Agar Cepat Pulih, Ini 9 Makanan yang Cocok Dikonsumsi Bagi Penderita Tipes

Selasa, 18 Agustus 2020 20:11 Penulis: Dita Tamara
Agar Cepat Pulih, Ini 9 Makanan yang Cocok Dikonsumsi Bagi Penderita Tipes
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Penyakit tipes memang sering sekali di derita oleh kebanyakan orang lantaran perilaku seseorang yang suka jajan sembarangan. Tipes atau deman tifoid sendiri merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri salmonella typhi. Penyakit ini umumnya disebarkan melalui makanan maupun minuman yang telah terkontaminasi feses atau air seni penderitanya.

Seseorang yang menderita tipes biasanya mempunyai beberapa gejala seperti demam, kehilangan nafsu makan,diare, ruam merah, batuk kering, hingga mual dan muntah. Oleh sebab itu, penanganan penyakit tipes harus segera dilakukan.

Nah, bagi penderita penyakit tipes, mempunyai banyak anjuran dan pantangan makanan yang harus kalian ketahui. Bahkan, pola makan penderita tipes juga harus benar-benar dijaga mengingat sumber dari bakteri penyebab tipes disalurkan melalui makanan.

Lalu, makanan apa saja yang baik untuk memulihkan penyakit tipes? Daripada penasaran, yuk langsung simak ulasan lengkap berikut ini.

 

1. Bubur

Bubur merupakan salah satu makanan untuk penderita tipes yang paling banyak direkomendasikan. Selain itu bubur mempunyai tekstur yang halus dan mudah dicerna sehingga tidak memberatkan kerja sistem pencernaan terutama usus. Agar lebih menggugah selera, kalian bisa mengkombinasikan sajikan bubur dengan kaldu ayam, kecap manis, kacang, dan sedikit suwiran ayam rebus.

2. Pisang

Pisang salah satu buah yang direkomendasikan bagi penderita tipes. Hal ini lantaran kandungan pektin atau serat larut di dalam buah pisang berfungsi sebagai penyerap cairan dalam usus. Hal tersebut berguna untuk menurunkan diare. Selain zat tersebut, adanya kandungan kalium pada pisang berfungsi untuk menggantikan elektrolit yang hilang akibat diare dan demam. Ada baiknya, kalian mengonsumsi 2-3 buah pisang setiap harinya.

3. Semangka

Penderita tipes perlu sekali memperhatikan segala asupan makanan yang akan dikonsumsi setiap harinya. Oleh sebabnya, perbanyaklah makanan yang mengandung banyak air karena penderita tipes biasanya mengalami gangguan pencernaan, sehingga kekurangan cairan di dalam tubuh akibat diare. Untuk mengatasinya, kalian bisa mengonsumsi buah semangka yang kaya akan air guna mendapatkan asupan cairan yang cukup.

4. Alpukat

Alpukat merupakan salah satu buah yang mempunyai manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Bagi kalian penderita tipes, ada baiknya untuk mengonsumsi alpukat. Sebab, alpukat mempunyai kandungan serat, antioksidan, vitamin, mineral dan lemak baik di dalamnya. Dengan begitu, kalian bisa menambahkan alpukat ke dalam menu makanan penderita tipes.

5. Kentang

Selama sakit serta proses pemulihan, maka segala sesuatu yang masuk ke dalam tubuh tetap perlu diperhatikan saat menderita penyakit tipes. Nah, makanan selanjutnya yang dianjurkan untuk dikonsumsi yaitu kentang. Kalian bisa menumbuk kentang atau mashed potato untuk disajikan sebagai menu manakan penderita tipes.

6. Wortel

Kandungan beta-karoten pada wortel ternyata mempunyai manfaat yang baik apabila dikonsumsi oleh penderita tipes. Hal ini lantaran wortel mampu mempertahankan kekebalan tubuh sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan. Bahkan, kandungan falcarinol di dalam wortel kabarnya mampu melawan sel kanker terutama kanker usus. Untuk mengolahnya, kalian bisa menggunakan dengan cara dipanggang.

7. Buncis

Selain wortel, buncis juga menjadi salah satu sayuran yang baik dikonsumsi bagi penderita tipes. Buncis mengandung serat, namun kadarnya tergolong sedikit sehingga masih aman bagi usus dan sistem pencernaan secara keseluruhan. Selain itu, buncis diperkaya oleh karotenoid dan flavonoid, dimana keduanya merupakan senyawa antioksidan dengan fungsi meningkatkan kualitas sistem kekebalan tubuh.

8. Telur

Selain kandungan protein yang sangat tinggi. Telur juga merupakan sumber makanan yang padat gizi karena mengandung banyak nutrisi penting, di antaranya kalsium, mineral, zat besi, dan asam amino esensial. Nah, kandungan tersebutlah yang disarankan dikonsumsi untuk penderita tipes. Kalian bisa mengonsumsi telur dengan cara direbus, atau dengan mengkombinasikan resep lainnya.

9. Ikan

Makanan selanjutnya yang baik dikonsumsi untuk penderita tipes yaitu ikan. Protein pada ikan berperan penting dalam mengganti energi bagi tubuh yang banyak hilang saat terserang tipes. Selain itu, ikan juga mengandung asam lemak omega-3 yang juga dibutuhkan selama masa penyembuhan tipes. Ada baiknya, kalian mengonsumsi ikan yang dimasak dengan cara direbus, dan hindari cara memasak ikan dengan cara digoreng.

Itulah sederet makanan yang cocok dikonsumsi bagi penderita tipes agar cepat pulih. Selain itu, kalian harus menghindari beberapa jenis makanan seperti makanan pedas, makanan dengan rasa yang cukup kuat, makanan mentah, hingga makanan dengan kandungan serat tinggi. Semoga bermanfaat.

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI