Ingin Punya Tubuh Atletis? Ini 7 Makanan Pembesar Otot yang Enak dan Menyehatkan

Selasa, 15 September 2020 19:33 Penulis: Puput Saputro
Ingin Punya Tubuh Atletis? Ini 7 Makanan Pembesar Otot yang Enak dan Menyehatkan
Ilustrasi (credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Mempunyai tubuh yang sehat bugar dan atletis jadi impian dari beberapa orang. Untuk itu, beberapa orang rela melakukan berbagai olahraga atau latihan fisik tertentu. Padahal, tak hanya latihan fisik saja yang dibutuhkan agar impian tersebut tercapai. Jenis makanan juga berpengaruh pada pertumbuhan otot. Perlu diketahui apa saja yang termasuk makanan pembesar otot.

Ya, ternyata ada sejumlah makanan sehat yang berkhasiat bisa mempercepat pertumbuhan massa otot. Jadi dengan olahraga cukup dan mengonsumsi makanan-makanan tersebut, impian mendapat tubuh atletis bisa lebih cepat terealisasi. Rata-rata makanan penambah massa otot ini merupakan makanan dengan kandungan protein tinggi.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa jenis makanan pembesar otot.

 

1. Telur

Telur jadi salah satu sumber protein hewani yang umum dikonsumsi oleh banyak orang. Selain karena harganya yang relatif murah, telur juga praktis untuk diolah. Telur memang tergolong salah satu bahan makanan kaya protein. Dalam satu butir telur saja terdapat setidaknya 6 gram protein.

Namun, meski kaya protein, kalian tidak dianjurkan mengonsumsi telur secara terus menerus. Pasalnya telur juga tergolong makanan yang tinggi lemak sehingga bisa memicu kolesterol. Untuk mengantisipasinya kalian bisa mengonsumsi bagian putih telurnya saja. Sebab, bagian putih relatif lebih rendah lemak dan kaya akan asam amino.

Salah satu tips untuk mengonsumsi telur agar proteinnya terjaga adalah dengan cara merebusnya. Kalian tetap bisa memasaknya dengan cara digoreng, tapi sangat dianjurkan untuk memakai minyak sehat seperti minyak zaitun.

2. Dada Ayam

Daging ayam juga sering jadi sumber protein andalan. Namun, untuk program membentuk otot tubuh, disarankan untuk mengonsumsi bagian dada saja. Daging ayam bagian dada dipercaya mengandung lebih banyak protein jika dibandingkan bagian lainnya. Sama seperti telur, protein dada ayam akan lebih terjaga apabila diolah dengan cara direbus, bukan digoreng. Selain direbus, dada ayam yang dimasak dengan dipanggang atau dibakar juga relatif lebih aman dan menyehatkan. 

3. Tempe dan Tahu

Berasal dari kedelai, tempe dan tahu sangat kaya akan protein nabati yang diperlukan tubuh. Tempe dan tahu selama ini jadi salah satu sumber protein andalan bagi mereka yang menjalani hidup sebagai vegetarian. Tingginya kandungan protein dalam tempe dan tahu memang sudah tidak perlu diragukan lagi.

Termasuk makanan pembesar otot, tempe dan tahu sebenarnya akan lebih baik jika diolah dengan cara direbus atau dipanggang. Namun, masyarakat kita lebih sering mengolah tempe dengan cara digoreng. Padahal, menggoreng bisa merusak nutrisi dalam tempe dan tahu. Untuk meminimalisir kerusakan tersebut, cukup gunakan sedikit saja minyak. Pakailah juga minyak zaitun yang terbilang lebih sehat.

4. Susu dan Produk Olahannya

Susu ternyata tak hanya baik untuk kesehatan tulang saja. Meminum susu juga bisa berdampak pada pembentukan massa otot. Hal ini dikarenakan susu menyimpan beragam nutrisi seperti protein, karbohidrat, dan lemak. Nutrisi-nutrisi tersebut diperlukan tubuh untuk meningkatkan massa otot.

Tak hanya susu saja, produk olahan susu seperti yogurt juga dipercaya bisa membawa manfaat yang sama. Agar lebih nikmat dan menyehatkan, kalian bisa mengonsumsinya ditambah buah-buahan seperti pisang, kiwi, blueberry, atau stroberi.

5. Kacang Almond

Kacang almond bisa jadi camilan sehat bagi kalian yang menginginkan bentuk tubuh atletis. Dilansir dari fitnessfirst.com.au, dalam satu genggam kacang almond terdapat setidaknya 6 gram protein. Selain itu, kacang almond juga kaya kalsium yang dipercaya bisa membantu kontraksi pada otot secara efisien.

Kalian bisa mengonsumsi kacang almond dalam berbagai cara. Salah satunya dengan dicacah lalu ditambahkan sebagai topping pada salad, tumis, dan yoghurt.

6. Selai Kacang

Siapa sangka selai kacang yang biasa kita oleskan pada roti tawar ternyata termasuk makanan pembesar otot. Dilansir dari vitalstrengthblog.com.au, selai kacang padat akan kalori, mengandung lemak baik dan juga protein tinggi yang berguna untuk pembangun otot.

Dalam dua sendok selai kacang saja terkandung sekitar 8 gram protein. Jumlah yang cukup untuk meningkatkan massa otot. Selain itu, selai kacang juga menyimpan karbohidrat kompleks yang berguna untuk energi otot, vitamin, dan lemak sehat.

7. Daging Merah

Daging merah juga termasuk salah satu makanan pembesar otot yang efektif. Dalam daging merah, khususnya sapi terdapat 9 asam amino esensial yang sangat berguna untuk membangun massa otot. Tak hanya itu saja, daging merah juga menyimpan nutrisi lain yang diperlukan otot untuk tetap tumbuh, seperti vitamin B, fosfor, zat besi, seng, dan kreatin.

Nah, itulah di antaranya beberapa makanan pembesar otot. Untuk bisa sehat dan mendapat tubuh atletis, kalian bisa mengonsumsinya bersamaan dengan menjalankan olahraga rutin. Selamat mencoba!

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI