9 Manfaat Bawang Bombay untuk Kesehatan Tubuh, Sehatkan Tulang - Mata

Senin, 17 Agustus 2020 11:22 Penulis: Nurul Wahida
9 Manfaat Bawang Bombay untuk Kesehatan Tubuh, Sehatkan Tulang  - Mata
Manfaat bawang bombay (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Bawang bombay menjadi salah satu jenis bawang yang cukup populer digunakan untuk aneka resep masakan. Masyarakat tanah air sendiri sudah tidak asing lagi dengan bawang Bombay yang diketahui berasal dari India. Aroma khas bawang ini memang menjadi daya tarik tersendiri yang membuat masakan jadi lebih nikmat. Tak hanya itu, rupanya ada manfaat bawang bawang bombay untuk kesehatan karena kandungan nutrisi di dalamnya.

Bawang bombay terbilang memiliki ciri khusus dibanding dengan bawang merah yang hampir serupa namun tak sama. Dimana bawang bombay secara bentuknya terlihat lebih bulat besar, berdaging tebal, serta memiliki aroma tak terlalu menyengat. Tak heran jika bawang bombay kerap dimasak tak terlalu matang bahkan digunakan sebagai garnish makanan.

Diantaranya makanan yang populer menggunakan bawang bombay seperti burger, pizza, onion rings, serta makanan kekinian lainnya. Daging tebal bawang Bombay saat dimasak dalam sejumlah resep makanan tersebut memang begitu nikmat saat dikonsumsi. Di Indonesia sendiri bawang Bombay terbilang sangat mudah ditemui.

Kandungan nutrisi dalam bawang bombay bahkan diketahui dapat bermanfaat bagi kesehatan. Sejumlah masalah kesehatan tertentu bahkan bisa diatasi dengan bawang Bombay karena kandungan nutrisi tersebut.

Lalu apa saja manfaat bawang bombay untuk kesehatan tubuh?

Adapun manfaat bawang bombay untuk kesehatan tubuh terangkum dalam beberapa poin di bawah ini. Bawang bombay tersebut kandungan nutrisi seperti vitamin, mineral, protein dan lain sebagainya yang baik bagi tubuh. Berikut 9 manfaat bawang bombay untuk kesehatan tubuh bersumber dari healthline.com, merdeka.com dan stylecraze.com.

 

1. Menyehatkan Tulang

Manfaat bawang bombay untuk kesehatan tubuh salah satunya bisa menjaga kesehatan tulang. Seperti diketahui seiring bertambahnya usia, sebagian tubuh turut serta mengalami penurunan yang dapat sebabkan sejumlah masalah kesehatan. Salah satunya yang umum terjadi pada tulang tubuh yang semakin rapuh.

Tak heran sejumlah orang yang tengah masuk usia perimenopause hingga menopause mengalami pengeroposan tulang sampai menghambat aktivitas harian. Namun kondisi ini rupanya bisa diatasi sejak dini dengan konsumsi makanan sehat, salah satunya bawang bombay. Sebab berdasarkan sebuah penelitian bawang bombay mengandung antioksidan tinggi dan kalsium yang bisa memperkuat tulang.

Dalam penelitian tersebut juga menyebutkan bahwa sering mengonsumsi bawang bombay dapat menurunkan risiko patah tulang. Termasuk mencegah penyakit osteroporosis serta dapat meningkatkan kepadatan tulang.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat bawang bombay untuk kesehatan tubuh selanjutnya adalah bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh yang kuat tentunya dapat membantu tubuh melawan berbagai penyakit serta virus. Sebab bawang bombay diketahui mengandung selenium yang bisa merangsang fungsi kekebalan tubuh. Bahkan bawang bombay ini dapat bermanfaat untuk mengobati flu yang menyerang tubuh. Dimana flu sendiri merupakan salah satu masalah kesehatan tubuh yang disebabkan oleh infeksi virus.

3. Tinggi Antioksidan

Bawang bombay diketahui mengandung antioksidan tinggi yang menawarkan sejumlah khasiat bagi kesehatan. Antioksidan sendiri merupakan senyawa yang bisa menangkal radikal bebas yang menyerang tubuh. Dimana radikal bebas tersebut dapat menyebabkan kerusakan sel tubuh sehingga menimbulkan masalah kesehatan tertentu termasuk mudah terserang penyakit. Kandungan antioksidan flavonoid dan polifenol dalam bawang bombay dipercaya bisa mencegah berbagai penyakit termasuk menghambat stres oksidatif.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat bawang bombay untuk kesehatan tubuh rupanya sangat baik bagi mata. Sebab bawang bombay diketahui mengandung belerang yang bisa merangsang produksi protein bernama gluthione. Mengutip dari healthline.com, risiko katarak dan degenerasi makula dapat berkurang apabila tingkat gluthione cukup tinggi.

Tak hanya itu saja, selenium dalam bawang bombay juga dapat mendukung vitamin E pada mata yang bisa menjaga kesehatannya. Masih pada sumber yang sama berdasarkan penelitian di Iran bawang bombay diyakini bisa menghambat pertumbuhan flora mata normal.

5. Menurunkan Gula Darah

Manfaat bawang bombay untuk kesehatan tubuh dapat juga berguna menurunkan gula darah. Dimana gula darah ini berkaitan erat dengan penyakit diabetes yang cukup berisiko tinggi. Berdasarkan penelitian yang diuji coba pada hewan bisa mengontrol gula darah karena kandungan senyawa sulfur bernama S-methylcysteine dan quercetin.

Mengutip dari healthline.com, senyawa tersebut memiliki efek anti diabetes yang bisa mengontrol gula darah. Termasuk mencegah penyakit diabetes pada tubuh. Namun efek tersebut masih perlu dilakukan uji coba lebih lanjut untuk mengetahui manfaatnya pada manusia.

6. Meningkatkan Kualitas Tidur

Manfaat bawang bombay untuk kesehatan tubuh ternyata dapat meningkatkan kualitas tidur. Dimana kualitas tidur yang sehat dapat berpengaruh pada kesehatan tubuh sebab bisa mengurangi tingkat stress. Bawang bombay diketahui mengandung prebiotik yang diyakini bisa tingkatkan kualitas tidur. Tak hanya itu kandungan folat dalam bawang Bombay juga bisa mengurangi depresi dan stres.

7. Mencegah Kanker

Kanker menjadi salah satu penyakit yang tergolong berisiko tinggi. Namun ternyata manfaat bawang bombay untuk kesehatan tubuh bisa mencegah kanker serta mengurangi perkembangan tumor. Kandungan antioksidan berupa flavonoid dan senyawa sulfure dalam bawang tersebut diketahui bisa menghambat pertumbuhan tumor hingga mencegah penyebaran kanker seperti kanker paru-paru dan ovarium.

8. Mencegah Peradangan

Manfaat bawang bombay untuk kesehatan menawarkan khasiat bisa mencegah peradangan. Kandungan flavonoid dalam bawang bombay diyakini bisa mencegah peradangan termasuk mengatasi alergi pada tubuh.

Mengutip dari stylecraze.com, bawang bombay juga dapat meringankan gejala hidung tersumbat karena bersifat antihistamin yakni sama dengan sifat sejenis obat yang bisa membantu meredakan alergi. Alergi tersebut seperti bersin. Sifat anti bakteri dan antibiotik dalam bawang bahkan diketahui bisa mencegah alergi yang disebabkan infeksi bakteri serta dapat menyembuhkan luka.

9. Menyehatkan Kulit

Kandungan antioksidan dan fitonutrien dalam bawang bombay dapat bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati, menutrisi kulit sekaligus bisa menghilangkan flek hitam. Bukan hanya itu saja manfaat bawang bombay juga menawarkan khasiat menakjubkan lainnya bagi kulit yakni mencegah jerawat dan mencegah penuaan dini. Mencampurkan bawang bombay halus dengan sejumlah bahan seperti yogurt serta minyak esensial dapat digunakan untuk merawat kulit tubuh.

Nah itulah 9 manfaat bawang bombay untuk kesehatan tubuh mulai dari sehatkan tulang dan mata. Namun sekali lagi perlu diperhatikan untuk mengonsumsi bawang bombay sesuai kebutuhan dan dosis wajar. Konsultasi dengan dokter diperlukan apabila ingin menggunakan bawang bombay sebagai bahan alami mengatasi masalah kesehatan tersebut.

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI