Orangtua Wajib Tahu, Ini 6 Cara Mengobati Cacingan Pada Anak dengan Cara Alami

Minggu, 16 Agustus 2020 13:11 Penulis: Dita Tamara
Orangtua Wajib Tahu, Ini 6 Cara Mengobati Cacingan Pada Anak dengan Cara Alami
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Penyakit cacingan pada umumnya kerap terjadi pada anak-anak. Hal ini lantaran adanya gangguan akibat cacing parasit yang masuk di dalam tubuh. Maka hal itu yang menyebabkan anak-akan rentan terhadap cacingan sebab sering mengabaikan kebersihan. Selain itu ada beberapa gejala yang timbul apabila anak cacingan seperti sakit perut, mual, muntah, diare, kembung, kelelahan, sering terbangun di malam hari, dan berat badan turun, hingga merasakan ruam dan gatal di sekitar dubur.

Pada umumnya, penyakit cacingan sering terjadi pada anak yang berusia 5-10 tahun. Oleh sebab itu, peran orangtua sangat penting sekali untuk mengenali tanda-tanda cacingan pada anak. Sebab, cacingan tidak boleh disepelekan karena bisa menghambat tumbuh kembang pada pertumbuhan anak.

Penyakit ini juga relatif mudah diobati melalui berbagai obat cacingan yang tersedia di toko obat atau apotek, sehingga tidak sulit bagi para orangtua untuk mendapatkannya. Namun, cara mengobati cacingan pada anak juga bisa dilakukan secara alami supaya lebih aman.

Lalu, bagaimana cara mengobatinya? Daripada penasaran, yuk langsung saja simak ulasan lengkap berikut ini.

 

1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki kandungan antibakteri dan antivirus, kedua senyawa tersebut mampu membasmi infeksi yang disebabkan oleh cacing kremi. Dengan demikian, minyak kelapa mampu menjadi obat alami dalam mengobati cacingan secara alami.

Cara pengaplikasiannya, kalian bisa mengolesi sedikit minyak kelapa pada bagian anus buah hati. Maka, gejala gatal yang dirasakan sang anak akan sembuh jika melakukannya dengan teratur.

2. Bawang Putih

Cara mengobati cacing pada anak secara alami selanjutnya yakni dengan mendapatkan khasiat dari bawang putih. Memakan bawang putih atau mengolahnya menjadi salep bisa berfungsi untuk mengobati cacingan pada sang anak. Sebab, bawang putih mampu membunuh telur cacing dan mencegah cacing melakukan reproduksi.

Namun, apabila buah hati kalian tidak mau untuk memakan bawang putih, ada baiknya kalian menggerus bawang putih terlebih dahulu secara halus hingga menjadi salep. Setelah itu, tambahkan sedikit minyak esensial ke dalam bawang putih yang sudah digerus. Lalu, celupkan kapas pada ramuan tersebut dan tempel ke bagian anus buah hati kalian.

3. Wortel

Selanjutnya, wortel bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengobati cacingan pada anak. Sebab, wortel mengandung sumber vitamin A yang baik bagi tubuh. Selain itu, di dalam wortel juga mengandung serat yang bagus untuk sistem pencernaan.

Untuk mengeluarkan cacing dalam tubuh sang anak, dengan cara mengonsumsinya secara rutin. Oleh sebabnya, cacing akan terdorong keluar melalui ekskresi ginjal, ginjal berfungsi untuk menyaring kotoran dan membuangnya dalam bentuk urin.

4. Kulit Mangga

Selain rasa menyegarkan dari buah mangga, rupanya kulit buah mangga yang biasa kita buang mempunyai manfaat untuk mengobati cacingan pada anak lho. Hal ini lantaran kulit mangga mempunyai kandungan AHA yang bersifat antelmintik. Nah, kandungan tersebutlah yang mampu membunuh kuman yang ada pada tubuh anak sehingga menyembuhkan dari penyakit cacingan.

Cara menggunakan kulit mangga sebagai bahan alami untuk mengobati cacingan pada anak yakni, rebuslah kulit mangga yang sudah dibersihkan selama 15 menit. Kemudian minumlah air rebusan kulit mangga dengan rutin setiap hari sampai cacing keluar dari tubuh.

5. Biji Pepaya

Selain kulit mangga, biji dari buah pepaya rupanya bisa kalian jadikan pilihan yang tepat untuk membantu menyembuhkan sang anak dari penyakit cacingan. Biji pepaya memiliki zat caricin yang efektif untuk mengobati dan menghilangkan cacing.

Cara mendapatkan khasiat tersebut, pertama-tama tumbuk biji pepaya hingga menghasilkan bubuk. Nah, bubuk tersebut bisa kalian campurkan ke dalam sup, jus, atau makanan yang dikonsumsi sang anak. Lakukan hal tersebut secara rutin.

6. Biji Labu

Tekstur lembut dari labu memang begitu lezat ketika disantap. Namun, di balik itu semua, biji labu yang biasanya dibuang rupanya mempunyai manfaat untuk mengobati cacing pada sang anak lho. Sebab, biji labu mempunyai senyawa cucurbitacin yang berguna sebagai anti parasit. Cara mendapatkan manfaatnya cukup mudah, kalian hanya perlu melumatkan biji labu dengan air yang mendidih. Setelah itu, tunggu suhu air menurun. Kemudian kalian bisa memberi air biji labu tersebut kepada sang anak untuk diminum guna menyingkirkan cacing yang ada di dalam tubuh.

Itulah sederet cara mengobati cacingan pada anak secara alami. Selain bahannya alami, tentu juga sangat aman untuk dikonsumsi oleh anak. Semoga bermanfaat.

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI