Mudah Lemas, 9 Makanan Penambah Stamina Agar Tubuh Kembali Prima

Sabtu, 15 Agustus 2020 13:11 Penulis: Dita Tamara
Mudah Lemas, 9 Makanan Penambah Stamina Agar Tubuh Kembali Prima
Ilustrasi credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Di tengah-tengah padatnya kesibukan, tubuh selalu dipaksa untuk bekerja ekstra demi menyelesaikan deadline pekerjaan. Akibatnya, performa tubuh menjadi menurun dan mudah lemas. Tentu, rasanya pasti sangat berat untuk memeras otak dan bekerja kembali. Jika dibiarkan, hal tersebut sangat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh kalian. Untuk mengatasi hal tersebut, satu-satunya cara yakni dengan beristirahat.

Namun, selain beristirahat kalian bisa mengonsumsi makanan yang bisa menghilangkan lemas pada tubuh. Meskipun pada dasarnya setiap makanan akan mempunyai fungsi sebagai penambah stamina. Akan tetapi, perlu kalian ketahui jika ada beberapa makanan yang menambah stamina dengan efek yang tahan lama lho. Penasaran makanan penambah stamina apa saja? Yuk langsung saja simak ulasan lengkap berikut ini.

1. Ikan

Ikan menjadi salah satu makanan penambah stamina yang bagus untuk kalian konsumsi. Untuk mendapatkan energi, protein menjadi salah satu sumber utama yang paling dibutuhkan. Protein itulah yang terkandung dalam ikan. Sebab, setiap 100 gram ikan mengandung 50 persen protein yang dibutuhkan tubuh. Jenis ikan yang paling cocok untuk penambah energi yaitu salmon dan tuna. Jadi, jika kalian mempunyai aktivitas banyak, jangan lupa untuk mengonsumsi ikan.

2. Telur

Selanjutnya, makanan penambah stamina yang wajib kalian konsumsi yaitu telur. Sebab, telur memiliki sumber protein yang baik bagi tubuh. namun, jika kalian ingin hasil yang maksimal, maka ada baiknya kalian mengonsumsi telur kampung yang memiliki nilai protein lebih tinggi. Dengan mengonsumsi telur, tubuh kalian akan kembali prima.

3. Alpukat

Alpukat adalah buah yang sangat baik untuk kesehatan, salah satunya mampu menambah stamina. Hal ini lantaran alpukat mengandung nutrisi, serat, dan protein yang bisa memberikan tenaga lebih lama. Selain itu, alpukat juga mengandung lemak baik yang bisa meningkatkan energi tubuh lho. Jadi, mulai sekarang masukkan alpukat ke daftar menu harian kalian ya.

 

4. Pisang

Selain alpukat, pisang juga menjadi salah satu buah yang baik untuk menambah stamina tubuh. Sebab, buah berwarna kuning ini adalah sumber gula alami yang bisa memberikan energi. Selain itu, pisang juga kaya akan serat. Oleh sebabnya, banyak atlet yang mengonsumsi buah pisang supaya tubuh lebih kuat dan nggak gampang lemas.

5. Apel

Selanjutnya buah yang baik untuk menambah energi supaya tubuh tidak mudah lelah yaitu apel. Kandungan serat dan nutrisi yang tinggi di dalam apel bisa menjadi makanan penambah stamina lho. Selain itu, apel juga diperkaya akan antioksidan bernama flavonoid, yang bisa melindungi tubuh dari peradangan dan stres oksidatif.

6. Almond

Kacang almond sudah tidak diragukan lagi menjadi salah satu makanan yang paling menyehatkan. Almond mengandung vitamin E, dipadati asam omega-3 yang merupakan sumber energi andalan karena sifatnya tidak menimbun dalam tubuh. Selain itu, kandungan nutrisi dalam almond juga dapat meningkatkan kekuatan tulang, menutrisi otak, menyehatkan jantung, serta membuat tubuh berenergi pada sepanjang hari.

7. Selai Kacang

Untuk menambah energi pada tubuh, kalian ada baiknya untuk mengonsumsi selai kacang. Kandungan tinggi kalori di dalam selai kacang membuat tubuh butuh waktu lebih lama untuk mencernanya sehingga tubuh kembali bugar. Oleh sebab itu, konsumsilah selai kacang dengan sumber karbohidrat kompleks seperti roti gandum.

8. Oatmeal

Makanan penambah energi lainnya yakni oatmeal. Sebab, oatmeal merupakan makanan gandum yang kaya akan kandungan serat, vitamin B, zat besi, dan mangan. Ada baiknya kalian mengonsumsi oatmeal saat sarapan karena lebih lama dicerna oleh tubuh, sehingga dapat membuat kalian kenyang lebih lama dan tidak cepat kehabisan energi.

9. Edamame

Edamame sangat cocok dijadikan sebagai camilan lezat yang menyehatkan. Kandungan vitamin dan zat mineral yang ada pada edamame dapat memberikan tenaga dan stamina lebih untuk tubuh. selain itu, edamame juga mengandung asam folat yang mampu bekerja sama dengan zat besi untuk mencegah datangnya rasa lelah.

Itulah sederet makanan penambah stamina agar tubuh kembali prima dan tidak mudah lelah. Oleh sebab itu, jangan lupa konsumsi sederet makanan di atas jika tubuh kalian sudah mulai lemas. Semoga bermanfaat.

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI