8 Manfaat Buah Kiwi untuk Kesehatan, Bisa Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kamis, 25 Juni 2020 11:44 Penulis: Puput Saputro
8 Manfaat Buah Kiwi untuk Kesehatan, Bisa Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Manfaat buah kiwi (credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Kiwi menjadi salah satu buah impor yang paling populer di Indonesia. Buah kiwi sejatinya berasal dari daratan China. Namun, kini buah kiwi lebih dikenal berasal dari Australia dan Selandia Baru. Bentuk buah kiwi yang oval berwarna cokelat, dengan sedikit bulu halus di permukaan kulit membuatnya dimirip-miripkan dengan burung kiwi yang jadi ikon negara Selandia Baru. Terlepas dari dari mana asalnya, buah kiwi begitu digemari. Lantas apa saja manfaat buah kiwi?

Sama halnya kebanyakan buah lainnya, buah kiwi menyimpan banyak khasiat. Hal ini dikarenakan buah kiwi mempunyai sejumlah kandungan yang baik untuk tubuh. Manfaat buah kiwi untuk kesehatan dikarenakan adanya sejumlah kandungan gizi seperti vitamin C, vitamin E, folat, dan serat. Di keseharian, buah kiwi kerap dijadikan menu diet. Apakah benar adanya buah kiwi baik dikonsumsi saat diet?

Berikut beberapa manfaat buah kiwi untuk kesehatan, dirangkum dari berbagai sumber.

 

1. Baik Dikonsumsi untuk Diet

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, buah kiwi sering jadi dikonsumsi saat diet. Ternyata, hal ini bukanlah isapan jempol belaka. Kiwi termasuk salah satu jenis buah yang kandungan kalorinya tidak terlalu tinggi. Selain itu, buah kiwi juga punya banyak serat yang sangat baik untuk pencernaan. Dilansir dari healthline.com, satu buah kiwi ukuran kecil mengandung setidaknya 3 gram serat di bagian daging buah dan kulitnya.

2. Mencegah Asma

Manfaat buah kiwi untuk kesehatan yang kedua adalah bisa mengobati asma. Sebab, buah kiwi mempunyai kandungan vitamin C dan antioksidan yang cukup tinggi. Kemampuan kiwi dalam mengobati asma sudah terbukti melalui sebuah studi penelitian yang dilakukan pada tahun 2000.

Dilansir dari healthline.com, penelitian itu mengungkap bahwa konsumsi buah kiwi bisa mengurangi risiko serangan asma pada anak-anak. Selain itu, mengonsumsi buah kiwi secara rutin sejak anak-anak juga akan memberi efek positif pada kesehatan paru-paru saat dewasa.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh atau imunitas jadi hal yang penting untuk dijaga agar badan tetap sehat dan tidak mudah terkena penyakit. Buah kiwi bisa jadi salah satu suplemen alami agar daya tahan tubuh terjaga. Ya, seperti yang kita tahu vitamin C jadi salah satu nutrisi yang berperan dalam menjaga sistem imunitas seseorang.

Oleh karena itu, buah kiwi sangat dianjurkan untuk dikonsumsi ketika daya tahan tubuh terganggu, seperti saat mengalami demam atau gejala flu. Buah kiwi juga baik dikonsumsi golongan usia anak-anak dan lansia. Sebab, daya tubuh seseorang pada golongan usia tersebut cenderung lebih rentan.

4. Baik Dikonsumsi Penderita Diabetes

Diabetes bisa jadi salah satu momok penyakit yang menyeramkan. Umumnya, diabetes bisa disebabkan karena kadar gula darah dalam tubuh yang terlalu tinggi. Diabetes tergolong penyakit berbahaya sebab bisa memicu terjadinya komplikasi. Penderita diabetes biasanya mempunyai berbagai pantangan makanan, termasuk buah-buahan tertentu yang bisa meningkatkan kadar gula.

Tapi tenang, buah kiwi tidak termasuk buah-buahan yang bisa meningkatkan kadar gula. Sebaliknya, buah kiwi rendah akan glikemik sehingga aman dikonsumsi untuk penderita diabetes. Artinya, buah kiwi cocok bagi penderita diabetes untuk memenuhi kebutuhan vitamin, tanpa harus khawatir ancaman gula darah naik.

5. Menyehatkan Jantung

Manfaat buah kiwi untuk kesehatan yang selanjutnya berkaitan dengan tekanan darah. Buah kiwi mengandung zat bioaktif yang bisa membantu menurunkan tekanan darah. Khasiat serupa juga dimiliki buah apel. Namun, nyatanya kemampuan buah kiwi dalam menurunkan tekanan darah bisa lebih cepat dibandingkan buah apel.

Konsumsi buah kiwi secara rutin tidak hanya berkhasiat menstabilkan tekanan darah yang tinggi. Dalam jangka panjang, kesehatan jantung akan lebih terjaga dan terhindar dari berbagai penyakit kardiovaskular, seperti stroke dan serangan jantung.

6. Menyehatkan Pencernaan

Tidak hanya menyehatkan jantung, kiwi juga dipercaya menyehatkan pencernaan. Hal ini disebabkan kandungan serat yang tinggi pada buah kiwi. Di samping itu, kiwi juga mempunyai enzim proteolitik actinidin yang akan mempercepat proses pemecahan protein. Hal tersebut membuat proses pencernaan protein akan berjalan lebih lancar dan maksimal.

7. Baik untuk Kesehatan Mata

Selama ini kita mengenal wortel sebagai salah satu bahan makanan yang baik untuk kesehatan mata. Ternyata, selain wortel buah kiwi juga punya khasiat yang sama. Buah kiwi mempunyai kandungan karotenoid yang berfungsi menjaga kesehatan mata.

Selain itu, kiwi juga mempunyai kandungan-kandungan lain seperti asam amino, mineral, karoten, dan vitamin yang diperlukan untuk kesehatan mata. Dengan begitu, manfaat buah kiwi untuk kesehatan mata tidak perlu diragukan lagi.

8. Menjaga Kesehatan dan Kekuatan Tulang

Selain vitamin yang baik untuk kesehatan mata, buah kiwi juga mengandung sejumlah senyawa yang baik untuk tulang. Buah kiwi memiliki kandungan vitamin K yang berguna untuk meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap kalsium. Sebagaimana yang kita tahu, kalsium merupakan mineral yang penting untuk kekuatan dan kepadatan tulang. Dengan memenuhi kebutuhan vitamin K melalui konsumsi buah kiwi, kalian akan terhindar dari ancaman osteoporosis.

Nah, itulah di antaranya 8 manfaat buah kiwi untuk kesehatan. Jadi mulai sekarang kalian bisa menikmati rasanya yang segar dan mendapatkan manfaatnya yang luar biasa.

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI