8 Penyebab Kulkas Tidak Dingin yang Penting Diketahui dan Solusinya

Selasa, 19 Januari 2021 10:44 Penulis: Nurul Wahida
8 Penyebab Kulkas Tidak Dingin yang Penting Diketahui dan Solusinya
Penyebab kulkas tidak dingin (credit: pixabay.com)


Kapanlagi Plus - Kulkas bermasalah seringkali membuat kalian bertanya-tanya mengenai faktor pemicu yang menyebabkan peralatan elektronik ini tidak berfungsi dengan maksimal. Sebab kondisi tersebut bisa membuat sejumlah aktivitas rumah tangga mungkin mengalami hambatan. Salah satunya penyebab kulkas tidak dingin yang terjadi karena sejumlah faktor tertentu.

Kulkas menjadi salah satu barang elektronik yang kegunaannya cukup berperan penting dalam mendukung berbagai aktivitas rumah tangga. Seperti fungsi utama kulkas yang digunakan untuk menyimpan bahan makanan agar tetap awet dan tahan lama. Perangkat elektronik ini juga dapat membuat es batu ataupun jenis makanan atau minuman dingin lainnya.

Cara menggunakan kulkas terbilang sangat mudah, hanya saja diperlukan perawatan maksimal untuk menjaganya tetap berfungsi dengan baik. Pasalnya sejumlah masalah mungkin dapat kalian alami apabila kebersihan atau perawatan kulkas tidak diperhatikan. Misalnya saja kulkas tidak dingin yang seringkali jadi masalah umum di masyarakat.

Penyebab kulkas tidak dingin bisa jadi karena faktor perawatan yang tidak diperhatikan atau mungkin berkaitan dengan perangkatnya yang sudah lama. Sehingga hal tersebut dapat memicu masalah kulkas tidak dingin. Lalu mengapa kulkas menjadi tidak dingin?

Untuk mengetahui alasan dan penyebab kulkas tidak dingin dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini. Berikut penyebab kulkas tidak dingin telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

 

1. Memasukkan Makanan Panas

Penyebab kulkas tidak dingin yang pertama dapat terjadi karena tidak disadari memasukkan makanan panas. Meski dapat mendinginkan atau mengawetkan makanan, namun memasukkan makanan panas langsung ke dalam kulkas dapat berdampak pada perubahan suhu di dalam kulkas. Saat kalian memasukkan makanan panas ke dalam kulkas, ini dapat memicu penurunan suhu kulkas terjadi.

Tak heran apabila suhu kulkas mungkin menjadi tidak dingin seperti sediakala. Untuk itu sebaiknya sebelum memasukkan makanan panas ke dalam kulkas, diamkan sejenak hingga makanan tersebut agak dingin bersuhu ruangan. Setelah makanan dingin dengan suhu ruangan, kalian dapat memasukkan ke dalam kulkas, tentunya cara ini bisa mencegah masalah yang muncul seperti kulkas tidak dingin.

 

2. Terdapat Bunga Es

Penyebab kulkas tidak dingin selanjutnya mungkin dapat terjadi karena terdapat bunga es yang menutupi bagian lubang angin. Bunga es seringkali muncul menutupi seluruh permukaan kulkas dengan ketebalan tertentu. Apabila tidak dibersihkan, bunga es dapat menebal dan membuat lubang angin menjadi tertutup.

Akibatnya kulkas menjadi tidak dingin karena lubang angin yang tertutup. Lubang angin tersebut dapat berfungsi untuk mendinginkan udara dalam kulkas. Untuk mencegahnya kalian dapat membersihkan bunga es tebal agar mencair dan memaksimalkan kembali suhu dingin kulkas.

 

3. Perhatikan Pengaturan Suhu Kulkas

Penyebab kulkas tidak dingin juga dapat terjadi karena pengaturan suhu kulkas yang tidak tepat. Ini sering terjadi pada saat kalian mungkin baru pertama kali menyalakan kulkas. Apabila tidak dilakukan pengecekan secara teliti, mungkin pengaturan suhu berada pada suhu rendah yang menyebabkan kulkas tidak dingin. Untuk itu kalian perlu memeriksa terlebih dahulu pengaturan suhu pada kulkas. Sehingga masalah kulkas tidak dingin dapat diatasi dengan mudah.

 

4. Letak Kulkas Tidak Strategis

Kulkas menjadi tidak dingin juga dapat disebabkan oleh letak lokasi kulkas yang kurang strategis. Dalam artian penyebab kulkas tidak dingin ini bisa terjadi karena kalian meletakkan kulkas pada area yang rentan panas. Misalnya saja dekat barang elektronik lain yang dapat menghasilkan panas ataupun berada dekat dengan kompor.

Jika kalian menemukan masalahnya seperti itu, inilah yang mungkin menjadi penyebab kulkas tidak dingin. Untuk mencegahnya, kalian dapat meletakkan kulkas pada tempat strategis yang jauh dari benda atau peralatan menghasilkan panas.

 

5. Pintu Kulkas Tidak Rapat

Pintu kulkas biasanya dilengkapi dengan karet yang berfungsi untuk mempertahankan suhu dalam kulkas tetap stabil. Kondisi ini juga berfungsi agar pintu bisa tertutup rapat sewaktu kalian membuka kulkas. Namun apabila pintu kulkas tidak tertutup rapat, bukan tidak mungkin jika suhu kulkas menjadi kurang dingin.

Kondisi ini dapat terjadi karena karet pintu kulkas tidak berfungsi maksimal. Bisa saja karet pintu mengalami kerusakan hingga menyebabkan kulkas tidak tertutup rapat. Solusinya kalian dapat mengganti karet pintu kulkas apabila ditemukan kerusakan pada karet pintu kulkas.

 

6. Masalah Pada Tegangan Listrik atau Stop Kontak

Penyebab kulkas tidak dingin juga dapat disebabkan oleh masalah pada tegangan listrik ataupun stop kontak. Seperti diketahui, stop kontak berfungsi sebagai penghubung antara arus listrik dan peralatan elektronik termasuk kulkas. Sehingga peralatan elektronik dapat bekerja sesuai fungsinya.

Dalam hal ini apabila terjadi masalah pada stop kontak, dapat menyebabkan tegangan listrik tidak stabil. Akibatnya kulkas tidak dapat berfungsi maksimal termasuk kurang dingin. Apabila masalahnya ada pada tegangan listrik, kalian perlu memeriksanya kembali.

 

7. Kebocoran Pada Freon

Freon adalah senyawa yang dapat mendinginkan suhu kulkas. Freon menjadi perangkat yang terdapat pada kulkas dengan fungsi pentingnya untuk menghasilkan suhu udara dingin. Melansir dari merdeka.com, apabila terjadi masalah pada freon yakni kebocoran freon maka dapat memicu perubahan suhu dalam kulkas.

Kalian dapat memeriksanya dengan mengecek bagian belakang kulkas yang berada dekat dengan grill kulkas. Jika tidak menghasilkan panas area tersebut, bisa dikatakan freon mungkin telah habis. Sehingga kalian bisa mengisi ulang kembali untuk memaksimalkan suhu dingin kulkas.

 

8. Kondensor Tertutup Debu atau Kotor

Penyebab kulkas tidak dingin juga bisa disebabkan oleh kondensor kulkas yang tidak dibersihkan. Sebab bagian tersebut bisa saja mengalami masalah seperti tertutup debu. Akibatnya fungsi kerja kondensor tidak dapat maksimal untuk membuang panas kulkas. Ini bisa memicu kulkas menjadi tidak dingin. Sehingga kalian dapat memeriksa kembali bagian tersebut ataupun membersihkan kotoran yang disebabkan debu pada bagian kondensor.

 

9. Solusi Kulkas Tidak Dingin

Adapun solusi atau cara mengatasi kulkas tidak dingin dapat kalian ketahui melalui beberapa ulasan di bawah ini. Berikut solusi mengatasi kulkas tidak dingin:

- Rutin membersihkan bunga es yang sudah menumpuk atau menebal.

- Hindari menempatkan kulkas berada dekat dengan peralatan atau barang yang menghasilkan panas.

- Bersihkan bagian kondensor untuk mencegah penumpukan debu.

- Hindari memasukkan makanan panas.

- Cek bagian karet pintu kulkas dan bisa ganti apabila terjadi kerusakan.

- Pastikan suhu kulkas dapat maksimal agar tetap dingin.

- Hindari mengeruk bunga es namun biarkan bunga es meleleh dengan sendiri.

Nah itulah 8 penyebab kulkas tidak dingin yang penting diketahui dan solusinya. Kalian juga dapat menghubungi jasa service untuk mengatasi masalah kulkas tidak dingin secara tepat.

 

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI