Kenali Sedini Mungkin, 7 Penyebab Mata Katarak Ketahui Pula Gejala dan Cara Mencegahnya

Rabu, 16 September 2020 14:55 Penulis: Puput Saputro
Kenali Sedini Mungkin, 7 Penyebab Mata Katarak Ketahui Pula Gejala dan Cara Mencegahnya
Ilustrasi (credit: flickr)


Kapanlagi Plus - Katarak jadi salah satu gangguan penglihatan yang umum dialami oleh banyak orang. Biasa dialami mereka yang sudah tergolong usia lanjut, mata katarak sering kali dianggap hal lumrah. Sehingga, tak banyak orang yang menaruh perhatian terhadap penyebab dan gejalanya. Padahal, sangat penting untuk mengetahui apa saja penyebab mata katarak agar bisa dilakukan pencegahan.

Penyakit katarak muncul dan menyerang lensa mata sehingga membuat lensa tersebut menjadi keruh atau buram. Akibatnya, kemampuan penglihatan jadi menurun. Walaupun, sering dialami golongan usia lanjut, nyatanya katarak tidak hanya disebabkan oleh faktor usia saja. Ada beberapa hal yang ternyata juga bisa memicu munculnya katarak.

Dilansir dari berbagai sumber berikut beberapa penyebab mata katarak, berikut gejala dan cara mencegahnya.

 

1. Faktor Usia

Seperti yang disebut sebelumnya, katarak memang kerap muncul pada mereka yang sudah tergolong lanjut usia. Sebab, seperti yang kita tahu seiring bertambahnya usia setiap fungsi atau kemampuan organ tubuh kita akan menurun. Begitu pula dengan indera penglihatan atau mata. Katarak bisa jadi salah satu pertanda sekaligus penyebab dari menurunnya penglihatan di usia tua.

2. Faktor Genetika

Penyebab mata katarak yang kedua ialah faktor genetika. Ya, katarak ternyata bisa diturunkan melalui garis keturunan. Artinya, jika kalian mempunyai orangtua atau nenek kakek yang mempunyai riwayat mata katarak, kalian patut lebih berwaspada. Jaga kesehatan mata, untuk memperkecil kemungkinan menderita penyakit yang sama.

3. Trauma

Mata katarak juga bisa disebabkan karena trauma akibat benturan pada bagian mata. Oleh karena itu, kita tak bisa menyepelekan benturan yang terjadi pada mata. Sebab, mata termasuk organ yang sensitif. Segera periksakan diri ke dokter mata, untuk menghindari risiko katarak dan dampak kerusakan mata lainnya. 

4. Infeksi

Sebagai organ yang sensitif, mata juga sering kali mengalami infeksi. Infeksi pada mata ternyata juga bisa jadi penyebab mata katarak. Maka, separah apapun infeksi mata yang dialami, kita tidak boleh lengah dan menyepelekannya. Sebisa mungkin segera atasi atau lakukan pemeriksaan ke dokter mata, sebelum infeksi menyebar dan semakin parah.

5. Efek Konsumsi Obat

Seperti yang kita tahu, ada beberapa jenis obat-obatan yang mempunyai efek samping untuk kesehatan. Ternyata ada juga obat-obatan yang efek sampingnya terhadap kondisi kesehatan mata. Jenis obat itu adalah kortikosteroid. Bahkan, konsumsi berlebihan obat jenis kortikosteroid ini dipercaya bisa memicu mata katarak.

6. Diabetes

Diabetes selama ini jadi salah satu penyakit yang selalu dihindari dan ditakuti. Penyakit yang tergolong mematikan ini bisa memicu terjadinya komplikasi dan kerusakan organ, termasuk mata. Diabetes diyakini bisa menyebabkan mata katarak karena pada tubuh penderita diabetes terdapat enzim aldose reductase. Enzim inilah yang kemudian bisa memicu terjadinya katarak.

7. Paparan Sinar Matahari Berlebih

Paparan sinar matahari berlebih bisa jadi salah satu penyebab katarak yang sering dianggap remeh. Terlebih, bagi orang yang mempunyai risiko mengalami katarak melalui faktor usia dan genetika. Pasalnya, sinar ultra violet pada matahari ditengarai bisa memperparah kondisi mata katarak.

8. Gejala Katarak

Mata katarak tidak terjadi begitu saja, ada beberapa gejala yang timbul sebelum penglihatan benar-benar menjadi buram. Dilansir dari healthline.com, berikut beberapa gejala mata katarak.

1) Kemampuan penglihatan menurun, khususnya di malam hari. Sehingga akan sulit melakukan berbagai aktivitas seperti mengemudi atau membaca di malam hari.

2) Lebih sensitif terhadap cahaya, mata akan terasa sakit apabila mendapat sorotan cahaya yang menyilaukan.

3) Munculnya lingkaran cahaya di sekitar sumber cahaya yang kita lihat.

4) Lensa pada mata berubah warna menjadi kuning atau kecokelatan. Hal ini dikarenakan adanya gumpalan protein yang mengaburkan lensa mata.

5) Pandangan berubah menjadi kabur, sehingga benda yang dilihat seolah-olah berbayang.

9. Cara Mencegah Katarak

Setelah mengetahui penyebab mata katarak dan gejala-gejalanya, maka yang tak kalah penting adalah mengetahui cara mencegahnya. Dilansir dari mayoclinic.org, berikut beberapa cara mencegah mata katarak.

1) Lakukan pemeriksaan mata secara teratur agar gejala katarak bisa terdeteksi sedini mungkin, sehingga akan lebih mudah mengambil tindakan.

2) Menerapkan pola hidup sehat tidak hanya berguna untuk kesehatan tubuh. Pola hidup sehat juga akan membuat kesehatan mata lebih terjaga. Hindari kebiasaan merusak kesehatan seperti konsumsi alkohol dan merokok. Makan makanan bergizi. Olahraga secara rutin.

3) Gunakan kacamata antiradiasi di siang hari untuk menghindari paparan sinar ultraviolet.

Nah, itulah beberapa penyebab mata katarak, berikut dengan gejala dan cara mencegahnya. Semoga ulasan ini bermanfaat dan bisa jadi bekal menjaga kesehatan mata!

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI