8 Tanda Awal Serangan Jantung yang Perlu Diketahui dan Diwaspadai

Minggu, 09 Mei 2021 20:11 Penulis: Dhia Amira
8 Tanda Awal Serangan Jantung yang Perlu Diketahui dan Diwaspadai
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Penyakit jantung adalah kondisi ketika jantung mengalami gangguan. Bentuk gangguan itu sendiri bisa bermacam-macam. Ada gangguan pada pembuluh darah jantung, irama jantung, katup jantung, atau gangguan akibat bawaan lahir. Sehingga kalian perlu mengetahui tanda awal serangan jantung agar bisa mencegah hal tersebut.

Jantung adalah organ tubuh yang terbagi menjadi empat ruang. Dua ruang terletak di bagian atas, yaitu atrium (serambi) kanan dan kiri. Sedangkan dua ruang lagi terletak di bagian bawah, yaitu ventrikel (bilik) kanan dan kiri. Fungsi utama jantung adalah mengalirkan darah kaya oksigen ke seluruh bagian tubuh. Sehingga kerja jantung sangat penting untuk tubuh manusia.

Namun bila bermasalah, maka jantung akan sangat berbahaya. Bahkan jantung masih menjadi salah satu penyakit nomor satu yang membunuh manusia dengan cepat. Untuk itulah kita perlu hidup sehat, dan mengetahui tanda awal bila mana kalian merasa memiliki penyakit jantung. Hal ini agar kalian bisa dapat mengatasinya lebih awal.

Untuk itu dilansir dari berbagai sumber, inilah 8 tanda awal serangan jantung yang perlu kalian ketahui dan waspadai. Yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. Detak Jantung Tak Beraturan

Tanda awal serangan jantung yang pertama yaitu detak jantung yang tak beraturan. Kalian bisa merasakan tanda detak jantung tak beraturan ini terjadi selama satu hingga dua menit ya KLovers. Bila hal ini terjadi, maka bisa jadi itu merupakan sebuah tanda awal akan terjadinya serangan jantung.

Tidak hanya itu saja, hal ini biasanya muncul disertai juga dengan kecemasan terutama pada wanita. Kemudian bila sudah seperti itu maka biasanya membuat seseorang menjadi merasa pusing dan mudah kelelahan.

 

2. Keringat Berlebih

Tanda awal serangan jantung yang selanjutnya yaitu mengeluarkan keringat berlebih di dalam tubuh. Hal ini bisa dilihat pada siang dan malam harinya. Bila seseorang memiliki risiko tinggi terkena serangan jantung, maka mereka akan dengan mudah berkeringat lebih dari normal pada siang dan malam hari.

Perlu diingat bahwa, hal ini biasanya bisa tampak terlihat seperti gejala flu yang muncul walau temperatur udara tak panas dan tidak banyak bergerak. Dan gejala ini umumnya hanya muncul pada wanita. Jadi perlu diwaspadai ya, bila merasa mengeluarkan banyak keringat di malam atau siang hari.

 

3. Sakit Perut

Tidak hanya merasakan sakit di dada saja, nyatanya sakit perut juga bisa menjadi tanda mengalami sakit jantung. Rasa sakit dan nyeri di perut ini biasanya muncul pada 50 persen kasus serangan jantung baik pada pria maupun wanita. Biasanya terjadi mual di perut serta rasa kembung yang terjadi seminggu sebelum serangan jantung terjadi.

Walaupun terlihat terkesan sepele, namun nyatanya gejala ini merupakan salah satu tanda awal serangan jantung. Jika gejala ini berhenti dan muncul kembali dalam waktu singkat, maka kalian perlu lebih untuk berhati-hati ya KLovers. Bila perlu kalian dapat berkonsultasi pada dokter.

 

4. Kelelahan

Ya, bagi mereka yang memiliki penyakit jantung bukan menjadi rahasia umum bila membuat tubuh jadi mudah merasa lelah. Dan gejala ini biasanya rentan terjadi pada kaum wanita dibanding dengan pria. Walaupun pria juga bisa mengalami hal tersebut.

Jenis lelah yang dirasakan berbeda dengan orang normal biasa ya KLovers. Bagi mereka yang memiliki penyakit jantung, rasa lelah di tubuh akan terasa 2 kali lebih berat padahal tidak melakukan pekerjaan yang terlalu berat. Sehingga hal ini bisa menurunkan energi dan motivasi seseorang.

 

5. Masalah Pernapasan

Kemudian tanda awal serangan jantung yang lainnya yaitu ada masalah pernapasan. Untuk penyakit jantung ini, gejala pernapasan yang biasanya terjadi yaitu masalah pernapasan berupa dyspnea. Masalah pernapasan ini biasanya terjadi pada 40 persen kasus serangan jantung yang dialami oleh orang dewasa, baik laki-laki maupun perempuan.

Biasanya hal ini ditandai dengan kesulitan untuk menarik napas dalam-dalam dan memasukkan udara ke paru-paru. Untuk ciri berikut ini biasa terjadi pada enam bulan sebelum serangan jantung terjadi. Bila sudah seperti ini, maka kalian harus waspada dan cepat berkonsultasi pada dokter ya Klovers.

 

6. Insomnia

Insomnia memang menjadi sebuah penyakit yang dapat dialami oleh siapa saja. Namun bukan hanya menjadi penyakit tidur biasa, nyatanya insomnia juga menjadi salah satu tanda awal serangan jantung pada seseorang. Hal ini karena, insomnia merupakan salah satu penyakit yang bisa membuat seseorang mengalami masalah pada jantung mereka.

Banyak penderita serangan jantung mengalami insomnia sebelum terjadi serangan jantung. Mereka juga cenderung memiliki kecemasan yang tinggi serta konsentrasi yang kurang. Sehingga itu yang membuat mereka merasa sulit untuk tidur dengan baik dan tenang.

 

7. Rambut Rontok

Rambut rontok memang sering dialami oleh banyak orang, baik pria maupun wanita. Biasanya rambut rontok terjadi akibat banyak hal, seperti kurang merawat kekuatan dan kesehatan rambut, terlalu banyak diikat, salah menggunakan produk kecantikan, menjalani pengobatan dengan dosis yang kuat, stres, hingga penuaan dini.

Namun selain hal di atas, nyatanya rambut rontok menjadi salah satu tanda awal serangan jantung yang timbul loh Klovers. Pada beberapa kasus, serangan jantung juga bisa menyebabkan terjadinya hal ini. Kondisi ini biasanya terjadi pada pria di atas 50 tahun dan ada kemungkinan terjadi pada wanita. Rambut rontok dikaitkan dengan peningkatan kadar hormon kortisol yang bisa memicu stres dan akhirnya memicu serangan jantung.

 

8. Nyeri di Dada

Dan tanda awal serangan jantung yang terakhir yaitu ada nyeri di dada. Bukan hal yang asing lagi bila sakit jantung dapat menyebabkan seseorang merasa nyeri di dada mereka. Walau begitu, posisi tepat dari masalah ini masih belum diketahui secara pasti loh Klovers. Mengapa bisa merasakan nyeri di bagian dada.

Biasanya gejala paling umum dari penyakit jantung koroner adalah angina atau angina pectoris yang juga dikenal sebagai nyeri dada. Angina dapat digambarkan sebagai ketidaknyamanan, berat, tertekan, sakit, terbakar, rasa penuh, seperti diremas, atau nyeri akibat penyakit jantung koroner.

Itulah 8 tanda awal serangan jantung yang perlu kalian ketahui dan waspadai. Semoga semua tanda awal serangan jantung ini tidak ada pada diri kalian dan selalu sehat.

 

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI