8 Penyebab Kemiskinan Paling Umum di Berbagai Negara Beserta Penjelasannya

Selasa, 15 Desember 2020 16:55 Penulis: Nurul Wahida
8 Penyebab Kemiskinan Paling Umum di Berbagai Negara Beserta Penjelasannya
Penyebab kemiskinan (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Kemiskinan masih menjadi masalah utama yang dihadapi berbagai negara di dunia. Kondisi ini perlu mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah yang berwenang untuk menuntaskan masalah kemiskinan. Ada beragam penyebab kemiskinan yang paling umum salah satunya berkaitan dengan tingkat kesenjangan seperti pendidikan.

Kemiskinan merupakan keadaan yang dialami seseorang saat mereka tidak mampu memenuhi kebutuhan hidupnya seperti keperluan sandang, pangan, papan, pendidikan dan kesehatan. Kemiskinan sendiri masih menjadi masalah utama yang sering dihadapi berbagai negara termasuk Indonesia. Di mana setiap negara tersebut memiliki beragam masalah kemiskinan yang berkaitan dengan kondisi ekonomi warganya.

Kemiskinan dapat dikelompokkan menjadi beberapa jenis yakni kemiskinan absolut, kemiskinan relatif, kemiskinan kultural, dan kemiskinan struktural. Jenis kemiskinan tersebut dikategorikan lagi berdasarkan masalah kemiskinan yang ada. Dalam hal ini peran pemerintah sangat penting untuk menuntaskan warganya keluar dari masalah kemiskinan.

Penduduk yang masuk dalam kategori garis kemiskinan juga berpeluang untuk mengembangkan kehidupan lebih baik dengan dukungan dari pemerintahan. Terlepas dari hal tersebut meski berbagai negara memiliki masalah kemiskinan yang beragam, namun penyebab kemiskinan paling umum ini sering dijumpai di berbagai negara.

Adapun penyebab kemiskinan paling umum di berbagai negara dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini. Berikut penyebab kemiskinan paling umum yang dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1. Pendidikan Rendah

Penyebab kemiskinan yang pertama dapat terjadi karena tingkat pendidikan yang rendah. Kesenjangan pendidikan yang terjadi tersebut menyebabkan seseorang tidak cukup mendapatkan keterampilan, pengetahuan, dan wawasan yang memadai. Akibatnya karena pendidikan yang rendah juga dapat menentukan kehidupannya di masa mendatang terkait dengan pekerjaan ataupun bisnis.

Terlebih di masa sekarang yang membuat pendidikan sebagai kualifikasi utama untuk bersaing pada tingkat lapangan pekerjaan. Hal inilah yang menjadikan tingkat pendidikan rendah menjadi penyebab kemiskinan secara umum di berbagai negara.

2. Kurangnya Lapangan Pekerjaan

Penyebab kemiskinan selanjutnya dapat terjadi karena kurangnya lapangan pekerjaan. Kurangnya pembukaan lapangan pekerjaan ini menyebabkan masyarakat tidak dapat memenuhi kebutuhan hidupnya untuk mendapatkan gaji atau upah. Keterbatasan lapangan pekerjaan inilah yang juga bisa menjadi faktor pengangguran terjadi.

Melansir dari liputan6.com, banyaknya pengangguran di suatu negara juga bisa menjadi masalah utama kemiskinan terjadi. Sebab terbatasnya lapangan pekerjaan atau bahkan karena keterbatasan keterampilan dan pengetahuan seringkali menjadi penghambat seseorang mendapatkan pekerjaan layak dengan upah layak.

3. Beban Hidup Keluarga

Penyebab kemiskinan juga bisa terjadi karena faktor beban hidup keluarga yang banyak. Ketika seseorang memiliki anggota keluarga yang banyak untuk di hidupi maka beban hidupnya juga akan meningkat. Kondisi inilah yang menyebabkan seseorang harus meningkatkan pendapatan untuk menghidupi keluarganya.

Jika pendapatan yang diperoleh rendah tentunya bisa menjadi penyebab kemiskinan paling umum terjadi. Terlebih seperti diketahui bahwa pendidikan, lapangan pekerjaan, keterampilan juga menentukan seseorang dapat memperoleh pekerjaan layak dengan upah layak pula.

4. Sumber Daya Terbatas

Penyebab kemiskinan lainnya adalah karena sumber daya yang terbatas. Sumber daya tersebut dapat terdiri dari sumber daya alam, sumber bahan, serta sumber modal. Melansir dari liputan6.com, keterbatasan sumber daya alam bisa menjadi faktor kemiskinan karena berhentinya pendapatan yang bersumber dari alam.

Faktor keterbatasan sumber daya alam tersebut biasanya dialami karena terjadinya bencana alam. Terjadinya bencana alam sendiri dapat menyebabkan kerusakan baik infrastruktur ataupun potensi alam lainnya. Alhasil karena terbatasnya sumber daya alam dan modal tersebut bisa menjadi penyebab kemiskinan yang umum terjadi.

5. Terjadi Konflik

Penyebab kemiskinan juga dapat dipicu oleh terjadinya konflik. Melansir dari reliefweb.int, konflik dapat menyebabkan beragam kerusakan infrastruktur, menghentikan perekonomian dan membuat penduduk mungkin kehilangan aset mereka. Akibatnya karena konflik tersebut bisa menjadi penyebab terjadinya kemiskinan.

Sebab konflik bukan hanya berdampak pada kehidupan masyarakat melainkan juga berdampak pada faktor ekonomi pemerintahan. Hal ini terjadi karena saat mengalami konflik sejumlah perusahaan asing atau negara mungkin akan menunda investasi mereka pada wilayah atau negara yang tengah konflik.

6. Biaya Hidup Tinggi

Penyebab kemiskinan paling umum di berbagai negara selanjutnya dapat terjadi karena biaya hidup yang tinggi. Tingginya biaya hidup yang tidak sesuai dengan pendapatan dapat menjadi penyebab kemiskinan terjadi. Melansir dari humanrightscareers.com, menurut statistik World Food Programme, sekitar 60 persen hingga 80 persen pendapatan rumah tangga dengan garis kemiskinan dihabiskan untuk makanan. Terlebih jika harga bahan pokok makanan tersebut di sejumlah negara atau wilayah bisa saja mengalami kenaikan yang dapat menyebabkan terjadinya kemiskinan.

7. Kurangnya Perhatian Pemerintah

Dalam menangani masalah kemiskinan suatu negara atau wilayah, peran pemerintah berdampak besar untuk menuntaskan warganya dari jerat kemiskinan. Di mana ketika perhatian dari pemerintah kurang, tidak menutup kemungkinan jika masalah kemiskinan akan terus terjadi.

Penyebab kemiskinan karena kurangnya perhatian pemerintah ini bisa terjadi karena kegagalan dalam program kesejahteraan sosial, pembangunan infrastruktur yang kurang baik, serta kurangnya memenuhi kebutuhan penduduk miskin berupa bantuan sosial.

8. Pembangunan Infrastruktur yang Terlambat

Pembangunan infrastruktur seperti fasilitas jalan, internet, transportasi, ataupun lainnya juga bisa menjadi penyebab kemiskinan terjadi. Sebab terlambatnya pembangunan infrastruktur tersebut bisa menyebabkan terhambatnya perekonomian warganya. Melansir dari humanrightscareers.com, infrastruktur menghubungkan warganya untuk mendapatkan sumber daya yang memadai terutama berkaitan dengan pendapatan atau perekonomian. Terlebih dengan pembangunan infrastruktur dapat memungkinkan terbukanya lapangan pekerjaan yang menjadi sumber pendapatan warga.

Nah itulah 8 penyebab kemiskinan paling umum di berbagai negara beserta penjelasannya. Di mana untuk menuntaskan kemiskinan peran dari berbagai pihak perlu dilakukan baik pemerintah ataupun penduduknya.

 

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI