk Kesehatan, Cegah Stres Hingga Kanker
Ilustrasi (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Bayam menjadi jenis sayuran favorit yang sering ditemui di pasaran. Selain harganya yang terjangkau rupanya bayam kaya akan vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan. Manfaat bayam untuk kesehatan sangatlah beragam mulai dari cegah stres hingga kanker.

Bayam adalah jenis sayuran berwarna hijau yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia. Sayuran ini berasal dari Amerika yang akhirnya tersebar di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Biasanya bayam dapat dibuat sebagai sayur bayam, salad bayam, keripik bayam, gado-gado, dan lain sebagainya.

Hampir semua jenis resep makanan cocok dengan bayam. Selain rasanya yang enak , bayam juga kaya vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan. Misalnya dalam 100 gram bayam mentah mengandung sebanyak 23 kalori, 91% air, 2,9 gram protein, 3,6 gram karbohidrat, 0,4 gram gula, 2,2 gram serat, dan 0,4 gram lemak.

Sebagian besar karbohidrat dalam bayam terdiri dari serat yang baik untuk kesehatan. Selain itu kandungan vitamin dan mineral dalam bayam juga sangat tinggi. Mulai dari vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin K1, kalsium, fosfor, dan besi.

Ya, manfaat bayam untuk kesehatan yang kaya vitamin dan mineral tentunya akan baik untuk tubuh. Lalu apa saja manfaat bayam untuk kesehatan? Berikut manfaat bayam untuk kesehatan yang dilansir dari berbagai sumber.

 

 

 

1. Mengatasi Stres Oksidatif

Manfaat bayam untuk kesehatan salah satunya dapat mengatasi stres oksidatif. Stres oksidatif adalah keadaan di mana jumlah radikal bebas dalam tubuh sangat tinggi, sehingga membuat tubuh tidak dapat menstabilkan keadaanya.

Kondisi ini akan memunculkan berbagai penyakit seperti penuaan dini dan penyakit kronis lainnya. Stres oksidatif dapat dicegah dengan memberikan asupan antioksidan yang terdapat dalam buah ataupun sayur. Salah satunya adalah bayam yang mengandung antioksidan untuk mengurangi kerusakan pada tubuh yang terpapar radikal bebas.

 

2. Mencegah Kanker

Manfaat bayam juga dapat mencegah penyakit kronis seperti kanker. Bayam mengandung dua komponen yang bisa memperlambat pertumbuhan kanker. Dua komponen dalam bayam tersebut adalah monogalactosyl diacylglycerol (MGDG) dan sulfoquinovosyl diacylglycerol (SQDG).

Kandungan tersebut dapat mencegah pertumbuhan kanker dalam tubuh. Beberapa penyakit kanker yang bisa diantisipasi dengan mengonsumsi bayam adalah kanker kolon, kanker paru-paru, kanker ovarium, dan kanker prostat.

 

3. Kesehatan Mata

Kesehatan mata juga dapat diperoleh dari konsumsi bayam. Kandungan karotenoid seperti beta karoten, lutein, dan zeaxanthin dalam bayam bisa menjaga kesehatan mata. Termasuk mencegah degenerasi makula dan katarak pada mata.

 

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Selain bahan makanan yang mengandung sistem imun seperti jahe, rupanya manfaat bayam juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. kekebalan tubuh sangat penting dimiliki agar tubuh mampu melawan berbagai penyakit.

Kandungan vitamin A, vitamin C, folat, dan magnesium pada bayam diyakini bisa meningkatkan kekebalan tubuh manusia. Bayam dapat diolah dengan resep sehat dan bergizi sesuai dengan selera.

 

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat bayam juga dapat untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan antioksidan dalam bayam serta folid acid dapat mencegah terkena risiko serangan jantung. Sehingga dengan mengonsumsi bayam secara rutin bisa menjaga kesehatan jantung tetap baik.

 

6. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat bayam untuk kesehatan juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Nitrat dalam bayam dengan jumlah yang banyak bisa membantu menurunkan tekanan darah. Dalam sebuah penelitian pada 27 orang, didapat hasil jika mengonsumsi bayam dapat menurunkan tekanan darah.

 

7. Kesehatan Tulang

Mengonsumsi bayam juga dapat menjaga kesehatan tulang tetap baik. Kandungan vitamin K dalam bayam dapat menyerap kalsium oleh tulang. Sehingga tulang akan menjadi lebih kuat dan risiko tulang rapuh dapat diminimalisir.

 

8. Baik untuk Penyakit Diabetes

Kandungan alpha-lipoic dalam bayam dapat menurunkan gula darah. Sehingga meningkatkan sensitivitas insulin dan mencegah perubahan stress oksidatif pada pasien diabetes. Serta menurunkan risiko neuropoti perifer dan otonom penyakit diabetes.

 

9. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat bayam selanjutnya adalah dapat menurunkan berat badan. Sehingga bayam cocok buat kalian yang tengah menjalani program diet sehat. Sebab kandungan nutrisi dalam bayam dapat membantu menurunkan berat badan dengan jumlah kalori yang rendah. Selain itu serat tinggi dalam bayam bisa menyehatkan sistem pencernaan yang mampu mengatur gula darah rendah serta mencegah masalah sembelit.

Melansir dari medlife.com, bayam dapat membuat tubuh lebih cepat kenyang dan mencegah konsumsi makanan berlebih. Hal inilah yang menjadikan bayam bisa membantu menurunkan berat badan kalian serta cocok buat program diet.

 

10. Memiliki Sifat Anti-Inflamasi

Manfaat bayam yang tak terduga lainnya adalah memiliki sifat anti-inflamasi. Sifat anti-inflamasi dalam bayam tersebut dapat mencegah sejumlah masalah kesehatan seperti osteoporosis, migrain, asma, dan sakit kepala. Melansir dari medlife.com, bayam mengandung neoxanthin dan violaxanthin yang bisa membuat sayur sehat ini memiliki sifat anti-inflamasi untuk mencegah peradangan. Sehingga menambahkan bayam untuk menu sehat harian dapat dipertimbangkan untuk menjaga kesehatan tubuh.

 

11. Berperan Dalam Pembekuan Darah

Kandungan vitamin K1 pada bayam menawarkan manfaat dapat berperan dalam proses pembekuan darah. Melansir dari healhtline.com, bayam memang terkenal dengan manfaatnya untuk pembekuan darah. Namun pada orang yang sebelumnya mengonsumsi obat pengencer darah disarankan melakukan konsultasi dengan dokter kesehatan agar mendapat rekomendasi tepat serta sesuai.

 

12. Membuat Tubuh Jadi Rileks

Manfaat bayam untuk kesehatan juga bisa membuat tubuh jadi lebih rileks. Hal ini membantu mencegah masalah stress atau depresi yang bisa terjadi pada setiap orang. Sebab bayam diketahui dapat membuat pikiran lebih tenang tidak tegang dan dapat membantu tidur lebih nyenyak. Manfaat tersebut bisa diperoleh karena bayam mengandung magnesium yang membantu tubuh tetap rileks serta mencegah gangguan tidur. Sehingga kalian dapat memiliki tidur yang lebih berkualitas dan rileks di pagi hari.

 

13. Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat bayam untuk kesehatan yang tidak terduga juga bisa membantu meningkatkan kesehatan otak. Sehingga dengan kesehatan otak yang terjaga, maka dapat meningkatkan fungsi kerja otak untuk berpikir, mengingat serta berkonsentrasi. Terlebih seiring bertambahnya usia rentan terhadap penurunan fungsi otak. Sehingga dengan konsumsi bayam dapat membuat otak lebih aktif dan membantu mencegah gangguan otak di kemudian hari. Melansir dari medlife.com, kandungan vitamin K pada bayam tersebut diketahui berperan untuk membantu menyehatkan sistem saraf dan terkait dengan perilaku normal lainnya.

 

14. Mencegah Anemia

Anemia merupakan gangguan kesehatan yang terjadi akibat kekurangan sel darah merah. Akibatnya tubuh tidak mendapat cukup oksigen yang membuat penderitanya mengalami sejumlah gejala seperti kulit pucat, mudah lelah, pusing serta nyeri dada. Penyebab anemia sendiri dapat terjadi karena tubuh kekurangan zat besi yang membantu dalam pembentukan sel darah merah.

Dalam hal ini kandungan dalam bayam diketahui memiliki zat besi tinggi yang bermanfaat untuk mencegah risiko anemia. Melansir dari medlife.com, zat besi dapat membantu membawa oksigen ke seluruh sel tubuh dan meningkatkan energi.

 

15. Mencerahkan Kulit

Manfaat bayam untuk kesehatan kulit juga bisa mencerahkan kulit agar tampak bercahaya. Kandungan nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K diketahui memiliki peran penting yang menyehatkan kulit. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, konsumsi bayam secara rutin bisa dicoba agar menjaga kesehatan kulit dari dalam dan membuatnya tampak bercahaya.

 

16. Mencegah Jerawat

Masih berkaitan dengan kesehatan kulit, manfaat bayam juga bisa membantu mencegah masalah jerawat. Seperti diketahui jerawat menjadi masalah umum yang terjadi pada setiap orang. Kondisi ini biasanya cukup membuat khawatir mereka karena berpengaruh pada penampilan hingga dapat menurunkan rasa percaya diri.

Namun ternyata kandungan pada bayam bisa membantu meredakan peradangan kulit dan mencegah masalah jerawat. Selain dikonsumsi, kalian juga bisa membuat masker berbahan dasar bayam lalu mengoleskan pada kulit. Diamkan beberapa menit dan bilas hingga bersih.

 

17. Mencegah Penuaan Dini

Berkaitan dengan kesehatan kulit manfaat bayam juga dapat membantu mencegah penuaan dini. Penuaan dini tersebut dapat ditandai dengan beberapa hal seperti muncul garis halus di kulit serta kulit yang tampak kendur. Kondisi ini ternyata dapat diatasi dengan konsumsi bayam yang mengandung antioksidan tinggi untuk membantu mencegah penuaan dini. Antioksidan dalam baya tersebut juga bisa menangkal paparan radikal bebas pada kulit yang berpotensi menyebabkan penuaan dini.

 

18. Menyehatkan Rambut

Manfaat bayam untuk kesehatan juga bisa menjaga rambut tetap sehat. Sebab kandungan pada bayam seperti sejumlah vitamin dan mineral dapat membantu menjaga kesehatan kulit kepala terutama rambut tetap sehat. Dalam hal ini rambut akan lebih kuat dan mempercepat pertumbuhan rambut yang berkaitan dengan masalah kerontokan. Selain itu zat besi dalam bayam juga bisa membantu melancarkan oksigen ke folikel rambut untuk menjaganya tetap sehat. Konsumsi rutin bayam bisa dipertimbangkan agar mendapatkan manfaatnya untuk rambut.

Nah, itulah 18 manfaat bayam untuk kesehatan, kaya vitamin yang bisa mencegah berbagai masalah kesehatan. Namun perlu diingat agar konsumsi bayam tidak berlebihan supaya mencegah penyakit lain yang mungkin dapat timbul.

 

 

(kpl/nlw/gen)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI