8 Manfaat Kopi Hitam Bagi Tubuh, Tingkatkan Daya Ingat - Kesehatan Jantung

Kamis, 09 Juli 2020 21:55 Penulis: Dita Tamara
8 Manfaat Kopi Hitam Bagi Tubuh, Tingkatkan Daya Ingat - Kesehatan Jantung
Manfaat kopi hitam (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Sebagian orang Indonesia tentunya sudah tidak asing lagi ketika mengonsumsi kopi hitam setiap harinya. Ada beragam manfaat kopi hitam ketika kalian meminumnya. Namun, perlu di ingat, kopi yang dimaksud disini adalah kopi hitam tanpa tambahan gula maupun krim lainnya. Hal ini lantaran dampak buruk yang ditimbulkan apabila mengonsumsi banyak gula. Jadi jangan sampai keliru dalam mendapatkan manfaat kopi hitam tapi justru muncul dampak kesehatan lainnya yang dapat merugikan tubuh.

Banyak orang yang mencintai kopi lantaran aroma khas yang ditimbulkan. Namun tentunya tidak hanya itu saja, cita rasa dari kopi hitam dan efek setelah meminum kopi dapat membuat orang merasa lebih semangat dalam menjalani aktivitasnya.

Kopi sendiri terkenal dengan kandungan kafein yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Namun perlu diingat, takaran kafein yang masuk ke dalam tubuh harus tetap di jaga agar tidak terlalu banyak.

Untuk mendapatkan manfaat kopi hitam, ada baiknya kalian mengonsumsi kopi hitam secara pas. Para ahli menyarankan agar orang dewasa minum setidaknya dua cangkir kopi hitam setiap hari. Jadi, bagi kalian pecinta kopi hitam, sebaiknya mengetahui manfaat kopi hitam bagi tubuh. Daripada penasaran, simak ulasannya berikut ini.

 

 

1. Mengurangi Tingkat Stres

Biasanya kopi seringkali menjadi teman untuk mengerjakan sebuah pekerjaan atau deadline. Tekanan tersebut membuat sebagian orang menjadi stres dan depresi akibat banyaknya kerjaan. Biasanya, seseorang memilih meminum kopi untuk meredakan tingkat stres.

Ya, kopi salah satu minuman yang dapat mengurangi stres pada seseorang. Setelah mengonsumsi kopi, kalian akan merasakan perasan lebih rileks, bahagia, dan lebih semangat dalam melanjutkan aktivitas.

2. Membantu Mengurangi Berat Badan

Jika kalian berencana untuk menurunkan berat badan, kalian bisa mendapatkan manfaat tersebut dari mengonsumsi kopi hitam tanpa gula. Cara tersebut dipercaya membantu menurunkan berat badan secara cepat.

Minuman ini dapat membantu membakar lemak di perut. Jadi selain mengatur pola makan, program diet kalian akan lebih berjalan lancar bila mengonsumsi kopi hitam.

3. Meningkatkan Daya Ingat

Tidak bisa dipungkiri, semakin bertambahnya usia pada seseorang, tentu saja akan berpengaruh terhadap melemahnya daya ingat seseorang. Akan tetapi, kalian bisa mengatasinya dengan mengonsumsi kopi hitam. Jadi, apabila kalian sudah sering lupa, meminum kopi dapat membantu meningkatkan daya ingat kalian.

4. Tingkatkan Energi

Manfaat kopi hitam yang banyak diketahui oleh sebagian orang yaitu dapat meningkatkan energi. Mengapa demikian? Kandungan kafein yang ada dalam segelas kopi mampu meningkatkan tubuh seseorang agar tidak mudah lelah.

Stimulan yang terkandung dalam kopi hitam akan mampu meningkatkan kadar adrenalin dalam darah manusia. Namun yang perlu kalian perhatikan ketika mengonsumsi kopi hitam sebelum beraktivitas yaitu, ada baiknya untuk mengisi perut dengan makanan yang mengandung karbohidrat terlebih dahulu.

5. Menurunkan Risiko Diabetes

Diabetes adalah penyakit kronis yang ditandai dengan ciri-ciri berupa tingginya kadar gula (glukosa) darah. Glukosa merupakan sumber energi utama bagi sel tubuh manusia. Namun, jika jumlah glukosa pada tubuh manusia berlebihan tentu saja dapat menimbulkan berbagai gangguan pada organ tubuh.

Dengan mengonsumsi kopi secara teratur dan takaran yang pas, ternyata bisa ampuh menurunkan risiko diabetes. Tetapi perlu diingat untuk tetap menjaga pola makan yang baik.

6. Mengurangi Risiko Kanker

Kanker menjadi penyakit yang mematikan dan bisa menyerang siapa pun. Untuk mengatasinya, kalian bisa mengonsumsi kopi hitam tanpa gula. Hal ini dikarenakan senyawa dalam kopi dapat membantu mencegah beberapa jenis penyakit seperti kanker hati, payudara, usus besar dan dubur. Kopi juga dapat mengurangi peradangan yang merupakan salah satu alasan utama di balik berkembangnya tumor.

7. Meredakan Sakit Kepala

Kondisi sakit kepala yang menyerang tiba-tiba tentunya dapat mengganggu beberapa aktivitas. Manfaat kopi hitam yang satu ini memang sudah bukan menjadi rahasia umum. Ya, mengonsumsi kopi hitam secukupnya dapat meredakan sakit kepala dan bersifat menenangkan. Untuk itu, kalian hanya perlu membuat secangkir kopi hitam hangat di rumah untuk kemudian dinikmati.

8. Baik untuk Kesehatan Jantung

Terakhir, manfaat kopi hitam yang bisa kalian dapatkan yaitu baik untuk kesehatan jantung. Meminum dua gelas kecil kopi hitam per hari, bisa  untuk melindungi diri dari gagal jantung. Jika tidak diminum berlebihan, kopi bisa menurunkan risiko terjadinya gagal jantung hingga sekitar 10 persen.

Itulah sederet manfaat kopi hitam bagi tubuh yang perlu kalian ketahui. Perlu di ingat untuk mengonsumsi kopi hitam dalam jumlah yang wajar. Semoga bermanfaat.

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI