10 Cara Mencegah Penyakit Jantung Sedini Mungkin dengan Cara Alami

Senin, 23 November 2020 19:11 Penulis: Dita Tamara
10 Cara Mencegah Penyakit Jantung Sedini Mungkin dengan Cara Alami
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Cara mencegah penyakit jantung kini tak hanya dicari oleh seseorang lanjut usia. Namun, banyak pula orang-orang di usia muda yang berisiko terkena penyakit ini. Ya, jantung merupakan organ tubuh yang paling penting. Tugas jantung sendiri untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Itulah sebabnya jantung menjadi organ yang tidak pernah berhenti bekerja. Dengan demikian, kesehatan jantung memang tidak bisa disepelekan.

Seperti yang kita ketahui pula jika penyakit jantung merupakan penyebab kematian paling banyak di dunia. Jenis penyakit jantung yang kerap menjangkiti antara lain penyakit jantung koroner, penyakit jantung bawaan, aritmia, gagal jantung dan infeksi jantung.

Meski tergolong sebagai penyakit yang mematikan, namun ada sejumlah cara mencegah penyakit jantung sedini mungkin yang perlu kalian ketahui. Lalu, bagaimana cara mencegahnya? Yuk langsung saja simak ulasan lengkap berikut ini.

 

1. Konsumsi Makanan Sehat

Cara mencegah penyakit jantung yang pertama yaitu dengan membiasakan diri mengonsumsi makanan sehat. Hal ini karena tubuh selalu membutuhkan nutrisi penting di dalamnya. Untuk menjaga kesehatan jantung, kalian juga harus membatasi mengonsumsi lemak jenuh, mengandung gula tinggi, ataupun makanan yang tinggi natrium.

Ada baiknya, kalian mengonsumsi makanan sehat seperti sayur, buah, serta biji-bijian. Cara lainnya untuk tetap menjaga kesehatan jantung yaitu dengan mengurangi asupan makanan cepat saji.

 

2. Hindari Stres

Stres memang sering kali dialami kebanyakan orang karena berbagai macam penyebabnya. Jika tidak segera di atasi, hal ini akan berbahaya bagi kesehatan tubuh, terutama dapat menyebabkan penyakit jantung. Sebab stres diketahui dapat menjadi penyebab seseorang mengalami tekanan darah tinggi.

Untuk itulah penting menghindari stres yang dapat memicu penyakit jantung. Solusinya, kalian sebisa mungkin untuk selalu mengontrol emosi supaya tidak berlebihan. Kalian juga bisa mengalihkan rasa emosi kepada hal yang menjadi hobi kalian atau yang bisa menenangkan seperti mendengarkan musik.

 

3. Berhenti Merokok

Merokok memang mempunyai banyak dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Kandungan bahan kimia dalam rokok lama-kelamaan dapat merusak jantung dan pembuluh darah kalian. Tak hanya perokok aktif, perokok pasif pun juga berisiko menurunkan kesehatan jantung.

Bahkan jika kalian telah berhenti merokok bertahun-tahun yang lalu, kesehatan jantung kalian juga masih berisiko. Hal ini bergantung pada seberapa sering merokok dan berapa lama kalian berhenti.

 

4. Istirahat yang Cukup

Cara mencegah penyakit jantung lainnya yaitu dengan istirahat yang cukup. Meski begitu, masih banyak pula orang yang kurang beristirahat lho. Padahal, dengan istirahat yang cukup, secara tidak langsung kesehatan tubuh dapat terjaga dengan baik termasuk meningkatkan kekebalan tubuh dan menghindari dari berbagai penyakit seperti sakit jantung.

Ada baiknya, kalian melakukan istirahat yang cukup dengan tidur selama 7-8 jam perharinya. Sebab, apabila kalian mempunyai kebiasaan begadang, tidak menutup kemungkinan hal tersebut bisa menjadi pemicu mengalami obesitas, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung. Oleh sebabnya, mulailah untuk memperbaiki kualitas tidur kalian.

 

5. Menjaga Kadar Kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi bisa menyumbat arteri dan meningkatkan risiko kalian terkena penyakit arteri koroner dan serangan jantung. Oleh sebabnya, cara mencegah penyakit jantung bisa dilakukan dengan terus menjaga kadar kolesterol dan trigliserida tetap terkendali. Ada baiknya untuk tetap melakukan pemeriksaan kadar kolesterol secara rutin. Selain itu, ubah gaya hidup kalian menjadi sehat.

 

6. Menjaga Kadar Gula Darah

Selain menjaga kadar kolesterol, cara mencegah penyakit jantung yaitu dengan menjaga kadar gula darah. Sebab, seseorang yang mengalami diabetes, maka risiko terkena penyakit jantung juga semakin besar.

Selain itu, gula darah juga akan meningkat akibat kondisi rusaknya pembuluh darah dan saraf yang mengontrol jantung dan pembuluh darah kalian. Jadi, penting untuk menjaga kadar gula darah dengan rutin memeriksakannya.

 

7. Olahraga

Olahraga memang mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Meski begitu, masih banyak orang yang melewatkan kegiatan ini. Padahal, rajin berolahraga dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Dengan berolahraga, maka otot-otor jantung bisa berfungsi secara optimal untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Oleh sebab itu, ada baiknya kalian melakukan olahraga sedang minimal 30 menit perharinya. Olahraga sedang yang bisa kalian lakukan yaitu dengan senam, jalan kaki, maupun bersepeda.

 

8. Jaga Berat Badan

Selanjutnya, cara mencegah penyakit jantung yaitu dengan selalu menjaga berat badan kalian. Mendapatkan berat badan yang ideal juga menjadi salah satu cara untuk menurunkan risiko penyakit jantung. Sebab, seseorang yang mengalami kelebihan berat badan mempunyai risiko yang lebih besar terkena penyakit jantung. Hal ini lantaran seseorang yang obesitas tentu akan mengalami peningkatan kadar kolesterol dan trigliserida tinggi dalam tubuh.

 

9. Melakukan Diet Sehat

Mengubah kebiasaan makan tak sehat memang sulit. Tapi memulai belajar melakukan diet sehat sangat berguna bagi tubuh, terutama dalam menjaga kesehatan jantung. Kalian bisa membiasakan diri dengan berfokus mengonsumsi sayur, buah dan biji-bijian. Selain itu batasi lemak jenuh, pilih sumber protein yang rendah lemak, mengurangi garam, serta mengontrol porsi makan.

 

10. Hindari Alkohol

Cara mencegah penyakit jantung yang terakhir yaitu dengan menghindari mengonsumsi alkohol dalam jumlah banyak. Sebab, mengonsumsi banyak alkohol dapat menyebabkan tekanan darah meningkat dan memicu terjadinya penyakit jantung. Jika kalian benar ingin mengonsumsinya, bagi wanita membatasi dengan tidak mengonsumsi lebih dari satu gelas perhari. Sedangkan pria, tidak lebih mengonsumsi dari dua gelas perharinya.

Nah itulah sederet cara mencegah penyakit jantung yang perlu kalian ketahui. Oleh sebab itu, terapkan cara di atas untuk mencegah penyakit jantung sedini mungkin. Semoga bermanfaat.

 

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI