Manfaat Kopi Robusta untuk Kesehatan, Dapat Mencegah Kanker - Alzheimer

Rabu, 24 Juni 2020 14:11 Penulis: Dhia Amira
Manfaat Kopi Robusta untuk Kesehatan, Dapat Mencegah Kanker - Alzheimer
Manfaat kopi (credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Kopi memang menjadi salah satu minuman yang dapat memberikan semangat saat dikonsumsi pada pagi hari. Hal tersebut karena di dalam kopi terdapat kandungan kafein yang bisa membuat seseorang kembali bersemangat, selain itu juga dapat menghilangkan kantuk yang berlebih. Kopi memiliki berbagai macam jenis salah satunya yaitu robusta. Dan ternyata manfaat kopi robusta juga bisa memberikan sebuah kesehatan loh.

Kopi robusta merupakan jenis kopi yang banyak ditemui di Indonesia dan menjadi salah satu kopi yang banyak disajikan di sini. Itulah mengapa manfaat kopi robusta dapat dengan mudah kita rasakan. Apa saja ya manfaat tersebut? Dilansir dari berbagai sumber, inilah 5 manfaat kopi robusta untuk kesehatan tubuh yang wajib diketahui bila kalian pecinta kopi.

 

 

1. Mengurangi Risiko Kanker

Manfaat kopi robusta yang pertama yaitu dapat mengurangi kanker. Sebenarnya buka hanya kopi robusta saja, hampir semua kopi memiliki manfaat untuk pencegahan kanker. Hal tersebut karena di dalam kopi terdapat kandungan asam antioksidan yang dapat dengan baik melindungi sel tubuh dari zat radikal bebas yang berbahaya. Karena zat tersebut dapat merusak sel tubuh dan mengakibatkan berbagai macam penyakit, salah satunya kanker.

Dalam sebuah penelitian, sudah banyak yang membuktikan bahwa kopi dapat mencegah timbulnya kanker di dalam tubuh. Dan salah satunya yaitu kanker prostat, paru-paru, payudara, serta pankreas. Untuk itu, bila kalian ingin terhindar dari penyakit kanker, maka kalian bisa mengonsumsi kopi dengan takaran yang benar serta tidak berlebihan.

2. Mengurangi Kadar Kolesterol

Manfaat kopi robusta yang selanjutnya yaitu dapat mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Kita memiliki kadar kolesterol di dalam tubuh, ada kadar kolesterol baik dan ada pula kadar kolesterol jahat. Dan kadar kolesterol jahat inilah yang dapat membahayakan tubuh, seperti mengalami darah tinggi, stroke, hingga jantung. Maka dari itu, mengurangi kadar kolesterol jahat adalah sesuatu yang baik untuk tubuh.

Dan cara menguranginya yaitu kalian bisa mengonsumsi kopi robusta. Karena di dalam kopi robusta terdapat kandungan antioksidan yang mampu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) di dalam tubuh, sehingga mampu mengurangi risiko peradangan yang dapat mengakibatkan serangan jantung. Kalian bisa mengonsumsi kopi dengan takaran yang benar dan tidak berlebihan, agar manfaat dari kopi tersebut dapat diterima dengan baik oleh tubuh.

3. Menambah Energi

Dan manfaat kopi robusta yang lainnya yaitu dapat menambah energi di dalam tubuh bila kita merasa lemas dan juga tidak bersemangat. Hal tersebut karena, di dalam kopi robusta terdapat kandungan yang dapat menstimuli fungsi saraf sehingga kita dapat lebih bersemangat dan tidak mudah lelah.

Selain itu, kopi robusta juga memiliki rasa yang lebih pahit dan juga asam dibanding dengan kopi arabika. Itulah mengapa kopi robusta menjadi salah satu minuman yang disukai oleh para pecinta kopi pahit. Sehingga rasa kantuk dan juga lemas di dalam tubuh akan cepat menghilang.

4. Pencegahan Penyakit Parkinson dan Alzheimer

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Brain Institut di Kanada baru-baru ini sangat mengejutkan, pasalnya berbagai jenis kopi ternyata dapat mencegah timbulnya penyakit parkinson dan alzheimer bagi lansia. Hal ini karena, di dalam kopi terdapat kandungan senyawa yang disebut dengan fenilindan yang dapat menghambat protein beta amiloid dan juga protein tau. Kedua protein ini lah banyak ditemukan dalam otak para penderita parkinson dan juga alzheimer.

Itulah mengapa kandungan senyawa fenilindan ini dapat menghambat pertumbuhan dari kedua protein tersebut. Fenilindan timbul akibat proses roasting sehingga menimbulkan rasa pahit pada kopi. Jadi bila kalian ingin mengurangi penyakit parkinson dan alzheimer, maka kalian bisa mengonsumsi kopi sejak saat ini dengan takaran yang benar dan tidak berlebihan.

5. Kecantikan Kulit

Dan manfaat kopi robusta yang terakhir yaitu dapat membuat kulit tampak cantik serta sehat. Sudah banyak yang mengetahui bahwa kopi banyak digunakan dalam berbagai macam bahan utama kecantikan dari kulit hingga rambut. Bila kalian ingin mendapatkan kulit yang sehat secara alami, maka kalian dapat menggunakan kopi. Hal tersebut karena di dalam kopi terdapat kandungan antioksidan yang dapat memberikan kesehatan pada kulit wajah.

Selain itu, ekstrak kopi juga memiliki kandungan yang dapat melindungi kulit dari sinar UV hingga kulit tetap terjaga. Kandungan vitamin B3 dalam kopi juga dapat memberikan perlindungan dari kanker kulit dan juga keriput. Itulah mengapa kopi dapat memberikan kesehatan pada kulit wajah kalian secara alami dan tentunya aman.

Itulah 5 manfaat kopi robusta untuk kesehatan tubuh, tetapi jangan hanya mengandalkan kopi saja ya KLovers. Kalian juga harus menerapkan pola hidup sehat yang baik dengan memperhatikan pola makan dan juga olahraga, sehingga dapat memberikan keseimbangan yang baik untuk tubuh.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI