9 Jenis Ikan Guppy Paling Banyak Dicari untuk Hiasan Akuarium, Kenali Ciri Fisiknya

Kamis, 28 Januari 2021 10:44 Penulis: Dita Tamara
9 Jenis Ikan Guppy Paling Banyak Dicari untuk Hiasan Akuarium, Kenali Ciri Fisiknya
(credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Ikan guppy menjadi salah satu jenis ikan hias untuk akuarium yang begitu indah. Ikan dengan nama lain ikan cere ini merupakan jenis ikan air tawar dan banyak orang mengidolakannya. Ikan ini memiliki karakter tubuh yang berwarna-warni, namun pada bagian jantan memiliki warna yang cerah ketimbang betina. Panjang ikan ini hanya mencapai 35 milimeter saja. Merawat ikan jenis ini juga sangat mudah hanya dengan memberikan pakan tabur yang sangat mudah di dapatkan.

Alasan utama kebanyakan orang memelihara ikan guppy yaitu warna tubuhnya yang begitu memanjakan mata. Tak heran jika para pecinta ikan berburu ikan guppy dengan beragam corak yang begitu cantik. Jenis ikan yang mudah berkembang biak ini mempunyai banyak jenis yang perlu kalian ketahui. Namun, ada beberapa jenis ikan guppy yang paling populer dan banyak diburu. Apa saja? Yuk langsung saja simak ulasan lengkap berikut ini.

 

 

1. Ikan Guppy Young Pair Champion Purple

Jenis ikan guppy yang pertama yaitu ikan Guppy Young Pair Champion Purple. Diketahui jenis ikan guppy yang satu ini merupakan paling mahal di dunia lho. Hal ini lantaran corak dari jenis guppy yang satu ini sangat cantik. Adapun ciri fisiknya seperti memiliki corak tubuh dengan warna gradasi biru mulai dari bagian kepala hingga ekor yang semakin menggelap. Jika kalian ingin membeli jenis ikan guppy yang satu ini, kalian harus menyiapkan budget hingga. Rp. 1 juta rupiah per ekornya. Diketahui jenis ikan yang satu ini juga sangat langka.

 

 

2. Ikan Guppy Albino

Selanjutnya, jenis ikan guppy untuk hiasan akuarium kalian yaitu ikan guppy albino. Jenis ikan guppy albino ini bernama Red albino Delta. Mereka memiliki warna lain dengan mata yang tetap putih. Jadi, penglihatan mereka memang tidak begitu bagus, karena pengaruh pigmen di matanya yang merah, sehingga memberikan kesan cantik tersendiri.

 

 

3.

Jenis ikan guppy satu ini memiliki dominasi warna biru langit yang sangat terlihat pada ekor dan siripnya. Jenis Japan blue ini diperkirakan berasal dari guppy liar yang ada di Jepang. Karena adanya pengaruh dari gen lain, warnanya menjadi sangat bervariasi misal dari ungu ke turquoise

Perkembangan  terbaru  dari  jenis  Japan Blue adalah Lazuli yang umumnya memiliki warna biru langit pada bagian kepala dan pangkal ekor.

 

 

4. Ikan Guppy Tuxedo

Ikan guppy tuxedo menjadi jenis ikan yang juga paling banyak dicari. Hal ini lantaran ikan guppy tuxendo emmiliki keunikan di bagian siripnya, sehingga nampak tak seperti ikan guppy pada umumnya. Adapun ciri fisik dari jenis guppy ini yaitu memiliki warna yang gelap  pada tubuh bagian belakang seperti warna biru tua dan hitam. Namun, tingkat coverage setiap guppy berbeda-beda. Hanya saja pada umumnya menutupi separuh bagian tubuh belakang.

 

 

5. Ikan Guppy Mozaic

Jenis ikan yang selanjutnya untuk mempercantik akuarium kalian yaitu jenis guppy mozaik. Ikan yang satu ini memiliki ciri khas pola dan corak bergelombang pada sirip dan ekornya. Polanya memiliki susunan yang rapi dan beraturan antara biru dengan kuning ataupun merah dengan biru tua. Untuk mendapatkan gen mozaik ini harus dikawin silangkan dengan gen lain supaya menghasilkan corak yang begitu cantik.

 

 

6. Ikan Guppy Merah

Ikan guppy merah menjadi salah satu jenis ikan guppy yang cukup mudah kalian temukan di Indonesia. Ikan hias asli dari Amerika Selatan dan timur laut ini memiliki warna merah solid yang sangat dominan pada tubuh serta siripnya. Meski begitu, ada pula jenis ikan guppy lainnya seperti emas, maupun abu.

 

 

7. Ikan Guppy Magenta

Selanjutnya, jenis ikan guppy yang sangat cantik yaitu magenta. Warna dasar pada jenis magenta ini adalah pink atau merah muda. Perlu kalian ketahui pula, jika jenis ikan hias yang satu ini berasal dari Indonesia. Tak heran jika kalian pun akan mudah menemukan jenis ikan ini untuk hiasan akuarium.

 

 

8. Ikan Guppy Cobra

Meskipun mempunyai corak yang sedikit mengerikan mirip dengan ular cobra, namun jenis ikan guppy yang satu ini juga banyak diidolakan. Pada guppy cobra jantan, warna ekor di dominasi oleh warna putih, kuning, atau hitam. Tampilannya yang eksotis menyerupai kulit ular menjadi daya tarik bagi guppy jenis ini. Apakah kalian tertarik membeli jenis ikan guppy yang satu ini?

 

 

9. Ikan Guppy Leopard

Cara mudah untuk mengetahui jenis ikan guppy leopard yaitu memiliki ciri khas adanya motif bercak-bercak secara tebal dan tersebar secara acak pada sirip dan ekornya. Pada dasarnya, jenis ikan guppy ini bisa didapatkan dengan mengawinkan jenis guppy cobra dengan jenis guppy polos. Dengan begitu, akan mendapatkan corak yang begitu unik dan cantik.

Itulah sederet jenis ikan guppy yang cocok untuk kalian pelihara. Kira-kira kalian tertarik membeli jenis ikan guppy yang mana nih?

 

 

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI